Pinhome

Uncategorized

Cara Memilih Trucukan Ombyokan yang Bagus

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Cara Memilih Trucukan Ombyokan yang Bagus sangat dibutuhkan untuk anda para kicau mania dalam mendapatkan burung yang berkualitas. Trucukan bakalan yang ada di kios ataupun pasar burung biasanya sering dijual dengan cara ombyokan. Cara ombyokan ini biasanya ditawarkan dengan harga yang murah dan juga terjangkau yakni sekitar 20- 40 ribu saja.

Burung trucukan merupakan salah satu jenis burung kicau yang banyak diminati oleh kicau mania. Sebab burung ini memilikisuara kicau yang merdu dan juga banyak variasinya. Trucukan juga sangat dikenal dengan suara ropelnya yang mirip dengan suara burung cucak. Disamping itu trucukan juga mudah sekali beradaptasi dengan lingkungan, oleh arena itu akan mudah jinak dan  juga tenang meskipun didekati manusia.

Selain itu harga burung trucukan dipasaran juga sangat terjangkau oleh sebab itu bisa didapatkan dengan mudah. Kicau dari burung trucukan ini tidak boleh dipandang sebelah mata, sebab walaupun memiliki harga yang murah, burung ini dapat dijadikan sebagai burung masteran dalam mengisi suara kicau burung lainnya. Karena banyaknya burung yang harus dipilih, maka para pembeli harus jeli dalam memilihnya dengan memahami Cara Memilih Trucukan Ombyokan yang Bagus.

Tips dan Cara Memilih Trucukan Ombyokan yang Bagus

Suara kicaua burung trucukan yang mirip  dengan cucakrowo dan juga gaya buka sayap khas seperti burung garuda, membuat trucukan sampai saat ini memiliki banyak penggemar. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, di pasar burung anda akan dengn mudah menjumpainya di kandang ombyokan. Namun, anda harus jeli memilih trucukan di kandang ombyokan, tersebut, dan juga memahami bagaimana cara perawatannya supaya rajin untuk berbunyi.

Cara Memilih Trucukan Ombyokan yang Bagus adalah dengan memilih burung yang telah lama berada didalam kandang ombyokan tersebut. Namun repotnya, kita tidak bisa tahu pasti mengenai  mana burung yang lama dan mana yang baru pada kandang tersebut. Walupun bertanya pada penjualnya, tidak ada jaminan apakan dia akan berkata jujur atau tidak.

Anda hanya bisa mengetahui hal tersebut dari perilaku si burung. Apabila burung tersebut terlihat tenang, atau biasa langsung  untuk menghampiri tempat pakan, biasanya memang sudah lama berada didalam kandang. Sedangkan untuk burung baru pada umumnya dia selalu waspada dan juga mudah panik. Apabila ingin mengambil pakan, burung tersebut juga akan selalu terlihat waspada.

Burung yang sudah lama didalam kandang ombyoka  akan lebih cepat jinak. Sebab sudah dapat beradaptasi dengan manusia. Hal  tersebut tentu akan memudahkan perawatannya dan burung jugaakan  lebih rajin bunyi.

Cara Memilih Trucukan Ombyokan yang Bagus

Berikut ini adalah beberapa tips dan Cara Memilih Trucukan Ombyokan yang Bagus yang mempunyai prospek ke depan sebagai eekor burung yang lincah, dan juga mudah berbunyi:

  1. Pilihburung yang sering dalam mengeluarkan suara panggilan/call, dan lebih baik pula jika ada yang mau untuk mengeluarkan suara ropelannya.
  2. Pilihpula burung yang tampak sering mengangkat jambulnya. Burung Trucukan yang sering mengangkat jmbul merupakan salah satu ciri burung jantan, sekaligus menjadi sebuah ciri bahwa burung itu memiliki mental bagus.
  3. Pilihjuga burung yang memiliki bentuk tubuh yang ramping, paruh  yang lurus, sehat, danjuga tidak cacat.

Faktor lain yang dapat menentukan apakah burung trucukan tersebut nantinya kan rajin berbunyi adalah tentang perawatan hariannya. Seperti perawatan ari burung kicauan lainnya, perawatan  untuk trucukan juga tidak lepas dari pakan tambahan (extra fooding) sepertihalnya buah-buahan dan juga serangga. Demikianlah informasi mengenai Cara Memilih Trucukan Ombyokan yang Bagus.

Tags :

Bagikan Artikel