Cara Memilih Trucukan Ombyokan yang Bagus

Diperbarui oleh Mega Puspita Ratna ∙ February 16, 2022 ∙ 4 menit membaca

Cara memilih Trucukan ombyokan yang bagus sangat dibutuhkan untuk anda para kicau mania dalam mendapatkan burung yang berkualitas. Trucukan bakalan yang ada di kios ataupun pasar burung biasanya sering dijual dengan cara ombyokan. Ombyokan ini biasanya dibanderol dengan harga yang terjangkau, yakni sekitar Rp 20- 40 ribu saja.

Burung Trucukan merupakan salah satu jenis burung kicau yang banyak diminati oleh kicau mania. Sebab burung ini memilikisuara kicau yang merdu dan juga banyak variasinya. Trucukan juga sangat dikenal dengan suara ropelnya yang mirip dengan suara burung Cucak. Di samping itu, Trucukan juga mudah sekali beradaptasi dengan lingkungan.

Selain harganya yang sangat terjangkau, burung ini bisa didapatkan dengan mudah. Kicau dari burung Trucukan ini tidak boleh dipandang sebelah mata. Walaupun memiliki harga yang murah, burung ini dapat dijadikan sebagai burung masteran dalam mengisi suara kicau burung lainnya.

Namun sayangnya, tidak semua burung Trucukan memiliki suara merdu. Untuk bisa mendapatkan burung dengan suara yang merdu, perlu dilatih dan melihat ciri fisik sebelum membelinya, terlebih untuk burung Trucukan ombyokan. Jika kamu bingung banagiama cara memilih Trucukan ombyokan yang bagus, simak tips Pinhome berikut ini.

Baca juga: Cara Membedakan Trucukan Jantan dan Betina

Cara Memilih Trucukan Ombyokan yang Bagus

burung trucukan gacor

Suara kicaua burung trucukan yang mirip  dengan cucakrowo dan juga gaya buka sayap khas seperti burung garuda, membuat trucukan sampai saat ini memiliki banyak penggemar. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, di pasar burung anda akan dengn mudah menjumpainya di kandang ombyokan.

Namun, kamu harus jeli memilih trucukan di kandang ombyokan, tersebut, dan juga memahami bagaimana cara perawatannya supaya rajin untuk berbunyi. Cara memilih Trucukan ombyokan yang bagus adalah dengan memilih burung yang telah lama berada didalam kandang ombyokan tersebut.

Namun repotnya, kita tidak bisa tahu pasti mengenai  mana burung yang lama dan mana yang baru pada kandang tersebut. Walupun bertanya pada penjualnya, tidak ada jaminan apakan dia akan berkata jujur atau tidak. Kamu hanya bisa mengetahui hal tersebut dari perilaku si burung.

Apabila burung tersebut terlihat tenang, atau biasa langsung  untuk menghampiri tempat pakan, biasanya memang sudah lama berada didalam kandang. Sedangkan untuk burung baru pada umumnya dia selalu waspada dan juga mudah panik. Apabila ingin mengambil pakan, burung tersebut juga akan selalu terlihat waspada.

Burung yang sudah lama didalam kandang ombyoka  akan lebih cepat jinak. Sebab sudah dapat beradaptasi dengan manusia. Hal  tersebut tentu akan memudahkan perawatannya dan burung juga akan lebih rajin bunyi.

Baca juga: Daftar Harga Burung Trucukan Gacor 2021, Lengkap!

Cara Memilih Trucukan Ombyokan yang Bagus

harga burung trucukan

Berikut ini adalah beberapa tips dan cara memilih Trucukan ombyokan yang bagus yang mempunyai prospek ke depan sebagai eekor burung yang lincah, dan juga mudah berbunyi:

  1. Pilih burung yang sering dalam mengeluarkan suara panggilan/call, dan lebih baik pula jika ada yang mau untuk mengeluarkan suara ropelannya.
  2. Pilih pula burung yang tampak sering mengangkat jambulnya. Burung Trucukan yang sering mengangkat jmbul merupakan salah satu ciri burung jantan, sekaligus menjadi sebuah ciri bahwa burung itu memiliki mental bagus.
  3. Pilih juga burung yang memiliki bentuk tubuh yang ramping, paruh  yang lurus, sehat, danjuga tidak cacat.

Faktor lain yang dapat menentukan apakah burung Trucukan tersebut nantinya kan rajin berbunyi adalah tentang perawatan hariannya. Seperti perawatan ari burung kicauan lainnya, perawatan untuk Trucukan juga tidak lepas dari pakan tambahan (extra fooding) sepertihalnya buah-buahan dan juga serangga.

Demikianlah informasi mengenai cara memilih Trucukan ombyokan yang bagus, semoga bisa menambah wawasan kalian semua!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Airdrop dalam Crypto? Lengkap dengan Cara Memakainya

Kalau kamu sedang belajar jual beli aset digital, mungkin kamu pernah menjumpai istilah airdrop. Ka

Finansial
Finansial Apa itu Rig Crypto? Lengkap dengan Cara Miningnya

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah mining atau menambang dalam dunia kripto. Termas

Finansial
Finansial Apa itu Staking Crypto? Simak Penjelasan Detailnya!

Kalau bicara masalah cryptocurrency, kamu mungkin kerap mendengar salah satu istilah yang cukup pop

Finansial
Finansial Apa itu Bearish dan Bullish dalam Pasar Kripto? Begini Cara Memprediksinya

Saat masuk ke dalam pasar kripto, akan ada istilah-istilah yang mungkin terdengar asing di teling k

Hobi
Hobi 10 Tanda Busi Motor Harus Diganti

Busi motor merupakan salah satu komponen yang sangat penting dan harus dalam keadaan baik. Kamu har

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia