Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Cara Memilih Pinjaman Online Terbaik untuk Mahasiswa

Cara Memilih Pinjaman Online Terbaik untuk Mahasiswa

Dipublikasikan oleh Yusuf Ammar Ilman ∙ 15 September 2020 ∙ 3 menit membaca

Memutuskan kuliah jauh dari orang tua memang bukan suatu hal yang mudah. ada beberapa masalah yang seringkali dihadapi, salah satunya masalah keuangan. Dimana mahasiswa sering mengalami masalah keuangan, baik untuk kebutuhan biaya hidup maupun kebutuhan pembayaran kuliah. Terlebih bagi yang tinggal jauh dari keluarga dan masih mengandalkan kiriman dari orang tua.

Meskipun ada beberapa mahasiswa sudah bekerja paruh waktu, namun terkadang penghasilan yang diperoleh tidak mencukupi. Waktu mahasiswa pasti akan terbagi dengan kuliah sehingga tidak akan fokus bekerja dan memperoleh penghasilan penuh. Solusi dari masalah ini adalah pinjaman online. Dimana mahasiswa bisa meminjam dana di pinjaman online. Lalu bagaimana cara memilih pinjaman online yang terbaik? 

Cara Memilih Pinjaman Online Terbaik untuk Mahasiswa

Apabila mahasiswa ingin mengajukan dana melalui pinjaman online, maka beberapa hal di bawah ini perlu diperhatikan. Apa saja hal-hal tersebut? Simak uraiannya dibawah ini.

1. Jumlah Limit

Cara yang pertama, mahasiswa harus memperhatikan jumlah limit pinjaman online. Jumlah limit harus sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Jangan meminjam terlalu besar atau lebih besar dari kebutuhan. Hal ini akan membebani pembayaran angsuran setelah dana dicairkan.

2. Angsuran Bersifat Tetap

Pilih pinjaman online yang memiliki ketentuan besaran angsuran bersifat tetap. Artinya  angsuran yang dibayarkan harus tetap atau tidak mengikuti suku bunga yang ada. Hal ini akan sangat membantu perencanaan keuangan seorang mahasiswa. Selain itu, juga akan mempermudah mahasiswa dalam membayar angsuran.

3. Persyaratan Mudah

Persyaratan merupakan hal yang sangat krusial ketika memilih pinjaman online. Persyaratan yang cukup mudah seperti hanya menunjukkan kartu tanda mahasiswa (KTM), akan lebih dipilih. Mahasiswa harus menyiapkan berbagai kelengkapan dokumen yang dibutuhkan supaya tidak mondar-mandir pulang ke kampung halaman. Jika hal ini terjadi tentu akan sangat memberatkan karena harus mengeluarkan dana lebih.

4. Suku Bunga Rendah

Single red percent symbol among many dollars

Cara memilih pinjaman online selanjutnya yaitu memilih pinjaman online yang menawarkan besaran bunga serendah mungkin. Umumnya pinjaman online menetapkan bunga tidak lebih dari 1 persen. Hal ini akan sangat membantu dan tidak membebani mahasiswa ketika membayar angsuran setiap bulannya.

5. Pencairan Dana Sangat Cepat

Perhatikan lama waktu pencairan dana setelah pengajuan disetujui. Lamanya pencairan dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan dana. Pinjaman cepat hanya butuh hitungan jam atau tidak lebih dari 2 hari. Banyak aplikasi pinjaman online yang menawarkan kemudahan ini tetapi Anda harus tetap waspada takutnya pinjaman online tersebut ilegal.

6. Fasilitas Tambahan

Woman in cafe is using online banking on phone

Mahasiswa harus memperhatikan fasilitas tambahan agar pembayaran angsuran pinjaman dapat dilakukan dengan mudah dan tidak memberatkan. Contoh fasilitas tambahan ini adalah cicilan tanpa biaya tambahan. Selain itu pinjaman yang ditawarkan merupakan kredit tanpa agunan (KTA) yang berarti Anda tidak perlu mempersiapkan agunan atau jaminan.

7. Tenor

Tenor atau jangka waktu pengembalian pinjaman merupakan hal selanjutnya yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa ketika memilih pinjaman online. Perhatikan ketentuan tenor yang diberlakukan oleh situs atau aplikasi pinjaman online. Pilih tenor yang tidak memberatkan, yakni harus sesuai dengan kondisi keuangan mahasiswa atau orang tua.

Pinjaman online terbaik untuk mahasiswa yang direkomendasikan adalah Tunaiku. Aplikasi pinjaman online ini menawarkan pinjaman tanpa jaminan atau kredit tanpa agunan (KTA). Mahasiswa bisa mengajukan pinjaman mulai Rp 2.000.000 hingga Rp 20.000.000 dengan tenor 6 bulan sampai 20 bulan.

Meminjam dana di pinjaman online tersebut keamanannya sangat terjamin karena Tunaiku sudah terdaftar di OJK. Sudah terdaftar di OJK berarti segala kegiatannya berada dibawah pengawasan dari OJK. Dengan begitu, kredibilitas dan legalitas dari aplikasi ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Tags :

Bagikan Artikel