Pinhome

Cara Memilih Merpati Balap Yang Bagus Prospek Juara

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 7 September 2021 ∙ 8 menit membaca

Salah satu jenis burung yang memiliki kecepatan tinggi adalah burung merpati. Merpati berkecepatan tinggi ini pada awalnya difungsikan sebagai pengantar surat atau yang lebih dikenal dengan sebutan merpati pos.

Merpati pos yang berkembang dan hingga kini masih banyak digunakan oleh manusia diakui sebagai turunan belgian homer yang tangguh dan mampu menempuh jarak dengan cepat. Merpati Balap dengan kualitas yang bagus memang agak membingungkan bila Pins tidak mengetahui cara yang tepat untuk memilih burung tersebut.

Ciri-ciri merupakan salah satu yang akan menjadi patokannya burung merpati ini berkualitas atau tidak. Bentuk tubuh Merpati Balap berkualitas akan menunjang keberhasilan Merpati Balap untuk menjadi juara. Tetapi, untuk menghasilkan burung Merpati Balap yang bagus dan calon juara, diperlukan serangkaian latihan yang tepat dan kesabaran dari pelatihnya.

Baca Juga: Cara Mengobati 10 Jenis Penyakit Merpati

Satu hal yang juga penting dalam memilih Merpati Balap berkualitas adalah turunan indukannya. Dengan memperhatikan silsilahnya, kita dapat memperkirakan kualitas dari seekor burung Merpati Balap. Hal ini karena faktor genetik juga turut mempengaruhi kualitas burung merpati ini.

Secara fisik, burung Merpati Balap berkualitas akan memiliki ciri-ciri kurang lebih seperti yang akan disampaikan di tulisan ini Walaupun setiap orang akan memiliki kategori sendiri berdasarkan pengalamannya dalam memilih burung merpati yang dianggapnya akan menjadi calon juara balap.

Memilih merpati balap
(Pixabay)

Cara Memilih Merpati Balap yang Bagus Prospek Juara

Berikut ini ciri fisik yang bisa dijadikan salah satu pertimbangan untuk memilih burung Merpati Balap berkualitas. Sebagai berikut: 

Induk Merpati Balap

Daun tidak akan jatuh jauh dari pohonnya. Mungkin ungkapan peribahasa itu sangat tepat untuk menggambarkan pentingnya Pins dalam mengamati indukan burung Merpati Balap yang hendak Pins beli atau pelihara.

Faktor genetik tidak bisa dipungkiri menjadi salah satu penentu sejauh apa atau sebagus apa burung Merpati Balap yang masih kecil dapat berkembang. Walaupun memang latihan dan perawatan yang baik juga harus Pins lakukan agar burung Merpati Balap benar-benar dapat berkembang dengan baik.

Baca juga : Jenis Burung Merpati Lengkap Dengan Gambar

Namun demikian, sebaiknya Pins tidak melupakan bagaimana faktor genetik yang juga berperan cukup besar dalam perkembangan atau pertumbuhan burung Merpati Balap, atau hewan pada umumnya. Burung yang berasal dari indukan yang baik, lincah, terbang dengan lancar dan sehat atau ciri-ciri unggul lainnya sudah pasti memiliki potensi berkembang yang sangat baik.

Postur Tubuh

Postur tubuh secara keseluruhan harus ideal, artinya tidak terlalu gemuk juga tidak terlalu kurus. Tidak terlalu montok juga tidak terlalu kecil. Hal ini juga akan mendukung performa burung merpati ini saat terbang.

Burung Merpati Balap yang baik dapat terbang dengan cepat, dan ini memang yang diharapkan. Postur tubuh Merpati Balap yang baik streamline sehingga memungkinkan burung merpati terbang dengan lincah dan bebas hambatan.

Baca Juga: Cara Sukses Ternak Lovebird

Merpati balap
(Pixabay)

Leher

Ukuran dan bentuk leher sangat mempengaruhi kelincahan burung merpati saat terbang. Pilih leher yang sedang dan saat dipegang terasa kencang /kuat, ini shootingnya kencang, jangan pilih yang panjang karena biasanya terbangnya tengok kanan tengok kiri alias kurang fokus.

Leher bagi burung merpati adalah seperti stang kemudi yang mengarahkan kemana burung merpati akan terbang. Leher yang terlalu pendek tidak menunjukkan kelincahan yang baik yang dibutuhkan oleh burung Merpati Balap.

Badan dan Dada Tegap

Ini ciri yang paling umum. Burung Merpati Balap berkualitas memiliki badan tegap dan gagah. Burung merpati jantan yang gagah selain dapat menarik pasangannya juga sangat menarik bagi para penghobi. Postur badan yang tegap ini sangat mendukung kelincahan dan kecepatannya saat terbang.

Dengan memilih postur badan yang tegap untuk menghasilkan burung Merpati Balap berkualitas, maka dengan begitu kita dapat melanjutkan pada program pelatihan burung Merpati Balap pada tahap selanjutnya.

Ukuran badan sedang, bulat berisi kalau dipegang enak dan terasa lentur seperti bola karet, dengan daging otot memenuhi badan dari dada sampai belakang, daging empuk tapi kenyal dan gemuk hingga daging menonjol dan dengan berat sedang tidak terlalu ringan.

Baca Juga: Jenis Pakan Merpati Balap Agar Tetap Sehat

Merpati balap
(Pixabay)

Sayap

Sayap burung merpati ini yang baik adalah cukup panjang. Pada saat melipat sayap, posisi panjang sayap akan sama dengan ujung ekor. Ujung sayap berada pada posisi sepanjang ujung ekor. Atau jika tidak, panjang sayap tidak terlalu jauh dari ujung ekor. Dan juga bulu sayap tebal, terasa halus saat dipegang, dan panjang serta lentur dengan ujung sayap agak meruncing, tulang bulu keras , bulu kering tetapi seperti ada lapisan lilin dan tidak rusak.

Baca Juga: Cara Mengobati Tetelo Pada Merpati

Daging/otot lengan sayap agak tebal dan lentur / kenyal. Dengan sayap sepert ini akan mendukung kecepatan burung Merpati Balap saat terbang di dalam perlombaan. Satu hal lagi berkaitan dengan sayap burung Merpati Balap yang bagus adalah, sirip sayap pada lembaran-lembaran sayap tepi berbentuk lurus, tidak melengkung.

Pada umumnya sirip bagian luar berbentuk melengkung, tetapi burung Merpati Balap yang baik dan calon juara berbentuk lurus dan penuh. Di samping itu, umumnya sayap burung merpati, pada helai paling luar memiliki panjang yang lebih pendek dari helai lebih dalamnya.

Pada burung Merpati Balap yang baik, helai paling luar dari bulu sayap memiliki panjang yang paling panjang dari helai lainnya. Sehingga akan berbentuk lurus dari dalam keluar karena helai paling luar akan paling panjang.

Paruh

Pilihlah paruh yang ukurannya kecil atau yang sedang dan tidak terlalu panjang. Atau lebih mudahnya seperti paruh puter tetapi lebih pendek.

Hidung

merpati balap
(Pixabay)
  • Hidung yang baik adalah besar, panjang, menggembung tapi bukan turunan prambon Merpati Pos. Hidung merpati bentuk seperti tersebut jika warna kapur pekat, pangkal hidung bagian bawah menjorok kebelakang ini salah satu merpati unggul, meskipun masih ada ciri lain dari ini.
  • Bentuk hidung yang bagus juga, besar, panjang, melekat ke paruh kalau Merpati Prambon. Hidung seperti ini kalau warna kapur pekat akan terlihat garis-garis samar sejajar warna merah pada seluruh hidung dan pangkal hidung bawah menjorok kebelakang.
  • Bentuk hidung kecil, menggembung strain jawa, jawa sungut atau jawa deles. Hidung begini warna kapur pekat, pangkal hidung bawah menjorok kebelakang. Ini salah satu ciri merpati unggul.

Kepala Merpati Balap

Cari merpati berkepala besar dengan batok kepala depan lebih tinggi dari kepala belakang. Para sobat penghobi disini beranggapan merpati berkepala besar lebih pintar dari pada merpati berkepala kecil. Dengan anggapan otak lebih besar lebih baik dan lebih pintar dari otak kecil.

Baca juga : Jenis Merpati Balap di Indonesia

Mata

Pilih mata yang tajam dan kecil serta pilih mata pupil bulat kecil hitam legam dan tidak pecah, warna mata diluar pupil harus bersih dan terang, warna kuning atau kuning campur merah atau minimal 3 warna. Ini diyakini punya indra yang tajam dan mental petarung yang hPinsl, sangat tidak dianjurkan memilih warna hitam.

Dan juga pupil mata hitam harus bisa ZOOM membesar dan mengecil/ kedap-kedip untuk melihat jauh dan dekat, pupil mata yang kecil penglihatnnya lebih tajam bila dbandingkan dengan pupil mata yang besar. Contoh gampangnya lihat piyikan matanya belum terang dan pupil matanya masih besar , piyikan seperti ini matanya belum tajam.

Baca Juga: Manfaat Jangkri Untuk Merpati

Tulang Supit Merpati Balap

Kerangka tulang merpati yang kokoh dapat diraba dari tulang supitnya. Banyak merpati juara dengan stut keras dan tidak kapokan ditunjang oleh tulang supit yang keras, yang menggambarkan merpati tersebut memiliki tulang yang kokoh dan kuat.

Kaki

Pilih kaki yang terlihat kering mbesik dan panjang. Ada yang bilang juga, tanda kaki yang bagus kalau lagi dipegang kakinya akan mendorong ke belakang sejajar dengan ekor.

Pinggang / Brutu

Besar kecil dan jarak pinggang merpati juga berpengaruh pada kestabilan terbang. Pinggang jarak renggang dari badan akan membuat burung tidak memiliki keseimbangan yang bagus. Pada saat turun lambat atau turun berbelok separuh jalan atau tidak ada rem.

Baca juga : Analisa dan Cara Ternak Merpati Untuk Pemula Agar Sukses

Untuk itu pilih jarak pinggang dengan badan rapat, baik pinggang besar atau kecil. Burung merpati seperti ini biasanya turun cepat.

Ekor

Bulu ekor harus tebal dan rapat serta kokoh tetapi lentur, ukuran panjang sedang porposional dan saat dipegang ekornya turun kebawah.

Perut

Diraba berisi dan lentur, jangan yang tidak berisi alias tepos.

Mental Merpati Balap

Hal paling penting dalam memilih Merpati Balap berkualitas adalah memilih merpati dengan mental tarung yang baik. Hal-hal tentang anatomi yang tersebut diatas tidak akan bekerja maksimal tanpa didukung oleh mental yang baik. Merpati-merpati dengan mental tarung yang baik sebagian besar sudah berada ditangan peternak untuk dibudidayakan untuk melestarikan keturunannya.

Pantau Langsung

Memilih dengan cara memantau langsung dilapangan adalah cara yang paling baik dan benar. Di saat terbang balapan, burung merpati ini mampu mengukur ketinggian terbang dengan ketinggian yang pas. Tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah.

Sesuai dengan jarak dari betinanya. Umumnya untuk mendapatkan kecepatan yang maksimal, burung merpati bisa mengukur kapan waktunya terbang naik dan kapan waktunya terbang merendah. Hal ini sangat terkait dengan latihan yang biasanya dilakukan oleh sang pelatih burung Merpati Balap.

Seiring dengan waktu dan pengalaman, setiap penghobi burung Merpati Balap pasti dapat mengetahui tanda dan ciri burung Merpati Balap berkualitas juara dengan hanya memegangnya atau bahkan hanya dengan melihatnya saja

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti perumahan di Malang di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel