Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Cara Memilih Jalak Kebo Bakalan Berkualitas

Hobi

Cara Memilih Jalak Kebo Bakalan Berkualitas

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 24 September 2021 ∙ 4 menit membaca

Cara memilih Jalak Kebo bakalan berkualitas – Burung Jalak merupakan salah satu jenis burung kicau dengan kemampuannya dapat menirukan beberapa macam suara disekitarnya termasuk suara manusia, meski hanya sepatah dua patah kata.

Dengan kemampuan itulah, banyak para kicau mania yang ingin memelihara burung yang juga dikenal dengan sebutan Jalak Hitam. Salah satu alasannya, adalah untuk menjadikannya masteran burung kicau lainnya seperti murai batu, cendet, kacer dan lainnya.

Namun, untuk mendapatkan Jalak Kebo yang gacor dan bagus tentunya didukung dengan perawatan harian yang baik dan benar dan dari kriteria burung Jalak itu sendiri.

Untuk kamu yang sudah paham tentang ciri-ciri Jalak Kebo yang bagus, mungkin bukan perkara sulit. Namun, berbeda dengan yang masih awam dan tertarik untuk memelihara Jalak Kebo berkualitas.

Untuk bisa mendapatkan Jalak Kebo berkualitas, kamu harus mengetahui cara memilih Jalak Kebo bakalan berkualitas sebelum membelinya. Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasan di bawah ini.

Baca juga: Mengenal Burung Jalak Kebo, Penyebaran Beserta Harganya

Cara Memilih Jalak Kebo Bakalan

cara memilih jalak kebo bakalan
(Shutterstock)

Pilih Bakalan Prospek

Cara ini terbilang sangat membantu untuk pemula. Memilih bakalan yang sudah memiliki pengalaman bersuara serta perawatan yang mudah cenderung mudah dirawat berikutnya.

Jika kamu tak mau repot-repot, maka carilah bakalan yang suaranya sudah terbentuk. Namun, beberapa ahli menyarankan untuk membeli anakannya saja karena bisa kita bentuk sebaik mungkin dan bisa dilihat hasilnya jika sudah dewasa.

Meski terbilang susah merawat anakan dan perlu banyak uang, tapi kamu tak akan kecewa dengan apa yang sudah kamu rawat sejak anakan.

Baca juga : Jalak Bali, Bali Myna (Leucopsar Rothschildi)

Perhatikan Bentuk Kepala

Sudah tak menjadi rahasia umum bahwa burung yang memiliki potensi yang lebih baik berciri memiliki kepala kotak dan terlihat lebih besar.

Selain itu, ciri ini juga identik dengan burung jantan yang cenderung memiliki suara yang lebih kuat, keras, lantang, dan bervariasi khususnya pada Jalak Kebo. Burung dengan kepala besar, memiliki tingkat kecerdasan yang baik dan akan mempermudah dalam pemasteran nantinya.

Pilih Bakalan Tegas 

Ciri utama dari burung Jalak Kebo bakalan yang bagus memiliki sikap tegas adalah terlihat kuat dari yang lain, baik dari segi fisik atau pun mental yang dapat dilihat dari gerak geriknya.

Burung yang cenderung lompat ke sana ke sini sambil berkicau memiliki mental yang kuat. Selain itu, Jalak Kebo yang memperlihatkan dada membusung juga termasuk dalam sikap tegas dan memiliki potensi yang baik.

Perhatikan Ciri Fisik

Tidak hanya memerhatikan seperti apa sikap dan gerak geriknya, kamu juga diharuskan untuk memerhatikan keadaan fisiknya. Burung yang bagus adalah burung yang memiliki kepala sampai ekor memiliki postur yang baik dan panjangnya terlihat sama atau serasi.

Bentuk Paruh

Paruh terlihat sedikit lebih panjang, tebal, dan kokoh menandakan burung tersebut adalah jantan dan bermental kuat. Sering kali ciri ini sering dijadikan patokan bahwa burung tersebut bagus dalam berkicau.

Cengkaman Kaki Kuat

Selain cara memilih Jalak Kebo bakalan di atas adalah melihat bentuk kaki dan cakar, pilihlah yang terlihat kokoh, kuat, tak berisik, dan cakar yang terlihat kuat. Ciri seperti yang telah disebutkan di atas menandakan burung memiliki kesehatan fisik yang baik.

Cara Memilih Jalak Kebo Bakalan Ombyokan

cara memilih jalak kebo bakalan
(Shutterstock)

Selain cara memilih Jalak Kebo bakalan yang bagus di atas untuk secara umum, maka di bawah ini sebagai tambahan cara untuk memilih Jalak Kebo bakalan ombyokan di pasar burung.

Cari burung Jalak Kebo bakalan yang paling agresif diantara yang lainnya, jika burung tersebut terlihat galak terhadap burung lainnya terutama saat berebut makanan berarti burung tersebut memiliki mental yang bagus.

Perhatikan dengan seksama burung Jalak yang sudah anteng diplangkringan dan sesekali terlihat mengangguk-anggukkan kepalanya (gaya khas burung jalak) sambil berbunyi. Segera semprot burung tersebut agar tidak tertukar dengan burung lainnya, lalu ambil, bayar dan bawa pulang.

Sampai dirumah segera masukkan kandang yang cukup luas agar burung jalak tersebut merasa nyaman. Mandikan burung dengan disemprot atau dengan cepuk agar burung bisa mandi sepuasnya.

Setelah itu berikan voor, air minum, buah dan jangkrik agar burung bisa makan sepuasnya, kemudian burung dijemur untuk menghangatkan tubuhnya.

Baca juga : Suara Jalak Kebo Gacor Untuk Masteran dan Pikat Burung

Jika kamu mendapatkan burung Jalak Kebo bakalan dengan ciri-ciri burung seperti diatas, maka sangat besar kemungkinannya akan cepat gacor. Karena burung tersebut sebetulnya sudah cukup mapan karena mungkin sudah cukup lama berada dikandang ombyokan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasanmu tentang cara memilih Jalak Kebo bakalan berkualitas.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel