17 Cara Memilih dan Merawat Anakan Trucukan Paling Ampuh - Pinhome

Pinhome

17 Cara Memilih dan Merawat Anakan Trucukan Paling Ampuh

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail ∙ 17 January 2021 ∙ 5 menit membaca

Merawat burung Trucukan dari piyikan atau anakan tentu akan lebih besar peluangnya untuk mendapatkan Trucukan yang baik. Sebab Trucukan yang dipelihara dari anakan bisa dengan mudah dibentuk karakternya. Selain itu akan lebih mudah pula mastering sebab Anakan Trucukan akan lebih mudah mengingat dan menghafal suara yang didengarnya.

Tapi cara merawat anakan Trucukan memerlukan waktu yang cukup lama untuk bisa mendengar ocehannya. Selain itu memakan waktu Pins dalam merawatnya. Sebab Trucukan belum bisa makan sendiri dan tentu Pins harus membantu menyuapinya..

Memilih Anakan Trucukan

Cara Merawat Anakan Trucukan
(Hewanesia)

Hal pertama yang harus Pins lakukan adalah untuk memilih anakan Trucukan jantan yang akan Pins rawat atau pelihara. Sebab hal ini akan sangat berpengaruh terhadap bunyi burung Trucukan dikemudian hari.

Belilah dan pilihlah burung yang kira-kira sudah lama berada dalam kandang ombyokan. Namun, lagi-lagi untuk mengetahui hal tersebut agak susah dan repot karena kita tidak tahu pasti mana burung yang lama dan baru di kandang tersebut.

Kalaupun kita bertanya kepada penjualnya, belum tentu ia jujur dalam memberikan informasi. Yang bisa kita lakukan adalah melihat dan memperhatikan secara jeli perilaku burung. Jika burung itu terlihat tenang, atau langsung menghampiri tempat pakan, biasanya ia sudah lama dalam kandang karena sudah beradaptasi dengan manusia dan agak jinak.

Burung yang baru ditangkap dari hutan biasanya selalu waspada dan mudah panik dan ketika akan mengambil pakan, burung juga selalu terlihat waspada.Pilihlah bakalan trucukan yang sehat dan tidak cacat.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips dan cara dalam memilih anakan Trucukan yang baik:

  1. Pilihlah anakan Trucukan yang terlihat sehat dan juga tidak cacat.
  2. Pilihlah yang mulutnya terbuka lebar saat minta makan.
  3. Postur tubuhnya terlihat lebih besar.
  4. Ketika disuapi, anakan Trucukan berbunyi nyaring
  5. Rongga dalam mulutnya terlihat lebih merah.
  6. Mata melotot atau tidak sayu.
  7. Pilih burung yang aktif minta makan dengan suara yang nyaring.
  8. Carilah anakan Trucukan yang minimal sudah punya/ ada bulunya.
  9. Trucukan jantan akan terlihat dominan bertubuh lebih besar daripada yang betina.
  10. Sering mengangkat jambulnya (njambul).
  11. Bulu telinganya lebih menonjol atau keluar.
  12. Tumbuh bulu halus di bagian belakang kepalanya.
  13. Matanya bulat melotot dan bulatan hitamnya lebih jelas dan tebal.
  14. Sering mengeluarkan bunyi panggilan.
  15. Badan lebih ramping dan panjang.
  16. Paruhnya lurus, panjang dan tebal, dan
  17. Selera makannya tinggi.

Sangat disarankan untuk memilih anakan Trucukan jantan, sebaiknya Pins memilih anakan Trucukan pembanding lainnya.

Baca Juga: Cara Membuat Trucukan Gacor

Cara Merawat Anakan Trucukan Jantan

Cara Merawat Anakan Trucukan
(Rimba Kita)

Setelah Pins menentukan pilihan anakan Trucukan, langkah selanjutnya yang harus Pins lakukan adalah merawat anakan Trucukan jantan tersebut. Cara merawat anakan Trucukan adalah sebagai berikut :

  1. Apabila anakan Trucukan yang Pins rawat masih ada sarangnya, sebaiknya tetap gunakan sarang tersebut untuk media penghangat anakan Trucukan. Tapi jika sarangnya memang sudah tidak ada, Pins dapat menggantikan sarangnya dengan kain supaya Anakan Trucukan tetap memperoleh kehangatan.
  2. Pada saat musim dingin, Pins dapat menggantikan kehangatan yang pada awalnya diberikan oleh indukan Trucukan dengan menggunakan lampu atau inkubator yang memiliki  suhu ideal 37-38 derajat celcius.  Pins dapat menggunakan lampu bohlam sebesar 5 watt.
  3. Untuk kelembabannya dapat diatur sekitar 60-70% supaya Anakan Trucukan tidak akan keluar dari sarang. Dalam menjaga kelembaban tersebut, Pins bisa menggunakan lap ataupun handuk yang telah dibasahi atau
  4. Apabila Piyikan atau Anakan Trucukan Jantan, sudah dirawat selama 2 minggu lebih serta sudah bisa bertengger. Maka Pins dapat memindahkannya ke dalam sangkar yang menggunakan kertas ataupun karpet supaya kakinya tidak terjepit sangkar.
  5. Pemberian pakan Anakan Trucukan dapat digunakan dengan kroto ataupun jangkrik yang diambil bagian tubuhnya saja/ membuang kepala dan juga kaki-kaki jangkrik.
  6. Apabila Anakan Trucukan telah dirawat lebih dari satu minggu, Pins dapat menambahkan pakannya dengan menggunakan voer yang telah diaduk dengan air sehingga voer menjadi berubah lunak seperti bubur. Pins dapat mencampurkannya dengan menggunakan kroto ataupun perut jangkrik. Lakukan hal tersebut sampai Anakan Trucukan mau untuk makan sendiri.

Cara Merawat Trucukan Agar Berkembang dan Rajin Berkicau

  1. Berilah pakan harian dari buah-buahan seperti buah pisang atau pepaya dan lain-lain, karena burung jenis ini sangat menyukainya.
  2. Untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan burung trucukan muda ada baiknya anda menambahkan madu asli pada pakan buah-buahan. Caranya oles madu pada buah pisang yang sudah di tusuk-tusuk, biarkan meresap terlebih dahulu , kemudian berikan pisang tersebut sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Hal demikian juga diyakini akan merangsang trucukan cepat berkicau dengan suara merdu.
  3. Selain pemberian pakan buah-buahan juga perlu diberiakan extra fooding atau serangga, seperti jangkrik, belalang, kroto atau ulat hongkong. Berikan pakan tersebut secara teratur umpamanya berikan 3-5 ekor jangkrir atau belalang atau ulat hongkong setiap hari dan pada setiap pagi bisa diberikan kroto satu sendok teh.
  4. Pakan lain yang akan membuat trucukan cepat berkicau dengan kicauan yang khas yaitu suara ropelnya yang merdu adalah voer. Buah-buahan yang anda berikan dapat diganti dengan voer. Hal tersebut juga dapat membuat bakalan yang masih giras atau liar cepat jinak.
  5. Perawatan harian lainnya adalah memandikan dan menjemur secara rutin dan teratur setiap pagi.
  6. Perawatan lainnya adalah melatih trucukan secara rutin agar cepat berkicau dengan suara ropelnya yang khas dan bergaya nggaruda.

Demikianlah tips memilih dan juga merawat anakan Trucukan jantan. Semoga tips ini bisa Pins praktekan dengan sesegera mungkin dirumah.

Baca Juga: Cara Terapi Trucukan


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel