Pinhome

Uncategorized

Cara Memelihara Trucukan Lebih Dari Satu

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai beberapa Memelihara Trucukan Lebih Dari Satu. Trucukan di daerah Jawa Barat sering dikenal sebagai burung jog-jog. Burung ini memang sangat populer sebagai salah satu jenis burung peliharaan. Selain memiliki harga yang murah, suara kicauan dari burung trucukan inipun juga telah banyak di manfaatkan dalam melatih burung cucak rawa untuk mengeluarkan suara ropel indahnya.

Disamping itu, burung trucukan juga mempunyai gaya yang khas yang pada umumnya disebut dengan gaya Garuda. Supaya burung bisa bersuara secara rajin, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan cara memperbaiki pola untuk perawatan hariannya. Dengan menggunakan perawatan yang tepat, rutin dan juga konsisten, maka anda akan mendapatkan burung yang rajin untuk berbunyi .

Perawatan Harian dalam Memelihara Trucukan Lebih Dari Satu

Perawatan harian untuk Memelihara Trucukan Lebih Dari Satu tidaklah lepas dari pakan dan juga jenis perawatan tambahan lainnya, sepertijalnya mandi, penjemuran, dan juga menjaga kebersihandari sangkarnya. Berikut ini adalah beberapa perawatan sederhana dan juga efektif yang dapat membuat burung truuckan rajin berbunyi:

Mandi

Burung trucukan sangat suka jika dimandikan, terutama di pagi dan juga siang hari. Sebab itu, siapakanlah bak mandi kecil yang dapat dimasukkan ke dalam sangkar supaaya burung tersebut dapat dengan mudah mandi didalam bak tersebut. Namun, jika burung terbiasa trucukan peliharaan anda terbiasa untuk di semprot, maka nda bisa melakukan penyemprotan dengan  cara menggunakan sprayer.

Menjaga kebersihan

Hal paling penting dalam Memelihara Trucukan Lebih Dari Satu adalah dengan menjaga kebersihan sangkar, tempat untuk makan dan juga tempat minumnya. Sangkar bersih bisa membuat burung menjadi lebih aktif, lincah dan akan lebih rajin untuk berbunyi.

Memberi pakan yang tepat.

Burung trucukan merupakan jenis burung yang suka dengan buah-buahan dan juga serangga. Anda harus memberikan makanan tersebut setiap harinya, terutama untuk buah-buahan. Selain itu, anda juga bisa menambahkan makanan pendamping lainnya, seperi kroto.

Kroto segar dapat anda berikan yakni 1 sendok teh maksimal 3x alam seminggu.  Untuk ulat Hongkong, anda dapat memberikannya 5 ekor 3x dalam seminggu. Sedangkan untuk buah segar dapat diberikan secara rutin setiap hari, dengan format seperti: Hari Senin hingga Kamis buah Pepaya, hari Jum’at dan Sabtu berikanlah Apel ataupun Pisang atau bisa juga buah lainnya.

Tips dan Cara Memelihara Trucukan Lebih Dari Satu

Burung trucukan tergolong burung koloni seperti halnya burung pleci, Oleh sebab itu Memelihara Trucukan Lebih Dari Satu merupakan  salah satu terbaik untuk memancing burung supaya lebih rajin dalamberbunyi. Dengan demikian, maka mereka akan saling sahut-sahutan. Sehingga gacor mereka nantinya bisa menjadi semakin keras dan semakin rajin setiap harinya.  Disamping itu, memelihara trucukan lebih dari satu juga bisa memancing burung dalam menunjukkan gaya garudanya yang sangat khas.

Ada beberapa penanganan yang dapat anda lakukan apabila burung trucukan over birahi. Anda harus memangkas porsi dari jangkrik menjadi 1 pagi dan juga 1 sore. Frekuensi mandi juga harus dibuat lebih sering, misalnya saja pagi-siang dan juga sore. Sedangkan untuk lamanya penjemuran dapat dikurangi menjadi 30 menit setiap hari saja.

Sedangkan penanganan jika burung trucukan kondisinya drop adalah sebagai berikut. Tingkatkanlah porsi dari pemberian jangkrik yakni menjadi 5 ekor pagi dan 5 kor untuk sore. Tingkatkan porsi dari pemberian Kroto yakni menjadi 5x seminggu.. Mandi bisa dibuat yakni 3 hari sekali saja dan selanjutnya berikan vitamin dan juga mineral. Demikianlah beberapa tips dan juga tips dan cara Memelihara Trucukan Lebih Dari Satu.

Tags :

Bagikan Artikel