Pinhome

Cara Memelihara Trucukan Lebih Dari Satu

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 October 2021 ∙ 4 menit membaca

Pinhome – Trucukan di daerah Jawa Barat sering dikenal sebagai burung jogjog. Burung ini memang sangat populer sebagai salah satu jenis burung peliharaan. Selain memiliki harga yang murah, suara kicauan dari burung Trucukan ini pun juga telah banyak dimanfaatkan dalam melatih burung cucak rawa untuk mengeluarkan suara ropel indahnya.

Disamping itu, burung Trucukan juga mempunyai gaya yang khas yang pada umumnya disebut dengan gaya Garuda. Supaya burung bisa bersuara secara rajin, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan cara memperbaiki pola untuk perawatan hariannya. Dengan menggunakan perawatan yang tepat, rutin dan juga konsisten, maka Pins akan mendapatkan burung yang rajin untuk berbunyi.

Baca Juga: Harga Jual Trucukan

Perawatan Harian dalam Memelihara Trucukan Lebih Dari Satu

Memelihara trucukan
(JalakSuren.net)

Perawatan harian untuk Memelihara Trucukan Lebih Dari Satu tidaklah lepas dari pakan dan juga jenis perawatan tambahan lainnya. Misalnya mandi, penjemuran dan juga menjaga kebersihan dari sangkarnya. Berikut ini adalah beberapa perawatan sederhana dan juga efektif yang dapat membuat burung Trucukan rajin berbunyi.

Mandi

Burung Trucukan sangat suka jika dimandikan, terutama di pagi dan juga siang hari. Sebab itu, siapkanlah bak mandi kecil yang dapat dimasukkan ke dalam sangkar supaya burung tersebut dapat dengan mudah mandi didalam bak tersebut. Namun, jika burung terbiasa Trucukan peliharaan Pins terbiasa untuk di semprot, maka Pins bisa melakukan penyemprotan dengan  cara menggunakan sprayer.

Menjaga kebersihan

Hal paling penting dalam Memelihara Trucukan Lebih Dari Satu adalah dengan menjaga kebersihan sangkar, tempat untuk makan dan juga tempat minumnya. Sangkar bersih bisa membuat burung menjadi lebih aktif, lincah dan akan lebih rajin untuk berbunyi.

Memberi pakan yang tepat.

Burung Trucukan merupakan jenis burung yang suka dengan buah-buahan dan juga serangga. Pins harus memberikan makanan tersebut setiap harinya, terutama untuk buah-buahan. Selain itu, Pins juga bisa menambahkan makanan pendamping lainnya, seperti kroto.

Kroto segar dapat Pins berikan yakni 1 sendok teh maksimal 3x dalam seminggu.  Untuk ulat Hongkong, Pins dapat memberikannya 5 ekor 3x dalam seminggu. Sedangkan untuk buah segar dapat diberikan secara rutin setiap hari, dengan format seperti: Hari Senin hingga Kamis buah Pepaya, hari Jum’at dan Sabtu berikanlah Apel ataupun Pisang atau bisa juga buah lainnya.

Tips dan Cara Memelihara Trucukan Lebih Dari Satu

Memelihara trucukan
(Hewanesia)

Burung Trucukan tergolong burung koloni seperti halnya burung pleci, Oleh sebab itu Memelihara Trucukan Lebih Dari Satu merupakan  salah satu terbaik untuk memancing burung supaya lebih rajin dalam berbunyi.

Dengan demikian, maka mereka akan saling bersahut-sahutan. Sehingga gacor dan nantinya bisa menjadi semakin keras dan semakin rajin setiap harinya. Disamping itu, memelihara Trucukan lebih dari satu juga bisa memancing burung dalam menunjukkan gaya garudanya yang sangat khas.

Ada beberapa penanganan yang dapat Pins lakukan apabila burung Trucukan over birahi. Pins harus memangkas porsi dari jangkrik menjadi 1 pagi dan juga 1 sore. Frekuensi mandi juga harus dibuat lebih sering, misalnya saja pagi-siang dan juga sore. Sedangkan untuk lamanya penjemuran dapat dikurangi menjadi 30 menit setiap hari saja.

Sedangkan penanganan jika burung Trucukan kondisinya drop adalah sebagai berikut. Tingkatkanlah porsi dari pemberian jangkrik yakni menjadi 5 ekor pagi dan 5 kor untuk sore. Tingkatkan porsi dari pemberian Kroto yakni menjadi 5x seminggu.

Mandi bisa dibuat yakni 3 hari sekali saja dan selanjutnya berikan vitamin dan juga mineral. Demikianlah beberapa tips dan juga tips dan cara Memelihara Trucukan Lebih Dari Satu.

Baca Juga: Menjinakkan Trucukan Tangkapan Alam Liar

—————————————

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Perjanjian Kerjasama dan Cara Benar Membuatnya

Sebuah perusahan tentu tak bisa berdiri sembari. Untuk memperluas cangkupan bisnis diperlukan kerja

Edukasi
Edukasi 3 Contoh Surat Rekomendasi dan Cara Membuatnya yang Benar

Surat rekomendasi kerap dibutuhkan dalam berbagai keperluan, seperti melamar pekerjaan serta mencar

Edukasi
Edukasi 6 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit, Semua Posisi!

Pinhome - Sebagai lulusan tenaga ahli medis, kamu juga perlu membuat surat lamaran kerja ke rumah s

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank, Lengkap! 

Pinhome - Ingin bekerja sebagai pegawai bank yang ada di Indonesia? Bank di Indonesia biasanya memb

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan dan Contohnya

Walau zaman sudah modern, tapi masih ada perusahan tertentu yang memilih untuk menggunakan surat la

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia