Pinhome

Uncategorized

Cara Memelihara Trucukan Agar Rajin Bunyi Dengan Indah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Cara memelihara trucukan agar rajin bunyi dengan indah, akan menjadi pembahasan artikel ini. Memiiki burung trucukan menjadi incaran banyak orang, terutama para pencinta burung. Pasalnya burung dengan suara merdu bagaikan penyanyi dan body bagus mampu dijadikan sebagai hiburan, memikat penggemarnya.

Kicauan yang selalu terdengar menawan menjadi harapan setiap pendengar. Mendapatkan keindahan paras dan melodi trucukan harus berusaha merawat sebaik mungkin. Agar dapat mengurus dengan baik, anda perlu mengetahui cara memelihara trucukan agar rajin bunyi dengan indah.

Trucukan disebut sebagai Merbah cerukcuk atau Jog Jog menyukai tempat-tempat terbuka, semak belukar, tepi jalan, kebun, dan hutan sekunder. Cenderung berkelompok untuk mencari makanan maupun bertengger dengan segala jenis burung. Suka tidur berkelompok dengan jenisnya, di ranting perdu. Makanannya buah-buahan yang lunak.

Trucukan sering melubangi buah pepaya dan pisang yang masak. Ia suka memangsa aneka serangga, ulat dan hewan kecil lainnya seperti cacing. Jog Jog menghabiskan waktu lebih lama dalam mencari makanan. Sarangnya berbentuk seperti cawan, terbuat dari anyaman daun rumput, tangkai daun halus, dijalin dengan serat tumbuhan dan menempel di dahan.

Realisasi Terhadap Cara Memelihara Trucukan Agar Rajin Bunyi

Rovel trucukan memang bagus dengan suara khasnya. Namun jika tidak lihai memelihara, keelokan suara itu bisa saja terancam. Oleh karena itu, artikel ini akan mengupas mengenai  cara memelihara trucukan agar rajin bunyi dengan indah sebagai berikut:

Trucukan Harus Tenang dan Jinak

Jinakkan terlebih dahulu dengan krodong jika burung terdapat dari jaringan di hutan.

Pemilihan Pakan Yang Tepat

Berilah buahan segar yang disuka karena setiap burung mempunyai buah favoritnya. Sediakan makanan pendamping Pur dengan kualitas baik. Sehingga mempunyai kualitas gizi dan protein tinggi untuk meningkatkan kebugaran dan stamina.

Menata Lingkungan Burung

Pagi hari sekitar jam 5 embunkan trucukan di tempat terbuka. Agar burung merasa berada di alam liar, menjadi obat bagi trucukan yang stres.

Memandikan Dengan Baik

Mandikan trucukan dengan disemprot hingga bulu burung basah. Lakukan jam 8 hingga 10 pagi agar burung selalu sehat terkena sinar matahari pagi. Setelah penjemuran selesai, angin-anginkan burung di teras dan berikan jangkrik 2 biji.

Perlunya Dikerodong

Krodong trucukan di malam hari agar tidur nyenyak dan tidak digigit nyamuk.

Pemasteran suara

Lakukan pemasteran suara baik melalui suara burung secara langsung maupun melalui suara burung di MP3 yang merdu.

Cara Memelihara Trucukan Agar Rajin Bunyi Penting Dipahami

Mengasilkan suara gacor burung yang menawan termasuk susah-susah gampang, perlu ketekunan dan strategi tepat dalam merawatnya. Merawat dengan ketulusan dan cinta menjadi tendensi penting supaya telaten mengurus secara baik sehingga tercapai harapan anda memiliki suara burung yang bagus.

Trucukan biasa hidup berdampingan dengan manusia sehingga membuat jenis burung ini mempunyai tingkat adaptasi lumayan tinggi, tidak mudah stres. Tetapi tidak jarang  ditemukan kondisi burung tidak mau gacor karena stres, tidak dirawat dengan baik. Sehingga sebelum anda membeli hewan peliharaan, sebaiknya anda benar-benar mempertimbangkan cara memelihara trucukan agar rajin bunyi dengan indah pada artikel ini.

Demikian pembahasan tentang “Cara Memelihara Trucukan Agar Rajin Bunyi Dengan Indah” dapat penulis sajikan. Semoga menjadi referensi bagi anda.

Tags :

Bagikan Artikel