Cara Membuka Website yang Sibuk / Down Agar Dapat Diakses

Diperbarui oleh Andre Gunawan ∙ August 2, 2022 ∙ 6 menit membaca

Saat kita melakukan browsing, normalnya sebuah website tentu dapat kita buka/akses secara otomatis. Namun, pada beberapa kasus kadang terdapat website yang tidak bisa diakses ataupun dibuka karena alasan tertentu. Nah, biasanya hal ini dikarenakan server website sibuk atau down.

Saat server website sibuk atau down tentu pengunjung akan susah untuk masuk ke website tersebut, biasanya ketika kamu membukanya loading halamannya sangat lama dan terkadang kamu tidak dapat masuk ke website tersebut dan hanya mendapati pesan/kode error.

Nah, untuk kamu yang sedang mengalami hal ini dan ingin mengakses website tersebut silakan simak artikel ini, karena kami akan membagikan tips untuk membuka atau lebih tepatnya menerobos website yang sibuk atau down. Tips ini juga sangat mudah dilakukan untuk pengguna browser Chrome.

Penyebab Website Sibuk atau Down

Sebelum menilik tips membuka website sibuk atau down agaknya kamu perlu untuk mengetahui penyebab dari website tersebut sibuk atau down.

Nah, berikut beberapa penyebabnya:

  • Kualitas hosting kurang bagus
  • Kebanjiran trafik (pengunjung website)
  • DNS server bermasalah
  • Kendala pada server
  • Serangan Hacker
  • Website sedang Maintenance Server
  • Kesalahan Coding
  • Overload
  • Dan sebagainya

Cara Membuka Website yang Sibuk / Down

Beradasarkan penyebab yang sudah kami tuliskan di atas, dapat disimpulkan bahwa situs atau website yang sedang down sebagian besar masalahnya dari server. Oleh karena itu pemilik situslah yang dapat mengaturnya dan kita tentu tidak bisa mengaksesnya secara langsung.

Jadi, tips yang dimaksudkan disini untuk membuka website yang sibuk atau down agar bisa diakses adalah kita hanya bisa mengaksesnya secara tidak langsung. Nah, silakan simak cara-caranya di bawah ini.

Pastikan Terlebih Dahulu Website Down atau Tidak

Pertama silakan kamu pastikan dahulu bahwa website yang kamu buka down atau tidak. Karena jika yang mengalami masalah bukan dari websitenya maka kamu tidak akan bisa menerobos ke website tersebut. Jadi, silakan kamu pastikan terlebih dahulu menggunakan CMD.

Berikut lagkah-langkah melakukannya:

  1. Tekan tombol kombinasi Windows + R untuk membuka jendela Run.
  2. Kemudian silakan kamu ketik CMD pada opsi Open.
  3. Setelah itu akan terbuka halaman Command Prompt. Nah, pada bagian ini silakan kamu masukkan perintah Ping namasitus.namadomain -t (Ex: Ping neotekno.com -t).
  4. Selanjutnya tinggal kamu Enter untuk mengeceknya.
  5. Apabila situs normal maka akan muncul pesan ping berkelanjutan, dan apabila situs down maka akan muncul pesan request timed out.

[adinserter block=”4″]

Coba Ganti Browser yang Dipakai

Ketika kamu sudah mengecek situs tujuan menggunakan CMD dan statusnya menunjukkan kalau website tersebut normal, maka ada kemungkinan website tidak bisa kamu akses itu bukan dikarenakan sibuk/overload. Tetapi, mungkin masalahnya pada browser yang dipakai.

Ciri ada masalah pada browser:

  • Saat kita membuka website dan loadingnya berulang-ulang
  • Blank dan hanya menampilkan layar putih
  • Muncul pesan connection timed out

Jika ciri di atas memang didapati ketika ingin mengakses website tertentu, maka silakan kamu atasi menggunakan cara berikut:

  1. Coba bersihkan cache browser yang kamu gunakan. Biasanya cara ini cukup berpengaruh.
  2. Update atau Reinstal browser yang kamu pakai. Biasanya ketika browser kadaluwarsa, kamu akan mendapati banyak masalah seperti tidak bisa digunakan untuk mengakses website.
  3. Terakhir, cobalah untuk mengganti browser yang dipakai dengan yang lain, dan cobalah untuk mengakses situs yang down tersebut.

[adinserter block=”5″]

Gunakan Google Cache

Ada sebuah fitur yang tedapat di dalam pencarian google yang bernama Google Cache. Na, kegunaan fitur ini adalah untuk membuka sebuah situs pada halaman tertentu dan pada kurun waktu berbeda sebelumnya. Jadi dengan menggunakan Google Cache maka kamu akan bisa membuka kembali situs yang tidak dapat dimuat.

Berikut cara melakukannya:

  1. Pertama, silakan buka Google terlebih dahulu kemudian cari nama situs yang akan kamu buka.
  2. Selanjutnya pada hasil penelusuran Google, silakan klik tanda panah kebawah yang berada di samping alamat website tujuan lalu klik Cache.
  3. Jika sudah, maka kamu akan dapat mengakses situs tersebut.
  4. Atau kamu bisa juga menggunakan cara kedua yakni dengan memasukkan alamat situs. Ex: http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:neotekno.com (neotekno.com silakan kamu ganti dengan alamat website tujuan.

Menggunakan Coral CDN

Tips selanjutnya yang bisa kamu pakai adalah menggunakan Coral CDN. Buat yang belum tahu, Coral CDN ialah Jaringan Distribusi yang digunakan untuk mengakses website ketika mempunyai beban lalu lintas atau pengunjung yang padat/sibuk.

Cara melakukannya cukup sederhana, kamu hanya perlu mengetik tambahan .nyud.net pada belakang alamat website tujuan. Misalnya, jika kamu ingin mengakses NeoTekno menggunakan Coral CDN, maka kamu harus mengetik alamatnya menjadi www.neotekno.com.nyud.net

Apabila kamu masih bingung dengan metode yang saya jelaskan di atas, cobalah untuk mengunjungi hompage Coral CDN dan kamu cukup memasukkan alamat website yang ingin kamu kunjungi.

Melalui Wayback Machine

Mungkin kamu asing mendengar kata Wayback Machine, kan? Wayback Machine merupakan sebuah situs internet archive yang khusus dibuat untuk melihat atau membuka riwayat website yang ada di internet. Uniknya lagi Wayback Machine ini bisa diunakan untuk melihat riwayat website sampai kurung waktu bertahun-tahun yang lalu.

Dengan adanya Wayback Machine ini maka kamu bisa memakainya untuk menjadi alternatif ketika ingin membuka situs yang sedang sibuk atau down.

Di bawah ini langkah-langkah melakukannya:

  1. Pertama, silakan kamu buka terlebih dahulu Wayback Machine menggunakan alamat https://archive.org/web.
  2. Jika sudah masuk ke halaman situs tersebut, silakan kamu input alamat website yang akan kamu buka lalu klik Browse History.
  3. Selanjutnya silakan kamu pilih tanggal tampilan situs yang ingin ditampilkan. Jika kamu ingin melihat tampilan paling baru, pilih saja tanggal terbaru.
  4. Setelah itu, kamu akan disajikan data sesuai tanggal yang dipilih. Mudah bukan?
  5. Situs ini memiliki data sekitar 339 Milyar website, jadi kemungkinan website tujuan kamu juga ada didalamnya. Namun, bila dengan cara ini website tujuan tidak bisa dibuka, berarti dapat dipastikan kalau datanya tidak ada dalam Wayback Machine.

[adinserter block=”5″]

Tunggu Sampai Website Normal

Tidak banyak hal yang dapat kita lakukan untuk membuka suatu situs yang sedang down atau sibuk agar bisa diakses secara normal. Semua tips yang kami ketahui sudah dijelaskan dan diulas pada pembahasan di atas, dan hal tersebut tidaklah 100% berhasil, karena pada dasarnya situs down hanya bisa diakses ketika sudah normal kembali.

Jadi, satu-satunya cara tentunya dengan bersabar menunggu sampai website yang kamu tuju normal kembali dan dapat diakses seperti biasanya. Atau kamu bisa juga mencoba untuk mengakses situs tersebut pada jam-jam yang kira-kira trafiknya tidak ramai.

Walau pilihan terakhir kita adalah menunggu sampai normal kembali, tapi tentunya kamu harus mencoba semua cara alternatif di atas, karena pada kasus tertentu cara-cara tersebut sangat efektif. Jadi, kita ada usahanya dikit-dikit walaupun kadang gagal, hehe.

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian dulu pembahasan kita mengenai cara membuka website yang sibuk atau down agar dapat diakses. Untuk cara di atas saya rasa sudah cukup untuk acuan dalam mengatasi permasalahan tersebut. Ya, walaupun masih banyak cara-cara lain yang dapat kamu temukan dan tidak dibahas disini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Pengertian Equity Hingga Cara Menghitungnya, Cek Di sini!

Apa itu equity? Equity adalah istilah yang sering digunakan di bidang akuntansi maupun investasi. T

Finansial
Finansial 10 Forum Crypto Indonesia dan Global Sebagai Sarana Berdiskusi

Untuk mempelajari dan menguasai crypto, kini semakin mudah karena banyaknya forum crypto Indonesia

Gadget
Gadget 20 Daftar Harga HP Vivo Terbaru Tahun 2022

Vivo saat ini menjadi salah satu brand smartphone terbaik di tahun 2022. Daftar harga HP Vivo terba

Finansial
Finansial Tips dan Cara Agar NFT Cepat Laku Terjual

Zaman yang semakin modern ini ada banyak cara mendapatkan uang tambahan, salah satunya melalui inve

Gadget
Gadget 8 Cara Cek Garansi HP Realme, Begini Langkahnya!

Realme merupakan salah satu merek hp asal Tiongkok yang saat ini ramai di pasar Indonesia. Bagaiman

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia