Cara Membuat Whatsapp Bisnis

Dipublikasikan oleh Rendi Saputra ∙ 30 July 2022 ∙ 6 menit membaca

Makin kesini, banyak pengguna whatsapp yang ingin mengetahui bagaimana cara membuat whatsapp bisnis. Padahal caranya dapat dilakukan dengan mudah, yakni dengan menginstal aplikasi whatsapp bisnis dan melakukan login menggunakan nomor seluler.

Uniknya lagi  di whatsapp bisnis ini anda dapat memasarkan berbagai macam jenis produk yang dimiliki. Untuk mengetahui bagaimana cara membuat whatsapp bisnis dapat anda lakukan dengan menyimak pembahasan yang ada di bawah ini.

Di aplikasi whatsapp bisnis, anda akan disajikan dengan berbagai macam fitur yang dapan anda gunakan seperti pesan otomatis, katalog, label, dan lain sebagainya. Dengan fitur tersebut tentunya dapat membantu anda dalam mengembangkan suatu bisnis yang anda jalani.

Tidak hanya itu saja, di aplikasi whatsapp bisnis ini anda pun dapat menjual bebagai macam jenis produk yang dimiliki. Produk-produk tersebut pun dapat anda pasang atau di upload di menu profil akun whatsapp bisnis yang anda miliki.

Dengan begitu, tentunya memberikan kemudahan kepada konsumen yang ingin membeli produk yang anda miliki. Konsumen pun dapat melihat produk yang anda pasarkan melalui profil akun whatsapp bisnis anda. Tidak hanya itu saja, pada produk tersebut pun dapat anda berikan link.

Cara Membuat Whatsapp Bisnis

cara membuat whatsapp bisnis di iphone

Cara membuat whatsapp bisnis sebenarnya dapat anda lakukan dengan mudah, yakni dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini. Langkahnya pun tentunya dapat untuk anda praktekan sendiri maupun anda pengguna awam sekalipun.

Install Aplikasi Wa Bisnis

cara membuat whatsapp bisnis dengan nomor yang sama

langkah pertama cara membuat whatsapp bisnis yang dapat anda lakukan ialah menginstall aplikasinya terlebih dahulu. Anda dapat melakukan penginstalan pada Play Store bagi pengguna smarphone dan AppStore bagi penggun iphone.

Baca Juga: Cara Membagikan Link Whatsapp

Apabila aplikasi whatsapp bisnis telah terpasang, maka langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan yakni membuka aplikasi terrsebut. Maka pada tampilan awal anda dapat mengklik agree and continue untuk melanjutkan proses yang selanjutnya.

Daftar Nomor Telepon

Langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan yakni mendaftar akun whatsapp bisnis anda dengan nomor ponsel yang anda miliki. Untuk memasukkan nomor ponsel sebaiknya anda memakai nomor ponsel khusus digunakan untuk bisni saja.

Pasalnya, bila anda menggunakan nomor khusus bisnis anda akan dimudahkan dalam proses verifikasi. Tidak hanya itu saja, dengan anda menggunakan nomor ponsel bisnis anda juga dapat menghindari urusan bisnis dengan urusan pribadi.

Dengan begitu, anda akan lebih fokus dalam membangun bisnis menggunakan aplikasi whatsapp bisnis ini. Oleh karna itu, saya sarankan anda menggunakan nomor ponsel yang khusus anda gunakan untuk berbisnis, agar nantinya tidak tercampur dengan urusan pribadi.

Mengisi Profil Bisnis

Langkah berikutnya cara membuat whatsapp bisnis yang dapat anda lakukan yakni mengisi profil bisnis anda. Pastikan anda mengisi profil sesua dengan bisnis yang anda jalani, sebab nama ini tidak akan bisa diubah lagi dikemudian hari.

Baca Juga: Cara Mengamankan Whatsapp Agar Tidak Disadap

Sebelum anda mengisi informasi tersebut, sebaiknya anda memikirkan nya terlebih dahulu, agar anda tidak menyesal dikemudian hari. Bila anda sudah memikirkan nya, langkah yang perlu anda lakukan yakni mengisi informasi profil bisni anda.

Adapun langkah-langkahnya yang dapat anda lakukan yakni sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi whatsapp bisnis anda terlebih dahulu
  2. Setelah terbuka, lalu klik menu setting
  3. Lalu pilih menu business settings
  4. Kemudian klik menu profil 
  5. Selanjutnya isi informasi bisnis anda secara detail
  6. Seperti nama bisnis, alamat, detail kontak, kategori, email, website, dan lain sebagainya
  7. Selesai

Menu Balas Pesan Otomatis

Cara membuat whatsapp bisnis terakhir yang dapat anda lakukan yakni mengatur fitur menu balas pesan otomatis. Fitur ini tentunya dapat menguntungkan bagi anda dalam waktu istirahan atau tidak sempat untuk membalas pesan dari konsumen.

Berikut langkah-langkah cara membuat whatsapp bisnis dengan mengatur menu balas pesan otomatis:

  1. Pertama buka apalikasi whatsapp bisnis anda terlebih dahulu
  2. Setelah terbuka, lalu klik menu setting
  3. Lalu pilih menu business settings
  4. Kemudian klik opsi away message, greeting message, dan quick replies
  5. Setelah itu, anda dapat mengatur balas pesan secara otomatis
  6. Disini anda pun dapat mengatur waktu pengiriman pesan baik di segala waktu maupun di waktu tertentu saja
  7. Selesai

Kelebihan Menggunakan Whtsapp Bisnis

cara membuat whatsapp bisnis di android

Setelah anda berhasil mempunyai akun whaatsapp bisnis, maka anda akan mendapatkan beberapa macam fitur menarik. Fitur itu tentunya dapat memberikan anda keuntungan dalam mengembangkan suatu bisnis yang anda jalani.

Baca Juga: Cara Mengganti Nomor Whatsapp

Berikut beberapa fitur-fitur dari aplikasi whatsapp bisnis:

Bisa Mendaftar Nomor Telepon Perusahaan

Pada saat anda melakukan cara membuat whatsapp bisnis untuk melakukan login, maka anda pun dapat mendaftar atau login menggunakan nomor telepon perusahaan. Dengan begitu, anda tidak perlu lagi mendaftar dengan nomor seluler biasa.

Pesan Otomatis

bagaimana cara membuat whatsapp bisnis

Pada fitur layanan pesan otomatis, amda pun akan disajikan dengan tiga layanan pesan otomatis tersebut. Layanan tersebut dapat anda ketahui dengan mudah, karna pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa layanan tersebut.

Adapun layanan nya sebagai berikut:

  • Quick replies yaitu pesan yang mengandung template instan. Pesan ini diatur menggunakan boot seperti ucapan terimakasih yang panjang, atau petunjuk dan aturan untuk konsumen selama berbelanja di toko anda
  • Greeting message yaitu pesan yang otomatis terkirim pada setiap kontak baru sebagai tanda salam sapa. Jadi, ketika nomor anda baru disimpan oleh konsumen, greeting message ini akan otomatis terkirim kepada mereka
  • Away message yaitu respon otomatis ketika anda sedang tidak membuka Wa. anda bisa melakukan setting mengenai isi dari pesan otomatis tersebut, bisa berupa informasi mengenai kapan chat tersebut akan dibalas, atau pun yang lainnya

Katalog

Di aplikasi whatsapp bisnis ini pun anda dapat menggunakan fitur katalog. Funsi dari fitur katalog ini adalah sebagai etalase produk yang anda miliki dan dapat dilihat oleh konsumen saat melihat profil whatsapp bisnis yang anda miliki.

Pada fitur katalog ini, anda hanya perlu menambahkan foto, keterangan, deskripsi, dan harga produk. Dan keren nya lagi fitur katalog ini dapat menampung foto produk yang anda miliki hingga 500 jenis foto produk. Anda pun dapat menambahkan link pada produk tersebut.

Label

Setelah anda berhasil melakukan cara membuat whatsapp bisnis, maka anda akan mendapatkan fitur label dari aplikasi whatsapp bisnis. Fitur laber merupakan fitur pengelompokan chat berdasarkan kriteria tertentu pada produk yang anda miliki.

Baca Juga: Cara Menggunakan Whatsapp Web Di Hp

Pengelompokan pesan yang terdapat pada whatsapp bisnis seperti , prospek, pesan baru, menunggu pembayaran, dan lain sebagainya. Dengan begitu, tentunya dapat memberikan anda kemudahan dalam memasarkan suatu produk pada aplikasi Wa bisnis ini.

Penutup

Itulah tadi pembahasan mengenai cara membuat whatsapp bisnis. Bagaimana sangat mudah bukan? Dengan begitu pengguna whatsapp tidak perlu bingung-bingung lagi jika dilain waktu ingin membuat whatsapp bisnis dengan nomor yang sama dengan mudah.

Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan lupa di share ke media sosial anda masing-masing agar para pengguna aplikasi Whatsapp lainnya dapat mengetahui beberapa informasi yang telah saya sebutkan diatas. Terimakasih

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 12 Cara Screenshot di Laptop Windows & Mac OS

Cara screenshot di laptop merupakan sebuah skill yang secara tak tertulis wajib diketahui oleh seti

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Terbaru! Harga Paving Block per M2 dan Jasa Pemasangannya!

Paving block merupakan suatu material bangunan yang terbuat dari campuran semen portland atau mater

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Alat Potong Keramik Manual Terbaik

Alat Potong keramik terbagi menjadi dua yaitu manual dan otomatis atau yang lebih dikenal dengan al

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Harga dan Motif Keramik Dinding Kamar Mandi 25x40

Keramik dinding kamar mandi ukuran 25x40 cm adalah yang biasa dipakai. Tapi ada cara tersendiri unt

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia