Tips dan Cara Membuat Website Sekolah dengan Mudah dan Biaya Rendah

Dipublikasikan oleh Hanif Pram ∙ 15 July 2022 ∙ 5 menit membaca

Sekarang ini hampir semua sekolah memiliki website sendiri. Salah satu fungsi dari website sekolah ini adalah untuk menyampaikan informasi dari pihak sekolah ke para siswa dan siswi mereka. Informasi tersebut bisa berupa pengumuman, visi misi, daftar guru, foto sekolah, dan lain sebagainya.

Nah, pada artikel kali ini kami akan membagikan tutorial cara membuat website sekolah dengan dengan budget yang murah dan tanpa ilmu koding sama sekali. Jadi bagi Anda yang ingin membuat website sekolah, simak artikel ini sampai selesai. Sebelum itu, simak pengertian website berikut ini terlebih dahulu.

Pengertian Website

Website adalah kumpulan halaman dalam sebuah domain yang berisi tentang berbagai informasi supaya bisa dibaca dan dilihat pengguna internet lewat mesin pencarian seperti Google, Bing, dan lain sebagainya. Informasi yang ada dalam sebuah website biasanya berupa teks, gambar, video, dan ilustrasi.

Sebuah website juga bisa diakses secara langsung lewat aplikasi peramban memakai URL (Uniform Resource Locator) yang tepat. Contoh dari url website adalah www.pintarnesia.com, url tersebut merupakan halaman utama dari website Pintarnesia yang memuat berbagai artikel dan laman-laman tertentu.

Manfaat & Tujuan website sekolah

Mungkin banyak dari kalian yang bertanya-tanya, mengapa sebuah instansi pendidikan harus mengetahui cara membuat website sekolah. Selain karena banyak sekolah lain yang memiliki website, berikut ini beberapa manfaat dan tujuan website sekolah.

1. Sebagai Profil Sekolah

Di era yang serba digital ini, website profil sekolah merupakan salah satu media pemasaran yang terbaik. Lewat website ini Anda bisa menampilkan berbagai informasi yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun siswa dan siswa bahkan orang tua selama memiliki koneksi internet.

2. Media Publikasi

Selain menampilkan visi misi, kurikulum, dan fasilitas sekolah, website juga bisa dipakai untuk sarana publikasi sekolah. Anda bisa menggunakan website untuk menyampaikan setiap berita, agenda dan pencapaian sekolah sehingga para siswa dan siswi bisa tahu update tentang sekolah mereka.

3. Sarana Pengumuman

Selain itu, website sekolah juga bisa digunakan sebagai sarana pengumuman untuk para murid. Jadi, ketika ada agenda yang harus diketahui oleh murid, sekolah tidak perlu memakai media cetak lagi karena bisa disampaikan lewat website.

Cara membuat Website Sekolah

Setelah Anda mengetahui pengertian dan manfaat website, selanjutnya kita lanjut ke langkah-langkah cara membuat website Sekolah. Sebelum membuat website, pastikan Anda sudah memiliki domain dan server. Untuk server, Anda bisa menggunakan VPS Server atau Web Hosting dari Niagahoster.

1. Install WordPress

Langkah pertama, silahkan install terlebih dahulu WordpRess lewat control panel hosting Anda. Silahkan cari menu Softaculous dan pilih WordPress, setelah itu klik Install.

image

Setelah itu, isikan data-data yang dibutuhkan untuk menginstal WordPress. Mulai dari protokol yang digunakan (silahkan pilih https://), nama domain, nama website dan deskripsinya. Jangan lupa juga buat username dan password sebagai admin website nantinya.

image 1

2. Masuk ke Dashboard WordPress

Setelah WordPress berhasil di install, selanjutnya masuk ke dashboard WordPress website Anda. Anda bisa gunakan nama domain + /wp-admin di address bar, contoh pintarnesia.com/wp-admin. Setelah itu Anda akan dibawa ke halaman login WordPress website Anda.

image 2

Silahkan login memakai username dan password yang sudah Anda buat sebelumnya saat menginstall WordPress.

3. Mengubah Tampilan Website

Langkah cara membuat website sekolah yang berikutnya adalah mengubah tampilan atau tema website. Untuk mengganti tema, caranya adalah klik menu Appearance > pilih Themes. Setelah itu, klik Add New untuk memilih tema yang ingin Anda gunakan.

image 3

Setelah Anda selesai memilih tema, silahkan arahkan kursor ke thumbnail tema tersebut dan klik Install, setelah itu klik Activate untuk langsung menerapkan tema tersebut ke website.

4. Menambahkan Fitur Website

Berbeda dengan Blogger yang fiturnya terbatas, di WordPress Anda bisa menambahkan fitur dengan menginstal plugin. Ada banyak plugin di WordPress yang bisa Anda gunakan, untuk menginstall plugin caranya adalah klik Plugins > Add New.

image 4

Setelah menemukan plugin yang diinginkan, klik tombol Install Now dan klik Activate untuk mengaktifkan plugin tersebut. Ada beberapa plugin yang direkomendasikan untuk website sekolah, yaitu Contact Form 7, Akismet Anti-Spam, Photo Gallery, The Events Calendar, dan WP Google Maps.

5. Membuat dan Mengatur Halaman

Setelah menambahkan fitur, Anda juga harus membuat halaman untuk website sekolah. Halaman ini akan memudahkan siswa dan siswi untuk mengakses informasi yang mereka inginkan. Berikut ini adalah halaman yang wajib ada dalam website sekolah:

Adapun untuk membuat halaman di WordPress sangat mudah, caranya adalah klik Pages > Add New. Silahkan masukkan judul halaman dan informasi yang ingin Anda masukkan di halaman tersebut.

image 5

6. Mengatur Halaman Utama

Setelah membuat semua halaman yang dibutuhkan, langkah berikutnya adalah menentukan dan mendesain halaman utama website sekolah tersebut. Secara default halaman utama WordPress akan menampilkan postingan terbaru.

Namun halaman utama website sekolah biasanya tidak berisi hal tersebut. Anda harus membuat halaman utama sekolah yang menampilkan informasi tentang sekolah tersebut, untuk membuat halaman utama tersebut, silahkan masuk ke Appearance > Customize.

image 6

Silahkan atur sedemikian rupa halaman utama dari website sekolah Anda. Berikut ini adalah contoh halaman utama website sekolah yang dibuat lewat menu Appearance > Customize.

image 7

Kesimpulan

Cara membuat website sekolah sangat mudah dan tidak rumit sama sekali, Anda tidak membutuhkan skill coding sama sekali. Untuk membuat website sekolah, Anda hanya membutuhkan domain, Hosting atau VPS Server, dan koneksi internet saja. 

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Inspirasi Keramik Dinding Kamar Mandi Biru yang Menenangkan

Keramik dinding kamar mandi biru sering dianggap pilihan terbaik karena mendukung rasa tenang dan a

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Model Keramik Motif Paving Terbaru

Paving sudah tidak asing lagi sebagai bagian dari lantai atau area jalan yang biasa dipasang di dep

Lifestyle
Lifestyle 10 Cara Restart Laptop yang Cepat di Windows & Mac OS

Saat laptop tiba-tiba macet dan not responding ketika dioperasikan, banyak yang memilih cara restar

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Inspirasi Keramik Backsplash Dapur yang Cantik

Keramik backsplash adalah salah satu solusi dapur tetap bersih dan estetik dipandang. Hal tersebut

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Pintu Kaca Tempered Glass, Yuk Cek!

Ingin pakai pintu kaca untuk membuat rumah tampak mewah? Pintu kaca memang dapat membuat kesan mewa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia