Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Cara Membuat Rumah Tetap Nyaman Di Musim Hujan

Properti

Cara Membuat Rumah Tetap Nyaman Di Musim Hujan

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Musim hujan kembali datang pada bulan ini, layaknya musim hujan biasanya membuat beberapa orang merasa dirugikan. Musim hujan seringkali mendatangkan beberapa permasalahan misalnya atap rumah yang bocor mampu membuat pusing setiap orang. Pasalnya banyak orang yang kurang cermat dalam memperhatikan rumahnya. Umumnya mereka hanya fokus untuk mempercantik tampilan rumah dan lalai dalam memikirkan apakah ada celah untuk menimbulkan kebocoran didalam rumah.

Musim hujan pun membuat banyak orang untuk berasa didalam rumah karena rumah sejatinya berfungsi sebagai tempat berlindung dari hujan ataupun panasnya terik matahari. Oleh karena itu menjaga performa sebuah rumah merupakan kewajiban bagi si empunya rumah. Rumah yang nyaman memerlukan perawatan serta pengawasan yang tajam.  Ketika pengawasan sudah berada dipuncaknya maka kenyamanan pun akan didapati dengan mudah dalam kondisi cuaca apapun tidak berpengaruh.

Untuk membuat rumah tetap nyaman selama musim hujan maka ada beberapa cara untuk mewujudkannya. Berikut ini adalah cara membuat rumah tetap nyaman selama musim hujan.

  1. Selalu mengawasi dan memeriksa kondisi atap rumah. Jika Anda menggunakan atap yang terbuat dari beton atau fiber cerment maka Anda harus mencermati apakah ada reta rambut. Jika ada maka pasangkanlah kawat kasa dan waterproof. Namun jika keretakan sudah cukup lebar dan besar maka atap tersebut harus Anda plester kembali.
  2. Lakukanlah pemeriksaan paling tidak 2 sampai 3 bulan sekali karena retak rambt biasanya sangat kecil sehingga tidak langsung menyebabkan timbulnya kebocoran. Ketika sudah lebih dari 3 kali terkenal hujan yang cukup besar maka air pun akan merembes dan membuat atap menjadi lapuk.
  3. Selain itu, Anda juga harus memperhaikan daerah bubungan atap karena biasanya menggunakan plester semen yang dapat menimbulkan adanya kebocoran. Jangan biarkan plafon menjadi lembab karena lama kelamaan akan membuat plafon tidak kokoh lagi.
  4. Gunakanlah alumunium foil untuk melapisi antara genteng dan plafon. Penggunaan alumunium ini dapat menghindari air yang tampias dan mengurangi penyerapan panas. Alumunium juga dapat berfungsi sebagai tameng bagi atap rumah Anda sehingga air akan turun kedalam plank dan tidak akan masuk kedalam rumah.
  5. Jika Anda menggunakan atap fiber cement maka Anda tidak bisa menggunakan paku biasa karena jika dipalu mudah pecah. Oleh karena itu fiber cement harus dibor terlebih dahulu lalu dipasang paku yang dilapisi dengan karet.
  6. Hal terakhir adalah dengan menggunakan atap yang kokoh dan berkualitas bagus dengan atap yang memiliki tingkat ketahanan yang luar biasa.

Itulah beberapa cara mudah untuk membuat rumah Anda tetap nyaman walaupun hujan menyapa.

Tags :

Bagikan Artikel