Cara Membuat Potpourri yang Bikin Rumah Selalu Wangi

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 11 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Potpourri dapat menjadi salah satu alternatif pengharum ruangan untuk mengusir bau tak sedap. Cara membuat potpourri cukup mudah dengan menggunakan bahan-bahan organik yang dikeringkan. Wewangian alami yang dikeringkan ini dapat bertahan hingga berbulan-bulan. 

Pinhome – Aromanya akan menyebar dan membuat rasa nyaman seluruh keluarga Pins di rumah. Jika aromanya sudah mulai memudar, Pins bisa menambahkan minyak aromaterapi agar tetap bisa menikmati wanginya.

Pins, tahukah kamu bahwa Potpourri tidak hanya berguna sebagai sumber wewangian saja lho, tetapi bisa dimanfaatkan juga untuk dekorasi ruangan. Bahan-bahan yang sudah dikeringkan dapat dikemas cantik dan di pajang di ruang tamu atau ruangan lain di dalam rumah Pins. Potpourri sudah tersedia di pasaran dalam bentuk siap pakai. Namun Pins juga bisa membuatnya sendiri dengan beberapa langkah berikut.

1.     Menyiapkan bahan untuk potpourri

Cara membuat potpourri
(Pinterest)

Langkah pertama untuk membuat potpourri adalah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Bahan-bahan untuk potpourri terdiri dari rempah-rempah dan bunga yang memiliki aroma wangi. Pins bisa menggunakan bahan-bahan seperti berikut.

  • Bunga kering (bunga mawar atau bunga lain sesuai selera yang memiliki aroma khas)
  • Ekstrak vanilla
  • Irisan lemon
  • Cengkeh
  • Biji pala
  • Kayu manis
  • Minyak esensial
  • Daun teh atau daun kering lain yang dapat menjadi sumber wewangian

Pins dapat mengumpulkan bahan-bahan di atas dalam jumlah yang cukup banyak. Hal tersebut karena setelah pengeringan, ukurannya akan menyusut. Pins bisa menyiapkan bahan dalam jumlah 4 kali lebih banyak atau sesuai kebutuhan.

Cengkeh, biji pala, dan kayu manis biasanya akan mengeluarkan aroma yang cukup kuat dan pedas. Jika Pins tidak terlalu menyukainya, bisa menggantinya dengan aroma kayu putih atau aroma lain yang tidak terlalu menyengat. Bunga-bunga kecil dan buah-buahan juga bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan wewangian yang lebih kalem.

2.     Menyiapkan peralatan

Cara membuat potpourri
(Pinterest)

Setelah memiliki semua bahan-bahan yang dibutuhkan, Pins perlu mempersiapkan beberapa peralatan untuk membuat potpourri. Tidak perlu khawatir karena cara membuat potpourri sendiri tidak sulit dan tidak membutuhkan banyak alat. Beberapa peralatan yang diperlukan antara lain adalah sebagai berikut.

  • Toples kecil
  • Gunting
  • Kertas perkamen
  • Pita
  • Botol semprot
  • Karet gelang
  • Kain tipis
  • Oven (jika diperlukan untuk mengeringkan bahan-bahan potpourri)
  • Loyang atau nampan

Perlu Pins perhatikan agar tidak menggunakan wadah plastik untuk tempat potpourri. Selain toples, Pins bisa menggunakan wadah kaca lain atau wadah keramik untuk menjaga wangi potpourri. Jika ingin yang lebih unik, gunakan wadah dari kain yang memiliki lubang-lubang halus dengan bentuk sesuai selera.

3.     Mengeringkan bahan-bahan potpourri

Cara membuat potpourri
(Pinterest)

Bahan-bahan untuk membuat potpourri harus kering sempurna. Jika ingin hasil yang bagus, bahan-bahan yang sudah disiapkan dapat dikeringkan secara alami dengan cara didiamkan di dalam ruangan. Gunakan ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik untuk mengeringkan bahan-bahan potpourri.

Proses pengeringan secara alami ini memang lama dan membutuhkan waktu hingga beberapa hari. Namun hasilnya akan bagus dengan bahan-bahan yang kering sempurna dan aromanya pun akan tetap terjaga. Pins juga bisa mengeringkannya dengan menggunakan oven yang panasnya diatur sekitar suhu 100 derajat celcius.

Jika tidak memiliki oven, pengeringan dapat dilakukan di bawah sinar matahari. Namun cara ini tidak direkomendasikan karena panas sinar matahari yang tinggi dapat menghilangkan aroma alami dari bahan-bahan potpourri.

4.     Mengemas potpourri

Cara membuat potpourri
(Pinterest)

Bahan-bahan yang sudah kering dapat dimasukkan ke wadah potpourri yang sudah disiapkan. Pins bisa memotong-motong bahan tersebut agar ukurannya lebih kecil dan mudah dimasukkan ke dalam toples atau wadah potpourri.

Masukan semua bahan ke dalam wadah, kecuali minyak esensial. Tutup toples atau wadah potpourri dengan kain menggunakan kain tipis. Tambahkan pita untuk mempercantik wadah potpourri yang sudah Pins buat. Potpourri siap dipakai untuk dekorasi dan pengharum ruangan alami di dalam rumah.

5.     Menambahkan minyak esensial atau aromaterapi

Cara membuat potpourri
(Pinterest)

Minyak aromaterapi dapat digunakan untuk memperkuat wangi potpourri. Pins juga bisa menggunakannya saat aroma wangi dari potpourri sudah mulai memudar. Masukan minyak esensial atau minyak aromaterapi ke dalam botol semprot. Setelah itu semprotkan ke bahan-bahan kering potpourri.

Masukan potpourri yang sudah disemprot minyak aromaterapi ke dalam oven. Tunggu hingga beberapa menit agar bahan-bahan potpourri tetap kering sempurna. Ulangi lagi langkah tersebut untuk agar aromanya dapat bertahan lebih lama.

6.     Pajang potpourri di ruangan

Cara membuat potpourri
(Pinterest)

Setelah siap, Pins dapat memajang potpourri di ruang tamu atau di ruangan lain yang dibutuhkan. Potpourri yang dibuat sendiri ini dapat dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan alami. Aromanya akan membuat seluruh penghuni rumah lebih rileks dan nyaman. Jadi Pins dan keluarga akan lebih betah di dalam rumah.

Wadah cantik yang digunakan untuk kemasan potpourri juga memiliki nilai estetika untuk dekorasi ruangan. Pins dapat meletakkannya di ruang tamu, ruang keluarga, kamar, dapur, dan kamar mandi untuk mempercantik ruangan. Wadahnya yang mungil tidak membutuhkan banyak ruang sehingga mudah untuk diletakkan di berbagai tempat, baik di dinding, di meja, atau di sudut ruangan.

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia