Berbagai Cara Membuat Nasi Goreng dengan Bermacam Resep

Dipublikasikan oleh Mahardhika Gilang ∙ 17 January 2022 ∙ 5 menit membaca

Nasi goreng bukanlah makanan yang asing bagi masyarakat Indonesia. Bahkan makanan ini juga cukup terkenal di kalangan turis asing yang mengunjungi Indonesia. Cara membuat nasi goreng yang mudah termasuk faktor yang membuat kehadiran makanan ini dapat ditemukan di mana-mana. Variasinya semakin beragam dan menarik seiring berkembangnya zaman.

1. Cara Memasak Nasi Goreng Sederhana

Resep ini bisa menjadi ide pas bagi yang tidak memiliki banyak bahan, waktu terbatas, atau menyukai masakan yang sederhana. Selain rasanya yang lezat, membuatnya pun tidak membutuhkan terlalu banyak waktu. Bahan yang diperlukan yaitu nasi yang tidak menggumpal dan relatif kering.

Sediakan juga sayur tambahan, seperti wortel, bawang merah dan putih, cabai. Untuk lauknya cukup menggunakan telur. Sediakan juga bumbu seperti kecap manis, raja rasa, garam, dan gula. Iris halus cabai serta bawang, atau boleh dicincang.

Tumis bawang dengan cabai hingga wanginya keluar. Cara membuat nasi goreng selanjutnya yaitu memasukkan nasi, tambahkan bumbu seperti kaldu, kecap, garam, dan lainnya dengan takaran sesuai selera. Jangan lupa untuk dicicipi. Terakhir, buat telur mata sapi untuk diletakkan di atas nasinya agar proteinnya mencukupi dan menghasilkan tampilan yang cantik.

2. Cara Memasak Nasi Goreng Mentega

Cara membuat nasi goreng dengan bumbu mentega sangat mudah, cocok untuk yang memiliki sedikit waktu namun ingin membuat perut kenyang. Siapkan bahan utama yaitu nasi dan mentega. Boleh memakai mentega biasa atau yang memiliki perisa ayam seperti milik Blue Band. Siapkan bahan tambahan sesuai keinginan misalnya telur.

Masukkan telur, aduk perlahan hingga menjadi telur orak arik. Keluarkan dari wajan, letakkan di piring. Kemudian masukkan mentega ke wajan sebanyak satu sendok makan (untuk porsi dua orang). Tambahkan sedikit garam dan gula agar rasanya seimbang. Aduk hingga bercampur, lalu masukkan nasinya.

Masukkan telur orak arik yang sudah dibuat sebelumnya. Aduk sampai nasi dan telur tercampur seluruhnya. Nasi goreng bumbu mentega sudah siap disajikan.

3. Cara Memasak Nasi Goreng Nanas

Ingin mencoba nasi goreng yang tidak biasa, misalnya dimasak bersama nanas? Ternyata cara membuat nasi goreng ini cukup mudah. Bahan yang dibutuhkan yakni nasi, nanas, mentega, bawang putih, kecap asin, garam serta gula. Wajan dipanaskan pada api sedang, lalu masukkan mentega.

Masukkan juga telur yang dimasak orak arik, diikuti dengan nanas dan bawang yang ditumis sampai harum. Setelah itu masukkan nasinya, kemudian diaduk sampai rata. Tuang kecap asin, garam, gula sesuai selera. Boleh juga ditambahkan perasan jeruk untuk membuatnya lebih wangi. Nasi goreng telah siap disajikan ketika hangat.

4. Cara Memasak Nasi Goreng Jawa

Hampir setiap restoran Indonesia yang berada di area Jawa memiliki menu ini. Aroma dan rasa yang dihadirkan nasi goreng ini sangat khas. Siapkan bahannya yaitu nasi putih, telur, daging ayam yang dipotong tipis. Sediakan juga kol yang tulangnya dibuang, caisim, kecap manis, bumbu nasi goreng Jawa, garam, dan merica.

Untuk bumbu halus bisa ditambah dengan bawang putih-merah, kemiri, serta cabai. Cara membuat nasi goreng ini dimulai dengan memanaskan minyak lalu tumis bumbu halusnya hingga terasa harum. Masukkan telur, aduk hingga berbutir. Selanjutnya ayam  bisa dimasukkan lalu diaduk. Berikutnya masukkan kol serta caisim, lalu diaduk hingga agak layu.

Masukkan nasi, tambahkan kecap manis, bumbu nasi goreng, garam, merica, kemudian diaduk bersamaan sampai merata. Setelah matang, tambahkan daun bawang. Periksa rasanya, lalu sajikan.

5. Cara Memasak Nasi Goreng Ikan Asin

Umumnya nasi goreng ini ada di restoran chinese food. Menu ini disukai banyak orang, terlebih cara pembuatannya relatif mudah sehingga dapat dipraktikkan di rumah. Untuk membuatnya, sediakan bahan-bahan seperti nasi, telur ayam, daun bawang, ikan asin jadian, saus tiram, dan mentega. Sedangkan bahan seperti garam, kemiri, gula, bawang putih-merah, hingga cabe rawit dihaluskan bersamaan.

Setelah menghaluskan bumbu, panaskan mentega bersama dengan ikan asin yang ditumis hingga kecoklatan agar baunya wangi. Berikutnya masukkan bumbu halus, aduk hingga rata. Sisihkan campuran ini, kemudian buat telur orak-arik ditambahkan daun bawang. Berikutnya masukkan nasi, saus tiram, merica, dan gula. Aduk hingga matang, lalu periksa rasanya. Apabila sudah sesuai, nasi goreng bisa disajikan.

6. Cara Memasak Nasi Goreng Hong Kong

Ingin merasakan nasi goreng seperti di restoran? Coba cara membuat nasi goreng Hong Kong bisa dicoba di rumah untuk dimakan bersama keluarga. Bahan yang dibutuhkan yaitu nasi, bawang putih-bombay, cabai merah, saus tiram, kecap, garam, merica, minyak wijen. Untuk lauknya bisa menyediakan telur, dada ayam, bakso ikan, atau sosis sesuai selera.

Tumis bawang dan cabai yang sudah dicincang hingga harum. Masukkan lauk seperti ayam dan bakso yang sudah dipotong kecil-kecil. Aduk hingga warnanya berubah, lalu sisihkan di piring tersendiri.

Masukkan telur, aduk sampai berbentuk kecil-kecil. Tuangkan nasi bersama dengan saus tiram, garam, merica, serta minyak wijen. Aduk hingga matang, kemudian cicipi rasanya. Boleh juga ditambah daun bawang untuk mempercantik tampilan dan menambah kesegarannya.

Itulah beberapa cara membuat nasi goreng. Jenis nasi goreng sangat beragam, bisa dimodifikasi sesuai selera agar tidak bosan dengan varian yang itu-itu saja. Makanan khas Indonesia yang mendunia ini bisa dinikmati berbagai kalangan dan tidak lekang oleh waktu sehingga bisa menjadi peluang usaha makanan.

Ingin memasak nasi goreng cepat? gunakan bumbu nasi goreng pilihan berikut ini klik

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Apartemen
Apartemen Pilih Apartemen 2 Lantai Tipe Loft Atau Duplex ?

Jenis apartemen sangat beragam misalnya jenis classix six, studio, garden, hingga convertible. Namu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 11 Model Keramik Dinding Teras Motif Batu Alam

Indonesia kaya akan batu alam yang sebenarnya sangat cantik dipasang sebagai bahan bangunan di ruma

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi HP Samsung 4 Jutaan dari Galaxy Series

Ketika sudah terlanjur suka dengan smartphone keluaran Samsung, pasti kamu sudah enggan untuk memak

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi HP 10 Jutaan dengan Fitur Terkini & Canggih

Apakah Pins adalah tipikal user smartphone yang rela membeli produk yang memiliki kualitas bagus me

Lifestyle
Lifestyle 15 Rekomendasi HP 4 Jutaan yang Terjangkau & Punya Performa Gahar

Bagi sebagian besar orang, ada yang memilih smartphone untuk kebutuhan komunikasi. Aplikasi yang di

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia