Pinhome

+1001 Cara Mudah Membuat Mozaik & Manfaatnya

Dipublikasikan oleh Nur Afika Cahya ∙ 21 June 2021 ∙ 11 menit membaca

Cara membuat mozaik – Mozaik merupakan sebuah hasil karya dua dimensi yang dikombinasi dengan bahan-bahan yang sudah dipotong-potong sesuai dengan bentuk sedimikian rupa.

Sehingga dapat membentuk objek gambar tertentu. Nah, bagi kalian yang barang kali belum paham apa itu mozaik, dan bagaimana cara membuatnya? Berikut beberapa penjelasan lengkap beserta gambar dan teknik membuatnya.

Tahukah anda,

Apa Itu Mozaik?

Mozaik adalah sebuah Karya seni rupa dua atau tiga dimensi yang dibentuk dengan mengkombinasikan kepingan atau potongan bahan-bahan tertentu, kemudian disusun dan ditempel sesuai dengan keinginan kita.

Bahan yang digunkanya pun ada bermacam-macam, mulai dari potongan kertas, potongan kayu, daun kering, potongan keramik, pecahan kaca, hingga biji-bijian buah sekaligus.

Dan pada bahan-bahan ini dapat ditemukan dengan berbagai warna jenis yang berbeda-beda. Namun tetap masih dapat digunakan sesuai dengan keinginan kita.

Selanjutnya nanti pada kepingan-kepingan, atau pecahan tersebut akan ditempel ke media tertentu, seperti pada media kanvas kertas, lantai, atau dinding yang sebelumnya sudah diberi pola.

Pengertian Mozaik

Seperti yang sudah kita ketahui Mozaik adalah sebuah hasil karya seni rupa dua atau tiga dimensi yang dikombinasi dengan kepingan atau potongan-potongan bahan yang sudah dibentuk dengan sedemikian rupa.

Kemudian disusun dan ditempel sesuai bentuk yang diinginkan. Kepingan atau potongan bahan dapat berupa:

  1. Potongan kertas
  2. Potongan kayu
  3. Kepingan daun
  4. Kepingan keramik
  5. Kepingan kaca
  6. Dan sebagainya.

Pada bahan kepingan ini dapat berasal dari berbagai macam warna, sehingga dengan begitu hasil yang di dapat bisa membentuk gambaran yang tentunya menarik dan hasil gambar  bisa sesuai dengan keinginan kita.

Selanjutnya Kepingan tersebut akan ditempelkan pada sebuah media seperti kanvas, kertas atau bisa juga seperti lantai dan dinding yang tentunya telah diberi pola dari berbagai macam bentuk kepingan yang tidak karuan.

Ciri-ciri karya seni mozaik yakni bahan dan jenis yang digunakanya bersifat Figuratif, Still life atau cenderung dekoratif.

Sejarah Teknik Mozaik

Mozaik

Sejarah mozaik awal pertama kalinya ditemukan di sebuah tempat kuil yang berada di daerah Iraq, mozaik diperkirakan dibuat pada sekitar 3000 tahun SM.

Sejak pada saat itu, peradaban seluruh umat manusia di dunia mulai dapat menerima kebudayaan dengan menggunakan sebuah karya seni mozaik.

Selain itu, bangsa Romawi menyebutnya kepingan yang sudah tersususn mozaik dengan sebutan “tesserae”, pada hal ini biasanya berupa batu yang kecil.

Manik-manik, dan bahan material lain yang bisa disusun dan dapat membentuk karya.

Ketika zaman dahulu seni mozaik dapat dibuat dengan beberapa teknik diantaranya seperti :

  1. Teknik pertama yakni dengan teknik menempelkan satu persatu kepingan atau yang disebutnya dengan “tesserae” pada setiap permukaan benda tiga dimensi.
  2. Teknik kedua yakni degan menggunakan metode secara tidak langsung, atau dengan menyusun pada sebuah kepingan mozaik terlebih dahulu di tempat yang sudah ditentukanya, selanjutnya kemudian diletakkan pada bagian permukaan benda tiga dimensi.
  3. Teknik mozaik atau teknik yang terakhir dengan menggunakan metode yang mungkin sama dengan metode yang tidak langsung. Namun untuk hal ini harus dengan dua kali pengerjaan. Sedangkan untuk soal pemilihan warna, umunya dapat memilih batu kecil, bisa juga kaca yang berwarna, atau batu yang dilapisi dengan lembaran emas.

Teknik dan Cara Membuat Mozaik

Cara membuat mozaik

Adapun untuk teknik dan cara membuat mozaik-mozaik adalah sebagai berikut ini.

  1. Persiapkan Alat dan Bahan

Berikut beberapa bahan-bahan yang digunakan dalam membuat seni mozaik diantaranya :

  • Tessera yakni yang berupa seperti kaca, batu, kerang, keramik, biji-bijian atau apapun yang bisa anda temukan.
  • Alas untuk mozaik, pada alas ini dapat berupa seperti kayu, karton, kardus, dan pastikan juga alas dapat menampung beban bahan.
  • Contoh design atau pola gambar, untuk hal ini sangat penting guna untuk membuat gambar mozaik yang tentunya menarik.
  • Perekat, gunakan dan pilih perekat yang cocok dengan bahan apa yang akan anda gunakan. Anda dapat menggunakan perekat seperti lem, nat, semen, dan masih banyak lagi.
  1. Pilihlah Alas untuk Menempelkan Kepingan Bahan Mozaik

Selanjutnya tentukan alas yang akan anda gunakan caranya dengan melihat bahan yang sudah anda telah persiapkan. Kemudian letakkan alas tersebut di atas permukaan yang keras misal seperti lantai, meja, dan lain sebagainya.

  1. Tentukan terlebih dahulu pola gambar yang ingin anda buat mozaik

  2. Terakhir pindah atay transfer design ke alas tersebut.

Baru anda dapat memulai atau merancang dan mengatur tata letak “tessera”. Sebelum menempelkan lem, pastikan terlebih dahulu bahan-bahan material mozaik sudah terpotong sesuai dengan ukuran dan usahakan pula potongannya harus bersih dari kotoran atau debu, agar hasil yang didapatnya bisa maksimum.

  1. Oleskan perekat pada pola gambar

Selanjutnya oleskan perekat atau lem pada seluruh pola gambar dengan takaran yang tidak berlebihan, tetapi kuat untuk melekat.

  1. Tempel dan susun kepingan bahan

Terapkan bahan satu persatu pada kepingan tersebut dimualai dari sudut design lalu kerjakan sesuai dengan urutan baris.

  1. Diamkan hingga dapat mengering

Setelah semua selesei tertempel, maka selanjutnya hasil mozaik bisa anda diamkan sejenak. Tujuan ini agar lem dan lainya bisa menempel dengan baik, dan hasil yang didapat pun bisa maksimum atau sesuai dengan keinginan.

Perbedaan Kolase, Montase, dan Mozaik

Perbedaan Kolase, Montase, dan Mozaik

Parbedaan seni kolase, montase, dan mozaik  pada dasarnya memang sama-sama merupakan jenis sebuah seni dengan menggunakan teknik menyusun bentuk hingga menjadi seni rupa dua dimensi.

Namun sering sekali pengertian dari ketiganya sering tertukar hingga bikin salah paham.

Padahal Kolase adalah sebuah kegiatan seni penggabungan bahan material yang berbeda-beda, dan rangkum dengan cara merekatkan pada sebuah bidang permukaan guna untuk membentuk gambar tertentu.

Contoh seperti menyusun gambar rumah dengan menggunakan bahan material dari kain, kertas Koran, dan bisa juga dari biji-bijian.

Teknik kolase dulu pertama kali diperkenalkan oleh dua seniman besar yang terkenal yakni Pablo Picasso dan George Braque.

Setelah ia dapat memperkenalkan teknik menyusun gambar melalui karya yang bertema Still Life With Chair Caning di tahun 1912.

Meskipun karya seni kolasi dipelopori oleh dua seniman yang besar, namun kolase dapat dilakukan oleh siapa saja.

Karena pada proses pembuatan kolase hanya perlu menggunakan teknik gunting dan tempel saja, yang tentunya cukup mudah untuk dilakukanya.

Mirip dengan kolase, istilah dari montase biasanya lebih sering digunakan untuk sebuah memodifikasi foto, yang terbuat dari sebuah potongan-potongan dari beberapa gambar yang sudah ditempel denagan secara bersamaan, hingga dapat membentuk gambar yang baru.

Pada hal ini montase bisa lebih mengutamakan teknik eksposisi atau layering dan biasa memanfaatkan sebuah software digital.

Cukup pilih salah satu foto atau gambar yang berfungsi sebagai latar tempat dan waktu, lalu tempelkan potongan gambar lainnya yang ditempelkan untuk menambahkan makna atau membuat cerita baru.

Selanjutnya jika pada kolase menggabungkan bahan material yang berbeda, maka untuk seni mozaik juga mengkombinasikan kepingan-kepingan bahan material yang sejenis, contoh seperti gelas, keramik, dan logam yang bukuran sama.

Cara membuat seni mozaik, memang sangatlah sederhana dari mulai membuat perubahan bentuk hingga menjadi kesatuan pola yang tentunya memiliki makna arti tersendiri.

”Kolase sama dengan bahan material yang ditempelkan mulai beragam jenis, hingga dapat di jadikan satu, sehingga terbentuklah suatu gambaran yang disebutnya dengan kolase”.

“Montase sama dengan memodifikasi foto yang berasal dari berbagai jenis bahan material hingga menjadi gambaran baru, untuk teknik ini yang dilakukan mirip dengan teknik seni Kolase.

“Mozaik sama dengan bahan material yang lakukan dengan cara ditempelkan dari bahan yang sama dan rangkum menjadi satu, hingga membentuklah suatu gambar yang baru”.

Contoh Hasil Gambar Mozaik

Berikut adalah hasil gambar mozaik yang lengkap dan unik, untuk lebih jelasnya anda dapat melihat seperti di bawah ini.

1. Gambar Mozaik yang mudah

Gambar Mozaik yang mudah

Seni mozaik merupakan seni yang memanfaatkan dari berbagai jenis benda yang tentunya benda-benda tersebut mudah untuk ditemukan, diantara benda yang dapat digunakanya yakni seperti potongan kaca keramik, potongan kayu, hingga bahan-bahan yang alami seperti dedahunan dan biji tumbuhan kacang hijau.

jadi untuk anda jika ingin membuta mozaik gunakanlah benda-benda yang sederhana saja, dan untuk pembuatanya pun sangat mudah.

2. Gambar Mozaik Dari Potongan Kayu

Gambar Mozaik Dari Potongan Kayu

Selain itu anda dapat juga memanfaatkan potongan-potongan kayu yang sudah tidak digunakan. Anda dapat menyulapnya menjadi kerajinan mozaik contoh seperti pada gambar diatas.

Tentunya dari hasil kerajinan mozaik tersebut akan bisa mengundang rizki bagi anda, karena setiap hasil kreasi kerajinan memiliki nilai yang tinggi.

3. Gambar Mozaik Dari Kepingan Keramik

Gambar Mozaik Dari Kepingan Keramik

Anda memiliki keramik bekas yang sudah tidak terpakai? cobalah buat kerajinan mozaik dengan begitu bekas keramik yang tidak terpakai itu akan bisa menjadi benda yang bermanfaat.

Apalagi setiap hasil kerajinan memiliki nilai yang tinggi.

4. Gambar Mozaik Dari Kepingan Kaca

Gambar Mozaik Dari Kepingan Kaca

Mungkin tanpa anda sadari bahwa bekas kepingan kaca masih dapat anda gunakan sebagai bahan utama dalam membuat sebuah kerajinan mozaik.

Mungkin akan lebih bagus lagi, jika anda memanfaatkan kepingan kaca tersebut sebagai bahan pembuatan kerajinan mozaik.

5. Gambar Mozaik Unik

Gambar Mozaik Unik

Hasil mozaik dapat disulap menjadi berbagai jenis kerajinan mulai dari yang biasa hingga yang luar biasa.

Hasil mozaik bisa berupa gambaran biasa, bisa juga gambaran seperti wanita di atas yang tentunya hasil tersebut memiliki keunikan sendiri bagi setiap pencinta seni.

6. Gambar Mozaik Burung

Gambar Mozaik Burung

Hasil mozaik dengan berbentuk burung yang berasal dari bahan biji-bijian merupakan hasil ide yang kreatif karena dari sini kita dapat belajar bahwa seni itu tidak hanya menggunkan bahan yang istimewa saja.

Melainkan kita dapat menggunkan bahan yang sederhana dan mudah didapat.

7. Gambar Mozaik Ikan

Gambar Mozaik Ikan

Gambar mozaik ikan merupakan hasil kerajinan mozaik yang memanfaatkan benda-benda bekas seperti benda keramik dan lainya. Hal ini karena adanya ide kreatif kita maka terciptlah karya mozaik dengan berbentuk ikan.

8. Gambar Mozaik Sederhana

Gambar Mozaik Sederhana

Ada banyak ide kreatif yang dapat kita lakukan hingga kita dapat menciptakan karya mozaik dengan bentuk yang sederhana hingga yang lebih sederhana atau luar biasa.

9. Gambar Mozaik Hewan Panda

mozaik panda

Gambar mozaik panda merupakan hasil kerajinan mozaik yang menggunakan bahan dasar dari pecahan keramik yang disusun secara rapi hingga membentuk panda sesuai pada gambar diatas.

10. Gambar Mozaik Pemandangan

Gambar Mozaik Pemandangan

Gambar mozaik pamandangan merupakan hasil yang dibuat dengan menggunakan berbagai jenis pecahan kaca dan keramik.

Yang disusun dengan penuh kesabaran dan ketelitian dan dibentuk sesuai pada gambar yang diinginkanya maka terciptalah hasil mozaik dengan bentuk pemandangan yang indah.

11. Gambar Mozaik Pemandangan Alam

Gambar Mozaik Pemandangan Alam

12. Gambar Mozaik Pohon

Gambar Mozaik Pohon

13. Gambar Mozaik Kupu-kupu

Gambar Mozaik Kupu-kupu

14. Gambar Mozaik Bunga

Gambar Mozaik Bunga

15. Gambar Mozaik dari Kacang Hijau

Gambar Mozaik dari Kacang Hijau

Nah, itu dia teknik beserta hasil gambar mozaik. Dalam membuat mozaik ada banyak cara dan bahan yang dapat kita gunakan seperti bahan mozaik dari kertas, mozaik dari potongan kayu, mozaik dari dedaunan, mozaik dari keramik, mozaik dari kepingan kaca, dan lainya.

Jadi untuk itu anda tidak perlu bingung mencari bahan, anda hanya cukup memanfaatkan bahan yang ada saja.

Cara Membuat Mozaik dari Daun

Cara Membuat Mozaik dari Daun

Adapun cara membuat mozaik dari daun adalah sebagai berikut ini.

  • Alat dan bahan-bahan yang harus disiapkan

  1. Daun-daunan kering beraneka bentuk, bisa menggunakan daun pisang, daun jati, daun mangga, dan lain sebagainya.
  2. Kertas karton, yang nantinya digunakan sebagai bidang datar untuk menempelkan karya mozaik
  3. Pensil atau spidol, yang nantinya digunakan untuk membuat pola
  4. Lem perekat, digunakan untuk menempelkan daun-daun pada bidang karya mozaik
  5. Gunting, untuk memotong daun dengan ukuran sesuai selera dan menyesuaikan ukuran karya mozaik tersebut.
  6. Penghapus dan alat-alat lain yang sekiranya diperlukan.

Tahap Membuat Mozaik dari Daun

Tahap Membuat Mozaik dari daun

  1. Siapkan pola di bidang karya (karton).

  • Pola dapat anda buat dengan cara menggambar sendiri gunakanlah pensil atau spidol.
  • Sebaiknya, anda buat pola terlebih dahulu yang sederhana saja. Misalnya seperti kupu-kupu, burung, kura-kura, ikan, dan lainya.
  • Usahakan jangan membuat pola yang rumit dan kecil, karena pada hal ini akan dapat menyusahkan anda sendiri.
  • Selain itu, anda juga dapat mencari contoh gambar pola lainya, melalui internet.
  1. Potong daun-daunan sesuai pola

  • Gunakanlah gunting untuk memotong daun-daunan sesuai dengan pola yang telah disiapkanya.
  • Potonglah daun tersebut sesuai dengan ukuran pola yang sudah disiapakan.
  • Usahakan anda harus dapat memotong sesuai dengan ukuran pola. Selain itu, anda dapat menggunting dengan kecil pada selembar daun guna untuk membuat sisik ikan, atau juga mata ikan.
  1. Tempel atau Rekatkan Menggunakan Lem

  • Langkah yang terakhir yakni menempelkan daun-daun yang tadi ke dalam bidang pola sesuai yang telah anda buat.
  • Untuk teknik dan cara menempel yang digunakanya, terserah saja yang penting rapi.
  • Selain itu anda dapat memberikan lem terlebih dahulu pada sebuah gambar, lalu kemudian pasanglah daun-daunan tersebut. Dan berikan lem pada daun-daunan selanjutnya taruh dan letakan pada pola gambar.
  1. Sempurnakan Gambar

  • Langkah keempat yakni bersifat opsional atau kondisional.
  • Apabila semua pola gambar sudah tertutup dengan daun, namun jika ada yang terlihat dari beberapa bagian pada lembar kerja yang masih kosong, anda dapat sempurnakan kembali pada bagian yang kosong tersebut, hal ini agar hasil bisa sempurna.
  • Selain itu anda dapat memberikan hiasan yang berupa tumbuhan-tumbuhan di dalam air, guna untuk menyempurkan gambar mozaik hewan berbentuk ikan tersebut.

Cara Membuat Lukisan Mozaik dari Kertas

Cara Membuat Lukisan Mozaik dari Kertas

Untuk langkah-langkah dalam membuat lukisan mozaik dari kertas anda dapat melihat seperti dibawah ini.

  1. Buatlah sketsa terlebih dahulu di atas kertas A4. Karya yang akan dibuat dengan ukuran 25×20 cm.
  2. Siapkan alat dan bahanya
  3. Jiplak sketsa di atas kertas tersebut, dengan cara menggambar ulang pada sketsa dengan sedikit menekan. Tujuan hal ini agar karya mozaik yang akan dibuat, bisa sesuai dengan sketsanya.
  4. Oleskan lem, kemudian tempelkan potongan-potongan kertas berwarna pada daluang, menyesuaikan bentuk sketsa. Dimulai dari objek utama gambar, kemudian latar (background) gambar
  5. Tambahkan hiasan lainnya seperti glitter atau manik-manik
  6. Tempelkan lakban hitam pada bagian sisi-sisi daluang, berfungsi sebagai figura
  7. Terakhir, rekatkan tali di bagian belakang karya, dengan cara dilubangi atau ditempel menggunakan lem besi

Pelajari juga keunikan karya montase dan lengkap cara membuatnya.

Demikianlah ulasan kali ini mengenai apa itu mozaik, dan bagaimana langkah cara membuat gambar mozaik. Sekian semoga bermanfaat, Terima Kasih.

Selamat Mencoba!

Tags :

Bagikan Artikel