Pinhome

+1001 Cara Mudah Membuat Montase & Manfaatnya

Dipublikasikan oleh Nur Afika Cahya ∙ 21 June 2021 ∙ 8 menit membaca

Cara membuat montase – Montase adalah sebuah karya seni tempel yang mengkombinasikan hasil gambar-gambar jadi dari berbagai sumber menjadi sebuah susunan karya seni baru.

Sumber yang dimaksud dapat digunakan seperti koran bekas, majalah bekas, buku yang tidak dipakai, brosur atau jeis kertas lainnya.

Jadi karya montase adalah hasil karya yang dihasilkan dari sebuah gambar yang sudah di kombinasikan dengan gambar jadi lainnya.

Contoh seperti gambar binatang dari majalah yang sudah dipotong dan direkatkan ke sebuah media gambar dan dikombinasikan lagi dengan gambar binatang lainya yang berasal dari sebuah buku.

Nah, untuk selengkapnya pada kali ini saya akan menyajikan pengertian montase, teknik dan cara membuat montase hingga contoh-contoh gambar montase secara lengkap.

Apa Pengertian Montase?

Menurut Buku Besar Bahasa Indonesia (BKBI) pengertian montase adalah sebuah komposisi gambar-gambar yang tercipta karena adanya sebuah pencampuran unsur dari beberapa sumber.

Awalnya pada sebuah montase terbatas dengan karya dua dimensi, namun karena seiringnya perkembangan zaman, kini sekarang seudah mampu merambah pada karya tiga dimensi.

Sebuah karya montase dibuat dari berbagai gambar-gambaran yang sudah di kombinasikan atau disatukan dan diatur dengan sedemikian rupa.

Sehingga hasil dari karya montase tersebut mampu bergabung dan tumpang tindih hingga dapat membentuk sebuah kejadian baru.

Sebagai contoh dalam hasil karya montase yakni sebuah gambar rumah yang berasala dari bahan majalah bekas yang sudah dipotong-potong dan cuma diambil gambar rumahnya saja, lalu ditempelkan pada permukaan alas gambar.

Sebenarnya ada banyak referensi gambar seni montase, contoh seperti gambar yang ada pada majalah, koran, poto, kalender, dan masih banyak lagi.

Setelah itu selanjutnya dipotong dan ditempelkan. Selain itu seni montase terbagi menjadi dua macam, diantaranmya adalah montase dua dimensi dan montase tiga dimensi.

Pada montase dua dimensi ini memang mirip dengan lukisan karena bahan-bahanya hanya terdiri dari sekumpulan gambar yang sudah jadi.

Salanjuntnya dipotong-potong lalu dipadupadankan dengan gambar lain, sehingga terciptalah satu kesatuan karya ilustrasi yang menarik. Sementara untuk montase tiga dimensi berbentuk karena adanya seting.

Teknik montase ini memang sangat baik untuk pembelajaran bagi anak-anak dini (TK), karena dalam hal ini dapat menggali potensi siswa dan sedang mengembangkan daya imajinasi siswa dalam menghasilkan sebuah hasil karya yang menarik dan mungkin lebih unik.

Apa Fungsi Montase?

Ada banyak sekali fungsi-fungsi dari montose, adapun fungsi-fungsinya adalah sebagai berikut ini.

  • Fungsi Praktis

Fungsi praktis adalah fungsi yang ada pada sebuah benda dalam sehari-hari, hasil karya montase dapat kita gunakan sebagai salah satu dekorasi atau hiasan pada rumah kita.

  • Fungsi Edukatif

Fungsi edukatif yakni sebuah montase dapat dapat mengembangkan daya pikir, daya serap, emosi, estetika dan kreativitas kita.

  • Fungsi Ekspresi

Fungsi ekspresi yakni teknik montase yang menggunakan berbagai bahan dan tekstur, sehingga dengan begitu dapat membantu menuangkan semua ekspresi.

  • Fungsi Psikologis

Fungsi psikologis yakni ketika kita mampu menghasilkan sebuah karya dengan menuangkan semua ide, emosi hingga dapat menimbulkan rasa puas dan kesenangan, sehingga dapat mengurangi beban psikologis.

  • Fungsi Sosial

fungsi sosial yakni dengan banyaknya hasil sebuah karya yang menarik dan unik yang dihasilkan, diharapkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan dengan modal kreativitas.

Montase merupakan sebuah karya seni yang memadukan beberapa cabang dari ilmu kesenian. Seni Gambar, Seni Dekorasi, & Seni Kriya.

Teknik dan Cara Membuat Montase

teknik Membuat Montase

Adapun teknik dan cara membuat karya montase adalah sebagai berikut ini.

  • Sediakan Semua Alat dan Bahan Montase

Adapun alat dan bahannya contoh sebagai berikut :

  1. Gunting
  2. Lem perekat
  3. Buku gambar atau kertas HVS untuk menempelkan gambar
  4. Crayon atau pensil warna.
  5. Cutter
  6. majalah/tabloid
  7. Koran
  8. kalender
  • Buatlah Tema dan Konsep Gambar Montase

Buat gambar montase yang ingin Anda buat dari sumber gambar yang ada. Dan pertimbangkan juga pengaturan gambar dengan menyesuaikan penempatan setiap gambar.

Disini kreativitas dan imajinasi kalian sanagt berperan penting guna untuk menghasilkan sebuah susunan baru.

  1. Potonglah Gambar-gambar Dari Sumber Referensi Yang Ada
  2. Langkah selanjutnya perakitan Setelah Anda menentukan desain gambar.
  3. Selanjutnya gunakan gunting untuk memilih dan memotong gambar yang menarik dan cocok dari majalah atau sumber gambar lainya.
  4. Hati-hati saat memotong objek gambar agar tidak mempengaruhi kualitas gambar, Potong dan kumpulkan semua objek gambar yang ingin Anda masukkan.
  • Tempelkan Gambar-gambar Tersebut

Langkah-langkah untuk Membuat Montase Setelah objek menggambar yang dipilih, selanjutnya tempelkan gambar cut-out secara satu per satu pada posisi yang Anda tentukan dalam buku gambar atau di atas kertas.

  • Tambahkan Warna atau Arsiran

Untuk menambah nilai keindahan, Anda juga dapat menambahkan warna atau corak dengan krayon.

Dan usahaka pilih warna yang cocok dan dapat saling melengkapi, jadi tentunya warna belum tentu dapat mendominasi gambar montase, oleh sebeb itu dibutuhkan imajinasi pewarnaan yang tepat.

  • Lihatlah Hasil Karyamu

Setelah selesei, selanjutnya sebuah hasil karya montase akan dapat membentuk gambar baru dan mampu menghasilkan cerita yang baru.

Sebenarnya teknik montase tidaklah begitu sulit alias dapat dikatakan mudah. Yang harus anda lakukan hanyalah memilih, memotong, dan menempel gambar dengan tepat, hal ini guna untuk menghasilkan seri dan cerita baru saja.

Bagaimana? Sangatlah mudah bukan, dalam pembuatan montase ini. Dalam hal pembuatan karya apapun tentunya membutuhkan sebuah kreativitas, guna untuk menentuan gambar yang sesuai sehingga hasil yang didapat akan menjadi menarik.

Perbedaan Kolase, Montase dan Mozaik

Perbedaan Kolase, Montase dan Mozaik

Dari pengertian di atas kita dapat menyimpulkanya, bahwa perbedaan antara montase, kolase, dan mosaik berasal dari bahan yang dilampirkanya saja.

Untuk kolase berasal dari bahan yang berbeda jenis.

Sedangkan montase hanya memanfaatkan bahan-bahan atau gambar yang sudah jadi saja.

Sedangkan untuk mozaik yakni berupa susunan kepingan dengan jenis bahan yang sama.

“Gimana sudah faham bukan untuk perbedaan antara Kolase, Montase, dan Mozaik”

Catatan

“Montase adalah sebuah bentuk karya yang mirip dengan seni lukis, seni kriya dan seni patung, sehinggal dengan demikianlah karya montase sebagian banyak yang menganggap sebagai salah satu jenis karya yang mirip dengan seni lukis, kriya, dan seni patung”.

Bahan bahan yang bisa dibuat mozaik

Lukisan Mozaik merupakan sebuah hasil lukisan yang dibuat dengan menggunakan potongan-potongan dari berbagai jenis bahan material contoh seperti kaca kertas, batu dan bahan lainnya, hingga menjadi sebuah karya yang utuh dan indah.

Pembahasan

Fungsi Montase

Bahan dalam pembuatan lukisan mozaik dapat pula disebut dengan Tessera. Berikut adalah contoh bahan-bahan yang dapat dijadikan sebagai bahan dalam membuat lukisan mozaik, diantaranya :

  1. Kepingan keramik
  2. Kepingan kaca
  3. Kertas
  4. Biji-bijian
  5. Cangkang telur
  6. Bebatuan
  7. Kerang
  8. Daun
  9. Dan lain sebagainya.

Selain tessera, ada juga bahan lain yang dibutukanya, contoh seperti alat perekat atau lem serta alas khusus untuk tempat menyusun tessera.

Cara Membuat Montase Kelas 4 sd

Berikut adalah cara membuat montase Kelas 4 SD, untuk lebih jelasnya simak video dibawah ini.

Contoh Hasil Gambar Montase

Berikut adalah beberapa gambar hasil dari montesa yang kita buat:

1. Contoh gambar montase hewan

Contoh gambar montase hewan

Gambar montase hewan merupakan gambar yang juga termasuk penting terutama pada anak-anak Paud atau anak-anak yang masih duduk di bangk SD karena dari hal menggambar dan mewarnai akan dapat membantu mengembangkan imajinasi si anak tersebut.

Oleh sebab itulah terkadang sering kali kita sewaktu masih duduk bangku di SD sering sekali disuruh menggambar dan mewarnai tujuanya yakni untuk menggembangkan pola fikir atau imajinasi kita.

2. Gambar montase kebun binatang

Gambar montase kebun binatang

Biasanya di Sekolah-sekolah Dasar sering sekali di adakan pelajaran menggambar bahkan sampai-sampai dijadikan tugas rumah.

Karena hal ini sangatlah penting terutama untuk menggali potensi-potensi yang ada pada diri kita sekita kita masih duduk di bangku SD.

3. Contoh gambar montase pemandangan

Contoh gambar montase pemandangan

Menggambar tidak hanya hewan, dan kebun saja, tapi juga biasanya di Sekolah-sekolah Dasar diharuskan bisa menggambar pemandangan karena dalam hal ini juga termasuk penting.

Dari bisanya menggambar sebuah pemandangan, maka dari situlah kita bisa mengembangkan imajinasi menjadi lebih kuat.

Tidak hanya mengenal hewan saja, tetapi kita juga bisa mengenal pemandangan yang luas melalui gambar mozaik.

4. Contoh gambar mozaik sederhana

Contoh gambar mozaik sederhana

Gambar mozaik yang sederhana, untuk yang ini kalian dapat mebuatnya dengan mudah, kalian cukup menirukan gambar yang sudah ada.

5. Contoh gambar montase bunga

Contoh gambar montase bunga

Mengenal jenis-jenis bunga juga termasuk hal penting bagi kalian, karena dari situlah kalian akan banyak mengetahui bunga-bunga yang tentunya masing-msing berbeda dan setiap bunganya memiliki manfaat yang juga berbeda-beda.

6. Contoh gambar montase laut

Contoh gambar montase laut

Berikutnya mengenal berbagai macam hewan laut, dari adanya kegiatan mengggambar montase inilah kalian akan banyak mengetahui berbagai jenis hewan laut, dari yang mulai terunik hingga yang luar biasa, semua ada dalam dunia laut.

7. Contoh gambar montase cinta lingkungan

Contoh gambar montase cinta lingkungan

Gambar montase cinta lingkungan adalah bukti bahwa kalian telah peduli dan cinta terhadap lingkung sekitar. Dalam hal ini kalian juga dapat memperpajangkan hasil montase kalian di tempat-tempat tertentu seperti pada dinding rumahmu.

8. Contoh gambar montase pemandangan gunung

Contoh gambar montase pemandangan gunung

Montase gambar gunung adalah gambaran yang mengisahkan kehidupan tentang kesehari-harian orang gunung terhadap suasana dan lingkungan sekitar.

9. Contoh gambar montase pemandangan pantai

Contoh gambar montase pemandangan pantai

Montase pemandangan pantai merupakan gambaran suasana indahnya dipantai, terutama ketika menjelang sore hari maka pantai akan dapat berubah dan bisa memberikan seribu nikmat pemandangan pantai yang penuh ekstrim.

10. Gambar montase masjid

Gambar montase masjid

Montase gambar masjid merupakan gambaran yang mengisahkan tentang rajinya setiap orang muslim dalam melaksanakan ibadahnya terhadap sang pencipta.

Video Cara Membuat Montase

berikut adalah cara membuat montase dengan mudah dan cepat, untuk lebih detailnya anda dapat menyimak dan menirukanya sesuai dengan tutorial video pada di bawah ini.

Gambar Montase Dari Koran Bekas

Membuat kerajinan montase, ada banyak sekali bahan yang dapat kita gunakan, bahan yang digunkanya dapat berbagai jenis mulai dari koran bekas, majalah, dan gambar-bambar lainya.

Jadi untuk anda jika ingin mencoba membuatnya, tidak perlu susah-susah mencari bahan karena anda hanya perlu memanfaat barang yang tidak terpakai dalam rumah anda saja.

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat montase beserta contoh-contohnya. Tidak sulit jika kalian mempraktikkannya dan selalu berusaha.

Teruslah berlatih dan semangat ya. Semoga bermanfaat dan sukses, Terima Kasih.

Tags :

Bagikan Artikel