Cara Mudah Membuat Latte Art Ala Barista Profesional

Dipublikasikan oleh Kartika Laksita ∙ 17 December 2019 ∙ 8 menit membaca

Halo pecinta kopi latte, kembali lagi di blog masnid. Kali ini akan berbicara tentang cara membuat latte art bagi kamu yang sedang belajar menjadi barista profesional.

Santai di kedai kopi dengan menikmati kopi latte art, menjadi salah satu pilihan yang tepat pada waktu longgar. Apalagi sambil menikmati senja sore hari dengan orang kita cinta, tapi itu hanya bayangan saja, hehe.

Tapi pernah tidak, saat waktu santai tersebut kamu berpikir, cara untuk bisa membuat kopi latte art sendiri?

Jika iya, sangat cocok sekali kamu membaca artikel ini. Semua langkah pembuatan kopi latte art akan terungkap disini.

Mau tahu cara membuat latte art dengan mudah? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Latte Art?

Apa Itu Latte Art

Jika kamu biasanya menggambar dengan menggunakan kertas sebagai bahan dasarnya atau menggunakan software desain grafis, beda lagi dengan kesenian yang satu ini.

Iya benar, latte art. Apa itu latte art? Latte art merupakan kesenian kopi dengan membuat desain atau membentuk pola tertentu di atasnya.

Yang dimana cara pembuatan dari latte art ini menuangkan susu panas ke dalam cangkir yang sudah ada kopi espresso. Setelah itu, mulailah dibentuk pola dengan alat khusus yang sudah tersedia.

Kopi yang digambar di atas dengan pola yang diinginkan, tentunya memerlukan racikan yang pas, dengan tujuan apa? Agar bisa membentuk foam sebagai media gambar.

Tidak hanya itu saja, kamu juga harus memperhatikan timing yang tepat saat akan menggambar di atas foam.

Cara Membuat Latte Art

Cara Membuat Latte Art

Masuk ke pembahasan inti, yaitu cara membuat latte art. Dalam membuat latte art dengan peralatan yang sederhana, kamu bisa menyajikan latte yang berkualitas dan tidak akan kalah dengan barista yang ada di kafe-kafe.

Mungkin sebagian orang menganggap, bahwa mesin espresso mempunyai harga yang mahal. Dengan begitu pecinta latte atau para barista pemula sulit untuk membuat karya dalam kopi.

Tapi dengan mahalnya mesin espresso, bukan berarti kamu para barista pemula atau pecinta latte tidak bisa untuk mengkresikan karyanya.

Kamu pecinta latte bisa memanfaatkan peralatan yang ada di rumah, jadi lebih hemat bukan?

Nah, untuk membuat sajian secangkir kopi atau coffee latte dan cappucino itu sangatlah mudah. Selain itu, kamu juga bisa membuat latte ini di rumah dan tidak perlu pergi lagi ke kafe.

Alat dan Bahan Membuat Latte Art

Alat dan Bahan Membuat Latte Art

Dalam membuat latte art, harus ada alat dan bahan. Lalu apa saja alat dan bahan yang harus diperlukan ketika membuat latte art?

Berikut alat dalam membuat latte art:

  • Cangkir kopi
  • Termos stainless steel
  • Aerolatte
  • Minipresso / handpresso / rok presso atau alat kopi lainnya
  • Microwave

Sedangkan untuk bahan yang diperlukan membuat latte art adalah:

  • Susu 2% atau nonfat
  • Cocoa butter atau coklat bubuk
  • Espresso

Cara Membuat Kopi Espresso

Cara Membuat Kopi Espresso

Langkah awal untuk membuat latte art yaitu dengan membuat kopi espresso terlebih dahulu. Kamu bisa membuat kopi dengan peralatan kopi atau coffee latte dengan cara membeli secara online atau di mall.

Dengan begitu, akan menghemat biaya dan bisa menghasilkan racikan yang terbaik, meskipun tidak dengan mesin kopi yang sebenarnya.

Nah, untuk mendapatkan racikan kopi espresso itu sebenarnya mudah sekali. Kamu hanya memastikan, bahwa ada alat-alat membuat kopi di rumah.

Seperti alat minipresso, handpresso atau rok presso, dengan bantuan alat tersebut akan menghasilkan sajian espresso yang hampir mirip layaknya mesin espresso sesungguhnya.

Untuk alat alternatif lainnya, kamu bisa memanfaatkan aeropress sebagai pengganti mesin espresso.

Nah, pada saat membuat kopi espresso, jangan lupa untuk menambah dosis kopi, untuk apa? Agar bisa menghasilkan rasa kopi yang lebih kuat.

Cara Membuat Steamed dan Foam Susu Latte

Cara Membuat Steamed dan Foam Susu Latte

Setelah membuat kopi espresso dengan alat yang sederhana, langkah selanjutnya yaitu membuat steamed dan foam susu lattenya. Bagaimana caranya?

Sangat sederhana sekali, aeropress bisa kamu gunakan untuk membuat steamed dan foam susu sebagai bahan utama kopi latte juga cappucino.

Jika tidak punya alat kopi apapun, kamu tidak perlu repot-repot mencari kesana-kesini untuk menggunakan alat pembuat kopi. Mengapa demikian? Karena membuat foam susu tidak sesusah dengan apa yang kamu bayangkan.

Mau tahu langkah-langkahnya? Pelajari benar-benar cara berikut ini:

  • Langkah pertama yaitu dengan cara menuangkan susu ke dalam termos stainless steel, lalu tutup secara rapat.
  • Kemudian kocok termos tersebut dengan cepat dengan waktu selama 1 menit. Lakukan langkah ini secara berulang kali, sampai susu terlihat berbusa.
  • Setelah dikocok, buka penutup termos lalu masukkan ke dalam microwave. Saat itu, tunggu sampai 30 detik, agar susu berubah menjadi foam yang kita inginkan.
  • Langkah terakhir, foam susu siap untuk diracik.

Cara Membuat Latte Art

Cara Membuat Latte Art dan Cappucino

Kopi espresso dan foam susu telah dibuat, langkah terakhir yaitu cara membuat latte art. Apa saja langkah untuk membuat latte art? Simak caranya berikut ini:

  • Pertama yaitu siapkan cangkir kopi yang kamu sukai.
  • Selanjutnya, tuangkan kopi espresso yang tadi ke dalam cangkir secukupnya dan jangan penuh-penuh.
  • Kemudian foam susu yang ada di microwave tadi keluarkan, lalu tuangkan ke dalam cangkir sampai penuh, tapi jangan sampai luber.
  • Nah, ketika menuangkan susu ke dalam kopi espresso jarak antara cangkir kopi espresso dan cangkir susu harus dekat, agar susu menjadi foam dan bisa melapisi bagian atas espresso.
  • Gunakan latte art pen sebagai alat bantu untuk melukis foam.
  • Latte art siap disajikan dan siap upload di sosmed.

Tips Membuat Latte Art

Tips Membuat Latte Art

Membuat latte art bukalah hal yang mudah, tapi bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya.

Nah, bagi kamu yang masih kesulitan dalam membuat coffee latte art, kamu bisa menggunakan tips sederhana yang bisa diterapkan saat menggambar latte. Berikut tipsnya:

  1. Gunakan susu segar untuk bisa menghasilkan foam yang halus dan tentunya bagus.
  2. Saat membuat susu, tekanan panas saat uap susu tidak boleh terlalu rendah dan juga tinggi, agar foam yang dihasilkan pas.
  3. Kopi espresso juga jangan terlalu cair, agar bisa membuat lapisan foam susu di atas kopi tersebut.
  4. Paham dengan teknik frothing susu.
  5. Latihan saat menuangkan foam susu di atas kopi espresso, agar bisa membuat desain latte art yang menarik.
  6. Jangan takut untuk melakukan kesalahan dan mulailah percobaan selanjutnya.

Inspirasi Desain Latte Art

Inspirasi Desain Latte Art

Bentuk dasar dari latte art itu sebenarnya ada 3, yaitu bentuk tulip, hati dan bunga rosetta. Nah, ketiga bentuk tersebut perlu kamu ketahui sebagai pecinta latte art, agar bisa menguasai teknik dasar saat menggambar di dalam cangkir.

Namun dari ketiga bentuk tersebut, ada bentuk yang paling sederhana dan tidak memerlukan banyak lekukan, yaitu bentuk hati, dan ini sangat cocok bagi kamu yang masih pemula.

Selain bentuk ketiga tersebut, para barista dan seniman latte membuat kreasi dan bereksperimen untuk membuat inovasi desain baru dari latte art ini.

Nah, apa saja desain latte art yang bisa menginspirasi kamu? Jawabannya ada di bawah ini.

Tulip

cara membuat latte art - Tulip

Pertama yaitu dengan bentuk tulip, merupakan bentuk dasar yang bisa kamu terapkan ke dalam latte art. Lukisan bunga dalam latte ini terlihat cantik dan cocok bagi kamu jika belajar membuat bentuk ini ke dalam latte art.

Hati

Hati

Meskipun kamu pemula dalam dunia latte art, jangan takut untuk menggambar latte. Karena selain bentuk tulip, kamu bisa mencoba bentuk hati ini, mengapa demikian? Karena bentuk ini tingkat kerumitannya masih terbilang rendah daripada bentuk lainnya.

Bunga Rosetta

Bunga Rosetta

Sangat cantik bukan? Tapi dengan menggambar dengan bentuk seperti yang di atas masih tegolong sulit, karena banyak lekukan yang menyerupai rosetta itu sendiri.

Maka dari itu, jika kamu ingin membentuk bunga rosetta, kamu harus tahu dulu dimana posisi ternyaman saat menuangkan foam susu ke atas espresso.

Hamtaro

Hamtaro

Selain bentuk ketiga di atas, kamu juga bisa melukis hamtaro si hamster lucu ini di dalam foam susu.

Kamu tahu siapa pembuat latte art dengan bentuk hamtaro ini? Lee Kang Bin adalah seorang barista dan pemilik kedai kopi di Korea Selatan yang menekuni seni latte sampai membuat desain seperti ini.

The Starry Night

The Starry Night

Sangat menarik sekali bukan! Lukisan The Starry Night ini merupakan karya dari Vincent van Gogh yang bisa dilukis di atas latte art.

Perlu kamu ketahui juga, bahwa pelukis dari karya ini masih Lee Kang Bin, beliau menggunakan cat air atau campuran warna makanan dan sirup, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Penutup

Itulah cara membuat latte art dengan alat yang sederhana, dan bisa kamu praktekkan di rumah. Bagi pecinta kopi atau para barista yang menyukai seni latte, sering-sering membaca tentang perbedaan kopi arabika dan robusta dan jangan pernah bosan untuk berkarya dalam melukis kopi latte.

Mengapa demikian? Karena bisa jadi dengan kamu mengasah keahlian dalam bidang tersebut, kamu bisa membuka kedai kopi sendiri.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi kamu pecinta kopi latte. Jangan lupa untuk like dan share artikel ini, agar bisa mengetahui berita terupdate dari blog ini.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Rekomendasi & Tips Membuat Ukuran Meja Dapur Ideal

Ukuran meja dapur ideal akan memudahkan mobilitas dan aktivitas. Khususnya pada dapur yang memiliki

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Rekomendasi Sekat Dapur Minimalis Cantik & Murah Meriah

Sekat dapur minimalis tak harus menggunakan bahan-bahan mahal. Pemilihan desain dan materialnya mam

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Ide Desain Dapur Kering & Tips Penataannya

Dapur kering secara perawatannya tidak perlu dibersihkan setiap hari. Pins hanya butuh mengelapnya

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur 7 Peralatan Elektronik Yang Sebaiknya Ada Di Dapur Kantor

Banyak perusahaan saat ini menyediakan dapur kantor untuk karyawan. Dapur ini lebih sering disebut

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Tips Memilih Gorden Dapur Estetik & Berkualitas

Gorden dapur sering digunakan untuk menutupi kolong kabinet. Tujuannya menutupi ruang penyimpanan y

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia