Tata Cara Membuat Kliping yang Bagus Secara Cepat

Dipublikasikan oleh Cahyadi Nugraha dan Diperbarui oleh Achlisia Putri ∙ August 10, 2022 ∙ 4 menit membaca

Cara Membuat Kliping – Bagi kamu yang lahir di era 90-an pasti sudah tidak asing lagi dengan kliping. Yups, aktivitas mengunting atau memotong bagian tertentu dari media cetak ini sering dijadikan tugas bagi siswa SMA. Contoh sumber informasi kliping bisa berupa koran, tabloid, majalah, dan buku.

Kliping biasanya dibuat berdasarkan kesukaan dari pembuatnya. Informasi yang didapat dari beberapa media cetak digunting dan digabungkan menjadi satu menjadi kumpulan informasi yang disusun dengan baik. Kliping bisa menjadi sumber informasi baru yang lebih mudah dipahami dari pada media informasi lain.

Kliping biasanya dibuat berdasarkan tema tertentu, contohnya bila temanya tentang olahraga maka informasi yang dikumpulkan juga menyangkut tentang olahraga. Informasi yang dikumpulkan juga harus saling berkaitan sehingga dalam satu kliping menjadi informasi yang lengkap dan akurat.

Teknik Membuat Kliping

Contoh Kliping
Contoh Kliping – instructables.com

Meskipun kliping menjadi bisa dijadikan sumber informasi tetapi penggunaannya belum bisa dimaksimalkan seperti sumber informasi lain seperti buku dll. Hal ini karena kliping biasanya hanya membahas satu tema tertentu saja. Oleh karena itu kliping biasanya dijadikan sumber informasi tentang hal-hal yang spesifik.

Karena hal itulah membuat kliping juga harus dilakukan dengan baik, agar informasi yang dilakukan akurat dan tersusun dengan baik. Cara mmembuat kliping sendiri bisa dilakukan dengan dua teknik berikut ini.

Sistem Ordner

Sistem ini merupakan teknis pembuatan kliping dalam satu baudle kliping terdapat satu tema dengan mengabaikan tanggal, judul, dan sumber berita seperti koran, majalah, atau bahan sumber berita lainnya. Contoh kliping yang dibuat dengan sistem ordner yakni kliping yang membahas tema khusu seperti olahraga, seni, beladiri, musik, dan lain sebagainya.

Sistem Exive

Cara membuat kliping dengan sistem exive merupakan cara yang berkebalikan dengan cara sebelumnya. Cara membyat kliping dengan teknik ini menitikberatkan pada bahan yang digunakan (tabloid, majalah, surat kabar, dll) secara kronologis dalam jangka waktu tertentu.

Contoh kliping dengan teknik ini adalah membuat kliping dengan bahan majalah yang terbit pada tahun 2016 saja. Tujuan dari pembuatan kliping ini tentu saja untuk mempermudah melacak suatu informasi dalam suatu waktu tertentu.

Cara Membuat Kliping dengan Baik dan Benar

Cara Membuat Kliping
Kliping – pixabay.com

Untuk membuat kliping yang bai tidaklah terlalu sulit. Kliping yang dibuat dari sumber informasi terpercaya bisa dijadikan sumber inpirasi bagi pembacanya.  Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah kliping merupakan bagian dari karya seni oleh karena pembuatannya harus dilakukan dengan baik sehingga enak dilihat oleh pembaca.

Agar kliping yang dibuat tidak asal-asalan tentu diperlukan sebuah perencanaan dalam pembuatannya. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan ketika menyusun sebuah kliping.

Tentukan Tema Kliping yang Akan Dibuat

Agar mudah dalam menentukan informasi yang akan dikumpulkan hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan tema kliping yang akan dibuat. Ambilah tema yang sedang populer ataupun tema yang kamu sukai seperti olahraga, berita politik, musik, dan juga ilmu pengetahuan.

Dengan adanya tema akan membuat kamu lebih fokus dalam membuat dan menyusun kliping. Hal ini akan mempercepat pekerjaan kamu.

Cari Sumber Infromasi yang Berkaitan dengan Tema

Langkah kedua setelah menentukan tema yakni mengumpulkan berbagai informasi yang berkaitan dengan tema yang akan dibuat. Kamu bisa mengambil informasi dari berbagai sumber informasi seperti majalah, surat kabar, tabloid ataupun buku.

Usahakan dalam mengambil informasi untuk memilih hanya informasi yang akurat bukan informasi yang masih berupa dugaan dll. Hal ini untuk meningkatkan kepercayaan pembaca pada kebenaran informasi yang disampaikan di dalam kliping.

Mulai Menyusun Informasi

Setelah mendapatkan berbagai sumber informasi langkah selanjutnya adalah memotong atau menggunting informasi yang akan dijadikan kliping. Jangan lupa ketika menggunting informasi tersebut untuk menyertakan tanggal dan sumber dari informasi yang diambil.

Setelah informasi yang diperlukan dirasa cukup maka langkah selanjutnya adalah menyusun informasi tersebut ke dalam sebuah kertas. Gunakan kertas dengan ketebalan baik, tidak mudah kusut, dan ukuran yang cukup besar.

Tempelkan potongan informasi tersebut ke kertas atau buku yang sudah disiapkan sebelumnya. Akan lebih baik bila informasi yang didapatkan disusun dengan sistematis berdasarkan peristiwa, dan tanggal terbit. Berikan hiasan warna-warna di sekitar, agar kliping terlihat lebih menarik.

Berikan Sampul dan Daftar Isi

Dengan memberikan sampul atau cover yang menarik akan menarik minat orang untuk membaca kliping yang kamu buat. Hal tersebut karena bagian sampul merupakan bagian pertama yang dilihat oleh pembaca, semakin manarik sampul yang dibuat semakin besar peluang pembaca untuk membaca kliping tersebut.

Memberikan nomor halaman dan daftar isi pada kliping juga sangat penting. Hal ini memudahkan pembaca untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan. Selain itu dengan membuat daftar isi, tentu akan menambah poin plus dari kliping yang kamu buat.

Cukup sekian dulu ya tutorial cara membuat kliping, semoga sedikit informasi tersebut bisa memberikan manfaat. Bagi kamu yang menyukai karya tulis bisa membaca artikel menarik lainnya pada lama karya tulis.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 10 Aplikasi Menghapus Watermark Pada Foto dan Video

Ada banyak aplikasi menghapus watermark untuk menghapus atau menghilangkan watermark dari foto dan

Properti
Properti Apa Itu Kota Mandiri? Ini 5 Rekomendasi Perumahan di Kota Mandiri

Untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat akan hunian yang nyaman, tidak hanya dinilai dari

Gadget
Gadget 5 Cara Cek Baterai Health Samsung dengan Cepat

Sejak beberapa tahun terakhir, Samsung membekali gawai rilisan terbarunya dengan kapasitas yang bes

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Oppo 3 Jutaan

Mengumpulkan uang berjumlah Rp4 jutaan untuk membeli handphone memang terasa banyak dan berat. Deng

Gadget
Gadget 8 Cara Reset HP Xiaomi Semua Tipe Secara Otodidak

Sebagai salah satu brand gawai pintar ternama di dunia, produk dari Xiaomi juga tak luput dari erro

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia