Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah yang Alami dan Aman

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra ∙ 15 June 2021 ∙ 5 menit membaca

Saat ini, tangan menjadi anggota tubuh nomor satu yang selalu diperhatikan. Baik telapak dan punggung tangan menjadi salah satu bagian dengan intensitas kontak berlebih yang dapat menularkan virus di dalamnya.

Pinhome – Tidak heran protokol kesehatan menghimbau untuk selalu mencuci tangan setiap saat dimanapun. Bila memang tidak ada air di sekitar, ada cara preventif lainnya yaitu penggunaan hand sanitizer. Cairan ini sebenarnya bisa dibuat sendiri dengan ketentuan yang benar! Agar lebih hemat simak yuk cara membuat hand sanitizer sendiri yang aman di bawah ini!

Baca Juga: Hati-Hati, Hand Sanitizer Ternyata Bisa Jadi Berbahaya Juga Lho!

 cara membuat hand sanitizer
(Unsplash)

Baca Juga: Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Badan Agar Tetap Sehat?

Pandemi mengharuskan kita untuk bertindak lebih disiplin dalam hal kesehatan diri dan juga orang lain dengan tujuan kepentingan bersama. Pemakaian masker dalam keseharian saat keluar rumah, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas di luar rumah sampai mencuci tangan setiap saat. Hal tersebut menjadi kegiatan yang sudah melekat dengan kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya penggunaan sanitizer. Hand sanitizer yang digadang menjadi pengganti air bersih memang tidak disarankan digunakan secara terus menerus. Penggunaan air mengalir dengan sabun tetap menjadi cara terbaik untuk menghilangkan kuman. Namun, bila memang dalam keadaan mendesak ada baiknya Pins mengetahui cara membuat hand sanitizer sendiri yang aman.

Pinhome akan menyajikan informasi mengenai cara membuat hand sanitizer alami yang aman dan telah sesuai aturan, seperti apa? Simak yuk ulasannya terlampir.

Fungsi dan Cara Penggunaan Hand Sanitizer yang Benar

Sebelum Pinhome mengajak kamu untuk mengetahui cara buat hand sanitizer mandiri, ada baiknya Pins mengetahui fungsi dan cara penggunaannya yang benar. Kesalahan dalam penggunaan hand sanitizer juga dapat membahayakan kulit lho Pins! 

Fungsi Hand Sanitizer

Penyanitasi tangan atau biasa disebut dengan hand sanitizer kini menjadi laku di pasaran. Tidak heran, hal tersebut dikarenakan barang ini menjadi salah satu bahan yang dapat menggantikan cuci tangan dengan air secara sementara. Digadang menjadi penghilang bakteri yang menempel pada tangan, hand sanitizer juga terbukti efektif praktis digunakan dimanapun. Saat menggunakannya, Pins tidak perlu lagi membilas dengan air.

Selain memang bekerja membunuh virus, ternyata fungsi hand sanitizer itu ada banyak lho Pins! Lima diantaranya adalah dapat membersihkan kacamata, membersihkan bekas stiker yang menempel, deodorant ketiak darurat, menghapus noda pada kain sebelum dicuci dan juga membersihkan layar.

Cara Penggunaan Hand Sanitizer

 cara membuat hand sanitizer
(Unsplash)

Tersedianya berbagai merek hand sanitizer di pasaran membuat kamu menjadi mempunyai banyak pilihan dalam kepemilikan cairan ini. Kamu pun juga harus mengetahui tindak darurat untuk cara buat hand sanitizer secara mandiri. Hal yang terpenting adalah usahakan untuk selalu sesuaikan dengan jenis kulit agar tidak menimbulkan alergi ataupun membuat kulit menjadi sangat kering akibat pemakaian yang berlebihan. Terlampir penggunaan hand sanitizer yang benar:

  • Tuangkan hand sanitizer gel maupun semprotkan untuk sanitizer cair pada tangan secukupnya.
  • Gosokan kepada kedua tangan secara menyeluruh termasuk pada sela-sela jari jemari.
  • Diamkan sampai mengering, barulah kamu beraktivitas kembali.
  • Hindari dari jangkauan mata.
  • Simpanlah di tempat yang aman dari jangkauan api. Hal tersebut dikarenakan sanitizer mengandung cairan etanol yang dapat menimbulkan potensi kebakaran bila tidak diletakan dengan baik. Dengan adanya hal tersebut pula, penggunaannya harus benar-benar kering.

Bahan-Bahan yang Diperlukan untuk Pembuatan Hand Sanitizer Alami

 cara membuat hand sanitizer
(Unsplash)

Alkohol 70% terbukti membunuh kuman, bahan tersebut dapat menghilangkan jamur dan bakteri pada kulit. Tidak heran banyak digunakan untuk membersihkan luka yang ditimbulkan dari kecelakaan kecil. Namun, untuk hand sanitizer sendiri paling tidak alkohol yang terkandung adalah 90% karena akan berkurang seiring dengan penambahan bahan lainnya. Jadi, apa saja yang perlu disiapkan untuk cara membuat hand sanitizer alami?

  • Alkohol dengan kandungan 90%
  • Ekstrak lidah buaya atau cairan aloe vera
  • Sarung tangan
  • Wadah untuk mencampur
  • Tempat hand sanitizer
  • Essential oil sebagai pengharum tangan
  • Sendok dan corong plastik

Bahan-bahan di atas dilansir dari Healthline sebagai referensi cara membuat hand sanitizer alami untuk kamu. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan keadaan sekitar dan jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan ya!

Cara Membuat Hand Sanitizer Alami

  • Setelah Pins menyiapkan bahan-bahan yang telah disebutkan di atas dan memperhatikan keadaan sekitar, kini saatnya kamu mulai meramunya.
  • Meja yang dipakai untuk mencampur bahan-bahan, usahakan dalam keadaan bersih.
  • Cuci tangan kamu menggunakan air mengalir dan sabun.
  • Aduk bahan-bahan cara buat hand sanitizer yang telah disebutkan dan usahakan menggunakan sendok dan wadah yang bersih.
  • Selain itu, pastikan alkohol bertekstur tidak terlalu encer.
  • Setelahnya, mulai campur bahan-bahan dengan perbandingan 2:1 untuk alkohol dan lidah buaya dalam wadah yang telah disediakan.
  • Campurkan beberapa tetes essential oil favoritmu, dan hand sanitizer milikmu siap dipakai.
  • Selalu ingat kembali untuk tidak menggunakan tangan saat mencampur bahan karena cairan akan terkontaminasi.

Untuk skala yang cukup besar, kamu dapat mengacu kepada WHO untuk cara buat hand sanitizer di rumah. Walau memang lebih rumit dalam segi bahan, tetapi cara ini bisa menjadi alternatif pengganti hand sanitizer bila memang terjadi kelangkaan. Bahan-bahan di bawah ini dapat kamu temukan di apotik terdekat maupun toko kecantikan. Ada dua formula yang dikeluarkan untuk membuat hand sanitizer secara mandiri, formula pertama membutuhkan:

  • Ethanol 96%
  • Hydrogen Peroxide 3%
  • Glycerol 98%
  • Air dingin hasil rebusan atau destilasi steril, yaitu air yang tidak tercemar

Formula kedua:

  • Isopropyl alcohol 99.8%
  • Hydrogen Peroxide 3%
  • Glycerol 98%
  • Air dingin hasil rebusan atau destilasi steril, yaitu air yang tidak tercemar

Jadi bagaimana Pins? Cara membuat hand sanitizer sendiri di rumah tidak rumit bukan? Kamu bisa menggunakan formula di atas untuk keadaan genting maupun tidak tersedianya hand sanitizer di pasaran. Namun tetap ada baiknya selalu membeli hand sanitizer di toko dengan merek terpercaya yang memang sudah di formula khusus agar tidak terjadi kesalahan. Selain itu, jangan lupa untuk selalu utamakan mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir dimanapun Pins berada ya! 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Salsa

Editor: Iko

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Terbaru! Harga Paving Block per M2 dan Jasa Pemasangannya!

Paving block merupakan suatu material bangunan yang terbuat dari campuran semen portland atau mater

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Alat Potong Keramik Manual Terbaik

Alat Potong keramik terbagi menjadi dua yaitu manual dan otomatis atau yang lebih dikenal dengan al

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Harga dan Motif Keramik Dinding Kamar Mandi 25x40

Keramik dinding kamar mandi ukuran 25x40 cm adalah yang biasa dipakai. Tapi ada cara tersendiri unt

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia