BlogLifestyleHobiMudah! DIY Cara Membuat Gantungan Kunci Unik
0
0

Mudah! DIY Cara Membuat Gantungan Kunci Unik

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Apr 7, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
cara membuat gantungan kunci uniktop-right-banner

Kunci yang memiliki peranan cukup penting dalam kegiatan sehari-hari manusia memerlukan penanda sebagai pengingat. Penanda tersebut dapat berupa gantungan kunci yang mempermudah dalam pencarian. Baik dimasukan dalam tas, diletakan di rumah, maupun kehilangan harus memiliki pertanda agar kunci tersebut dikenali. Sebenarnya bisakah kamu membuat gantungan kunci sendiri? Cara membuat gantungan kunci unik dan tidak ada duanya bisa Pins buat dengan mudah lho!

Pinhome – Untuk membuat sebuah penanda pada kunci memang ada baiknya memiliki ciri khas yang unik. Hal ini dapat mewakilkan identitas dari kepemilikannya. Maka dari itu tidak heran beberapa kunci pun menyantumkan identitas pemilik seperti nomor telepon dan nama yang dicantumkan. Nah, untuk itu beberapa ide menarik di bawah ini bisa Pins ikuti untuk membuat karya gantungan kunci sendiri. Cara membuat gantungan kunci unik ini mudah dan tentunya dengan bahan yang cukup terjangkau.

Baca Juga: 10 Contoh Kerajinan Tangan dari Sedotan yang Mudah Dibuat

Cara Membuat Gantungan Kunci Unik dari Aklirik

Source : Carver Junk Company

Cara buat gantungan kunci pertama adalah dengan menggunakan bahan aklirik. Kini aklirik sudah banyak dijual dipasaran dengan ukuran beragam. Pins hanya perlu sedikit bahan untuk memulainya. Kreasi gantungan kunci satu ini sangat cocok untuk Pins yang cenderung pelupa ataupun memerlukan banyak informasi terkait dengan kunci. 

Pins hanya perlu membolongi alklirik untuk dikaitkan ke ring gantungan kunci dan potong aklirik menggunakan cutter sesuai selera. Hal ini bila aklirik belum sesuai dengan ukuran yang Pins suka. Carilah aklirik yang tipis agar mudah dalam pemotongan. Selanjutnya, gunakan spidol permanen untuk menghias aklirik. Semakin banyak warna akan semakin menarik.

Gantungan Kunci dari Kain Bekas

Source : My So Called Crafity Life

Jangan buru-buru membuang baju yang sudah kekecilan atau beberapa kain yang tidak terpakai. Kain tersebut dapat dibuat menjadi kreasi gantungan kunci. Cara buat gantungan kunci dengan kain pun cenderung mudah dan tentunya memerlukan keahlian dasar dalam menjahit. Untuk cara paling sederhana adalah dengan memotong dua tipe kain berbeda sesuai ukuran yang telah Pins inginkan. Jahit membentuk pergelangan tangan layaknya menyerupai gelang dan kaitkan kepada gantungan kunci. Kamu bisa menggunakan warna salem yang lembut untuk membuat gantungan kuncimu semakin menarik.

Gantungan Kunci dari Pita Warna-Warni

Source : The Idea King

Ring gantungan kunci adalah barang pertama yang harus Pins punya. Barang satu ini menjadi kunci utama dalam membuat gantungan kunci. Modelnya bisa dipilih dan tersedia dengan material yang beragam. Selanjutnya siapkan pita dan gunting. Cara buat gantungan kunci dari pita sederhana juga mudah dilakukan kok Pins! Bila dirasa contoh pada gambar di atas menyulitkan, Pins bisa membeli pita dengan warna dan bentuk beragam, kemudian ikat jadi satu kesatuan dengan tali kecil. Selanjutnya kaitkan pada ring gantungan, seketika kreasi gantungan kunci unik milik Pins sudah jadi.

Cara Membuat Gantungan Kunci Unik dari Manik-Manik

cara membuat gantungan kunci unik
Source : Pinterest

Untuk Pins yang suka dengan aksesoris mencolok, Pins bisa membuat kreasi gantungan kunci dari manik-manik. Manik-manik yang dijual dipasaran pun kini kian beragam dan tentunya sangat unik. Hal yang paling penting adalah menyiapkan pengait gantungan kunci, tali manik-manik transparan dan manik-manik itu sendiri. Pins bisa menggunakan tang untuk mengencangkan bagian manik-manik ya! Lihat pada contoh gantungan kunci di atas, cukup menarik bukan?

Gantungan Kunci Bahan Kayu

cara membuat gantungan kunci unik
Source : Bukalapak

Untuk bahan satu ini tentunya tidak asing lagi. Beberapa sisa kayu di ruma bisa Pins buat menarik. Kamu hanya perlu memotongnya sesuai dengan bentuk yang diinginkan dan lapisi dengan cat kayu atau cat warna lainnya sesuai selera. Untuk bentuk mudah, Pins bisa membentuk kreasi gantungan kunci dengan bentuk hati, bintang maupun persegi atau segitiga. Setelahnya Pins hanya tinggal hias sesuai dengan apa yang ingin Pins cantumkan. Pins bisa mencantumkan keterangan nama maupun keterangan dari kunci tersebut. Setelahnya tinggal dibuat pembolong pada bagian atas agar dapat diakitkan ke ring gantungan kunci. Cukup mudah bukan?

Macrame yang Manis dan Cantik

cara membuat gantungan kunci unik
Source : Think Make Share

Seni makrame merupakan salah satu kerajinan tangan dalam membuat suatu anyaman dari tali atau kain. Sifatnya yang cukup unik dan menarik membuatnya cocok sebagai dekorasi dalam hunian, seperti pajangan maupun aksesoris. Cara buat gantungan kunci dengan teknik makrame pun tergolong mudah Pins. Untuk kamu yang pemula, kamu bisa menyiapakan bahan tali yang kuat, gunting, dan pengait gantungan kunci. Caranya sebagai berikut:

  • Siapkan 4 tali dengn simpul dan masukan pada pengait gantungan kunci yang telah disediakan. Untuk gantungan kunci makrame, ada baiknya pengait dibuat lebih besar. Semakin banyak tali yang digunakan, hasil makrame akan semakin besar.
  • Ikat dengan anyaman sesuai kemampuan, atau bisa dengan menggunakan teknik mengepang rambut. Kini pun sudah banyak tutorial untuk membuat simpul yang mudah.
  • Setelahnya tinggal tambahkan beberapa pemanis, seperti tali warna warni atau manik dengan huruf nama dan simpul mati pada bagian akhir.

Baca Juga: Pilihan Kerajinan dari Bahan Serat Alam adalah Sebagai Berikut!

Itulah beberapa ide menarik cara membuat gantungan kunci unik dengan cara kreatif. Semua bisa Pins modifikasi dan tentunya sesuai kemampuan. Tidak perlu memaksakan hasil terbaik, karena semua perlu proses pembelajaran. Selamat mencoba!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Tamaruma di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download