BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Cara Membuat Denah Rumah Tinggal
0
0

7 Cara Membuat Denah Rumah Tinggal

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Nov 14, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Denah rumah memiliki fungsi sebagai penunjuk posisi setiap ruangan dalam bangunan. Cara membuat denah rumah perlu ketelitian dan pengukuran yang tepat. Tujuannya agar penataan ruangan sesuai yang kamu inginkan mulai dari lantai, posisi ruangan hingga furnitur yang akan diletakan.

Pada perumahan biasanya sudah dipertimbangkan betul denah rumah yang akan dibangun. Termasuk rumah bekas di Mojokerto hingga perumahan baru di Kabupaten Bekasi seperti Mutiara Gading City. Gunakan aplikasi Pinhome untuk menemukan Rumah Ekslusif yang sesuai dengan denah rumahmu atau lokasinya terkenal strategis seperti di sekitar pasar modern BSD.

Langkah Membuat Denah Rumah

Cara membuat denah rumah sederhana dimulai dengan mengumpulkan berbagai referensi. Kamu bisa membaca majalah arsitektur dan desain atau berselancar di internet. Selanjutnya ikuti cara membuat denah rumah sebagai berikut!

1. Pilih Model Rumah

Source : Pxhere

Setelah mengumpulkan berbagai informasi seputar arsitektur lanjutkan dengan pemilihan model hunian. Apakah ingin membangun rumah berlantai satu atau lebih. Apabila memilih membangun rumah sederhana 1 lantai bisa menggabungkan semua ruangan dalam 1 layout.

Berbeda dengan denah rumah 2 lantai yang harus memiliki 2 layout. Begitu pula dengan rumah 3 lantai dan seterusnya. layout lantai atas dan bawah akan digambar secara terpisah.

Jika kamu ingin membangun hunian bertingkat secara bertahap maka sebaiknya menggunakan model atap datar. Jenis atap seperti ini mudah untuk menambah lantai tanpa harus membongkar keseluruhan atapnya.

Baca juga: 

2. Pelajari Kebutuhan Ruangan

Source : Pexels

Riset kebutuhan tiap ruang penting agar setiap ruangan sesuai tanpa adanya gangguan. Dengan membuat daftar aktivitas akan semakin mudah menentukan jumlah kebutuhan ruangan. Misalnya jika hobi memasak maka baiknya desain dapur yang nyaman dan lega serta memiliki banyak bukaan agar sirkulasi udara berjalan lancar.

Pelajari setiap ruangan dan kebutuhannya misalnya kamar tidur utama membutuhkan ruangan yang lebih besar daripada kamar lainnya. Berapa luas kamar mandi yang diperlukan untuk menempatkan shower atau bathtub. Apakah hunian tersebut membutuhkan garasi, jika iya seberapa luas ruangan yang dibutuhkan untuk menampung kendaraan yang ada.

3. Ukur Lahan dan Ruangan

Source : Pexels

Cara membuat denah rumah dengan skala dimulai dari mengukur lahan yang ada. Skala menggambarkan ukuran pada denah dan ukuran asli di dunia nyata. Ukuran pada gambar berada di sebelah kiri dan ukuran sebenarnya di sebelah kanan.

Jika dituliskan bisa berupa ukuran pada peta : ukuran sebenarnya. Rumus ukuran asli adalah ukuran pada denah x skala belakang sedangkan ukuran pada gambar bisa memakai rumus ukuran objek sebenarnya x skala depan : skala belakang. Selain menghitung skala lahan jangan lupa menentukan bukaan atau tidak.

4. Lakukan Zonasi

Source : Pxhere

Atur zonasi ruangan dengan mengatur letak ruangan sesuai fungsinya. Misalnya tidak menempatkan kamar mandi di dekat ruang tamu atau dapur berada di bagian dalam atau belakang. Tujuannya agar aroma kamar mandi atau dapur tidak mudah tercium oleh para tamu.

Pastinya tidak nyaman jika kamu ingin ke toilet terlihat oleh tamu yang sedang berkunjung, bukan? Tentukan mana area privat dan mana wilayah umum di dalam rumah. Pastikan setiap zonasi yang ditetapkan tidak saling mengganggu satu sama lainnya.

Contohnya ruang tamu dan dapur bisa dikategorikan sebagai zonasi umum. Kamar tidur dan kamar mandi digolongkan sebagai area privat. Jika membangun rumah 2 lantai umumnya bagian lantai teratas difungsikan sebagai kamar mandi dan kamar tidur.

Baca juga:

5. Buat Denah Dasar

Source : Pxhere

Dari zonasi dan pengukuran skala dapat langsung dibuat denah dasarnya. Komponen denah berupa garis-garis sederhana yang menggambarkan seperti apa denah nantinya.

Cara membuat denah dasar dimulai dengan memainkan tebal dan tipis garis. Denah dasar memberikan gambaran kasar struktur rumahmu nanti.

Gambar denah secara spesifik termasuk bagian pintu dan jendela. Beri nama setiap denah di ruangan agar tidak bingung atau beri keterangan bahan dan ukurannya. Misalnya ketebalan dinding, lambang bukaan pintu, jendela maupun simbol material.

Pengaturan dinding rumah pada area luar disesuaikan dengan tampak rumah yang diharapkan seperti pemberian tonjolan atau cekungan pada dinding serta pengaturan struktur kolam dan pondasi rumah tinggal.

6. Berikan Detail Penataan Perabot

Source : Pxhere

Gambarkan pula letak furnitur pada denah agar perabot pas dalam ruangan. Jika membuat perabot built-in akan mengesankan ruangan lebih rapi, compact dan tidak memakan banyak tempat.

Keunggulan dari furnitur model ini adalah ukurannya lebih presisi. Selain itu juga mampu menyesuaikan dengan tema dan konsep desain yang diinginkan. Kamu tak perlu berkeliling toko furnitur yang cocok mengisi hunian karena sudah memiliki list perabot spesifik yang diinginkan.

7. Siapkan Alternatif Denah

Source : Pexels

Jangan hanya menyiapkan satu denah saja namun buat alternatif denah-denah lain. Kamu bisa menggunakan denah rumah dasar lalu menukarkan posisi satu ruangan dengan lainnya. Hal ini memberikan alternatif denah rumah jika yang skema utama tidak bisa diimplementasikan. Pilihan mana yang terbaik dan paling sesuai dengan keinginanmu.

Selain cara membuat denah rumah tinggal diatas tentu masih terdapat banyak lagi tips-tips lainnya bisa kamu digunakan. Silahkan berinovasi dan kreatif sehingga dihasilkan sebuah denah rumah terbaik yang sesuai dengan impian.

Baca juga: Denah Rumah 2 Lantai

Featured Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami New Abaya Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download