Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Berikut Cara Membuat Bunga dari Plastik dengan Mudah

Hobi

Berikut Cara Membuat Bunga dari Plastik dengan Mudah

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 29 July 2021 ∙ 5 menit membaca

Di masa pandemi seperti saat ini, tentu Pins semakin mengurangi aktivitas di luar rumah. Tidak hanya khawatir akan risiko penyebaran COVID-19, kebijakan yang berlaku saat ini juga mengharuskan banyak orang melakukan pekerjaannya dari rumah. Tak jarang kita justru kebosanan karena seharian di rumah. Nah, Pins bisa mencoba cara membuat bunga plastik di rumah.

Pinhome – Jika biasanya Pins membeli bunga sungguhan untuk dijadikan sebagai penghias ruangan, kali ini Pins bisa membuat bunga dari plastik yang tentunya lebih tahan lama.

Selain menyenangkan, membuat bunga plastik juga dapat menjadi kegiatan daur ulang plastik yang sudah tidak terpakai. Tanpa menunggu lama, yuk simak cara membuat bunga dari plastik beserta gambarnya pada ulasan di bawah ini!

Manfaat Membuat Bunga Plastik

(Pinterest)

Meski terlihat sepele, membuat bunga plastik memiliki beberapa manfaat, lho! Pertama, dengan membuat bunga dari plastik Pins dapat menghilangkan kejenuhan dengan cara yang positif.

Manfaat lainnya adalah keindahan yang bisa Pins dapat dengan memajang bunga plastik di ruangan pilihan Pins. Selain itu membuat bunga plastik berarti Pins mendaur ulang sampah plastik

Ini tandanya, plastik yang menumpuk di rumah tidak menjadi sampah begitu saja melainkan dimanfaatkan kembali. Tidak hanya itu, kegiatan membuat bunga plastik ini bisa Pins lakukan bersama anak atau anggota keluarga lainnya.

Hal ini dapat membuat waktu bersama keluarga menjadi lebih produktif dengan kegiatan yang positif.

Baca Juga: Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas

Alat dan Bahan Membuat Bunga dari Plastik

Meski cara membuat bunga plastik cukup mudah, namun terdapat beberapa alat dan bahan yang perlu Pins persiapkan terlebih dahulu. Beberapa alat dan bahan tersebut, antara lain :

  • Dahan kayu kering atau lidi.
  • Sedotan plastik 4-5 buah.
  • Gunting.
  • Kancing baju.
  • Lem tembak.
  • Benang jahit berwarna hitam atau putih dan jarum jahit.
  • Vas.
  • Spons busa.

Cara Membuat Bunga dari Plastik 

(Pinterest)

Cara membuat bunga dari plastik tidak sesulit di bayangan kepala kamu, Pins. Caranya tidak banyak dan cukup mudah untuk dilakukan sendiri di rumah.

Hanya saja terdapat beberapa tahapan yang perlu Pins lakukan untuk membuat bunga plastik ini. Berikut tahapan-tahapan membuat bunga plastik.

Membuat Tangkai Bunga

Cara buat bunga dari plastik yang pertama adalah dengan mencari dahan kayu kering berukuran kecil. Dahan kayu ini nantinya akan digunakan sebagai batang untuk bunga plastik yang akan dibuat. 

Jika Pins sudah mendapatkan dahan kering untuk dijadikan sebagai tangkai bunga, Pins dapat membuang kulit dahan yang kering agar permukaan dahan lebih halus. Hal ini untuk membuat dahan menjadi lebih ringan dan berwarna lebih cerah. 

Pins bisa menggunakan pisau untuk menghaluskan permukaan dahan yang kering agar lebih mudah dan cepat. Jika dahan sudah dikuliti dengan rapi, Pins bisa lanjut ke proses selanjutnya.

Baca Juga: 10 Contoh Kerajinan Tangan Dari Sedotan Yang Mudah Dibuat

Gunting Sedotan

Setelah membuat tangkai bunga, hal kedua yang perlu Pins lakukan dalam cara buat bunga dari plastik adalah dengan menggunting sedotan plastik yang telah disiapkan sebelumnya. Gunting sedotan menjadi delapan potongan sama panjang pada setiap buahnya. 

Jahit Sedotan yang Telah Dipotong

Jika sudah dipotong dengan rapi menjadi 8 bagian, Pins perlu merangkai sedotan menggunakan benang jahit tepat di tengah sedotan. Lakukan hal ini pada setiap sedotan yang telah dipotong. Kemudian tarik benang hingga sedotan membentuk lingkaran yang mirip dengan bunga. 

Jika sudah membentuk bunga, maka Pins perlu membuat simpul mati pada bagian ujung benang. Jika sudah selesai, Pins bisa mulai memotong ujung sedotan dengan menggunakan gunting. Gunting sedotan membentuk diagonal agar ujung sedotan runcing dan bunga semakin cantik.

Tempelkan Kancing Pada Bunga

Ketika sedotan yang telah dijahit sudah menyatu dan membentuk bunga, maka langkah selanjutnya adalah menempelkan inti pada bunga. Inti ini menggunakan kancing yang sebelumnya telah Pins siapkan. Gunakan lem tembak untuk menempelkan kancing baju bekas pada bunga agar kuat dan tidak mudah copot. 

Tempelkan Bunga Pada Tangkai

(Pinterest)

Langkah selanjutnya adalah menempelkan bunga pada tangkai yang telah Pins kuliti sebelumnya. Sama dengan kancing, menempelkan bunga pada tangkai sebaiknya menggunakan lem tembak agar bunga benar-benar menempel dengan kuat pada tangkai. 

Jika sudah selesai, maka Pins dapat mengulangi cara di atas untuk mendapatkan banyak bunga. Jika sudah terkumpul beberapa bunga sesuai dengan keinginan Pins, siapkan vas bunga dan masukkan spons busa ke dalam vas.

Kemudian tusukkan tangkai bunga yang sudah jadi ke busa yang ada di dalam vas agar bunga dapat tertanam dan kokoh dengan menancap pada spons busa.

Itulah beberapa informasi mengenai cara membuat bunga dari plastik beserta gambarnya yang mudah dilakukan. Semoga dengan ulasan di atas dapat membantu Pins mengisi waktu di rumah dengan kegiatan yang positif serta menghasilkan karya yang kreatif.

Pins dapat melakukan kegiatan ini bersama anak atau anggota keluarga lain agar waktu bersama keluarga menjadi lebih produktif dan kreativitas anak semakin terasah. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen

Editor: Annisa Hapsari

Tags :

Bagikan Artikel