Cara Membuat Audio Spectrum di PC, HP Android & Online

Dipublikasikan oleh Andre Gunawan ∙ 14 May 2022 ∙ 15 menit membaca

Audio spectrum merupakan sebuah gambar atau grafik untuk ritme, bit, tempo, kenyaringan suara, frekuensi dari sebuah musik atau suara yang biasanya dimuat dalam sebuah animasi khusus (visualizer). Jadi, intinya audio spectrum merupakan visualisasi dari musik atau suara.

Tampilan audio spectrum akan membentuk sebuah frekuensi yang naik turun sesuai dengan suara atau musik yang digunakan. Desain audio spectrum juga beragam, mulai dari bulat, garis, titik, bar, dan sebagainya. Untuk yang paling umum digunakan adalah garis dan bar.

Nah, audio spectrum ini biasanya digunakan pada sebuah konten di platform tertentu, atau untuk diupload di sosial media. Penyajian audio spectrum yang umum dijumpai adalah pada sebuah video klip, video musik, video lirik, equalizer, dan sebagainya agar video tersebut terlihat lebih menarik.

Cara Membuat Audio Spectrum di PC

Apabila kamu tertarik untuk membuat audio spectrum, maka kamu bisa membuatnya melalui beberapa aplikasi di PC atau laptop. Cara melakukannya juga tidak begitu sulit, karena pada dasarnya tiap aplikasi sudah ada tools yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat audio spectrum secara otomatis.

Aplikasi yang bisa kamu gunakan juga beragam, misalnya saja Filmora, After Effect, Sony Vegas, VDSC Video Editor, Song Render, dan masih banyak lagi. Untuk pembahasan lebih detailnya bisa disimak pada ulasan di bawah ini!

Menggunakan Filmora

Filmora merupakan salah satu aplikasi atau software editor video yang cukup populer di kalangan pengguna PC. Aplikasi ini cukup ringan dan banyak fitur-fitur yang disematkan Filmora, salah satunya adalah fitur untuk membuat audio spectrum.

Tapi perlu kamu catat, kalau Filmora tidak bisa sepenuhnya membuat audio spectrum, karena kamu harus mengkombinasikannya dengan aplikasi tambahan lain. Untuk lebih detailnya, langsung ikuti saja langkah-langkah di bawah ini:

  • Tahap 1
  1. Sebelumnya, silakan kamu download dan instal terlebih dahulu aplikasi tambahannya, yaitu Sonic Candle.
  2. Setelah terpasang, silakan buka aplikasinya kamudian pada halaman utama aplikasi Sonic Candle, silakan kamu atur Video Properties sesuai kebutuhan.
  3. Selanjutnya, silakan kamu klik tombol  Set Input kemudian pilihlah musik atau backsound yang akan kamu buat menjadi audio spectrum.
  4. Jika sudah, silakan kamu klik Set Output lalu pilihlah folder sebagai tempat untuk meletakkan file audio spectrum tersebut.
  5. Setelah itu, silakan kamu atur bentuk atau style audio spectrum dengan memilih salah satu opsi yang terdapat pada bisa Bar Style.
  6. kemudian pilih juga warna untuk bar audio spectrumnya dengan cara klik opsi Color Picker lalu pilih warna yang diinginkan.
  7. Untuk mengecek audio spectrumnya, silakan kamu klik opsi Preview. Kalau dirasa masih belum sesuai, silakan atur ulang lagi.
  8. Setelah selesai, silakan kamu klik Render untuk membuat file audio spectrum tersebut.
  9. Tunggulah sampai prosesnya selesai.
  • Tahap 2
  1. Setelah proses pembuatan bar audio spectrum dengan Sonic Candle selesai, selanjutnya silakan kamu buka software Filmora di PC atau laptop kamu.
  2. Apabila belum punya, silakan download terlebih dahulu aplikasi Filmora di internet kemudian instal seperti biasa.
  3. Setelah aplikasi Filmora dibuka, silakan kamu klik tab File kemudian pilih opsi Import Media Files.
  4. Selanjutnya, silakan kamu cari gambar atau video bahan yang akan dijadikan background audio spectrum. Jangan lupa cari juga file audio spectrum yang sudah kamu buat sebelumnya.
  5. Setelah itu, silakan upload semua bahannya dengan cara drag & drop ke dalam Timeline Filmora.
  6. Jika sudah, silakan kamu klik kanan pada file audio spectrum di Timeline, kemudian pilih menu Green Screen.
  7. Selanjutnya akan muncul kotak dialog PIP Edit, silakan kamu ceklis saja pada opsi Make parts of the clip transparent.
  8. Sesudah itu, audio spectrum tersebut sudah transparant dan akan muncul di background gambar atau video yang kamu gunakan.
  9. Jika sudah, kamu bisa langsung save ke folder penyimpanan di PC atau laptop kamu.

[adinserter block=\”4\”]

Dengan Adobe After Effect

After Effects merupakan salah satu software yang dikembangkan oleh Adobe. Software ini biasanya digunakan untuk membuat animasi, effect visual (VFX), membuat motion graphic, compositing dan lain sebagainya. Intinya software ini kegunaannya sangat banyak untuk membuat video professional.

Salah satu fitur atau tools yang terdapat pada software After Effect bisa untuk membuat audio spectrum. Nah, buat kamu yang ingin membuat audio spectrum dengan software After Effect, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kamu buka software Adobe After Effect terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya kamu akan mendapati halaman Composition Settings. Pada bagian ini silakan buat Composition dan buat pengaturan lainnya sesuai keinginan.
  3. Sesudah itu, silakan kamu buka folder penyimpanan kamu, lalu carilah musik yang akan dibuat audio spectrum. Selanjutnya, silakan drag & drop musik tersebut ke jendela proyek pada After Effect.
  4. Kemudian pada halaman editing, silakan kamu seret audio yang sudah dimasukkan tadi ke Timeline After Effect.
  5. Setelah itu, silakan kamu buat layer solid dengan cara klik tab Layer kemudian pilih New dan klik menu Solid. Untuk lebih mudahnya bisa langsung menekan tombol Ctrl + Y.
  6. Selanjutnya, silakan atur ukuran Solid Settings dengan menyesuaikan Composition Settings di awal tadi.
  7. Jika sudah, silakan kamu masuk ke menu Effects & Presets, kemudian pada search bar silakan ketikkan Audio Spectrum.
  8. Pillih effect audio spectrum tersebut, kemudian drag & drop Audio Spectrum tadi ke layer solid yang sudah dibuat sebelumnya.
  9. Jika sudah, silakan klik Solid Layer agar kotak efek kontrol muncul dibagian kiri halaman editing.
  10. Setelah itu, silakan kamu atur Frequency Bands dan Maximum Height sesuai keinginan.
  11. Frequency Bands funginya untuk mengatur banyak titik pada audio spectrum. Sedangkan Maximum Height berfungsi mengatur tinggi frekuensinya atau bar-nya.
  12. Tahap berikutnya, kami bisa memuat audio spectrum berwarna pelangi, dengan cara mengatur Hue Interpolation ke nilai +320.0 °.
  13. Jika sudah, kamu bisa langsung melihat hasilnya.

[adinserter block=\”5\”]

Menggunakan Aplikasi Sony Vegas

Buat kamu para pengguna software editor Sony Vegas, kamu bisa loh menggunakannya untuk membuat audio spectrum. Caranya sebenarnya persis dengan menggunakan Filmora, yakni dengan mengkombinasikanya dengan aplikasi tambahan.

Disamping itu, tools dan effect pada software Sony Vegas jauh lebih lengkap dibanding Filmora. Nah, untuk membuat audio spectrum dengan Sony Vegas, berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, silakan kamu buat dulu file audio spectrum terlebih dahulu dengan cara sama pada tahap 1 di metode Filmora.
  2. Jika sudah, silakan kamu buka software Sony Vegas di PC atau laptop yang kamu gunakan.
  3. Nah, pada halaman aplikasi yang terbuka, silakan kamu masuk ke tab File kemudian pilih Import dan klik opsi Media.
  4. Setelah itu, silakan cari file audio spectrum yang sudah kamu buat sebelumnya. Pilih sekalina background audio spectrum yang akan digunakan.
  5. Silakan kamu seret file audio spectrum dan background ke Timeline Sony Vegas.
  6. Selanjutnya, silakan klik klik Video FX kemudian klik pada opsi Chroma Key lalu seret file audio spectrum di Timeline.
  7. Sesudah itu, hilangkan background audio spectrum dengan cara mengatur High threshold ke nilai 1000.
  8. Setelah itu, tutup saja kotak dilaog Video Event FX, dan kamu bisa melihat hasilnya pada Timeline.
  9. Jika sudah, tinggal save deh.

Melalui Software Song Render

Selanjutnya kami merekomendasikan sebuah software bernama Song Render untuk membuat audio spectrum di PC atau laptop. Software ini cukup simpel, sehingga kamu akan mudah menggunakannya untuk membuat visualisasi musik.

Song Render juga memiliki fitur untuk custom waveform musik, custom visualizer, memodifikasi style & shape dan masih banyak lagi. Nah, buat kamu yang pengen menggunakan software satu ini, silakan langsung saja download Song Render melalui situs resminya.

Gunakan VSDC Video Editor

VSDC Video Editor menjadi salah satu software editing video untuk komputer yang dikenal mempunyai kemampuan dalam hal pengeditan yang mudah dengan hasil video yang terbaik. Selain itu, fitur-fitur di dalamnya juga terbilang komplit.

VSDC Video Editor ini adalah software yang dikembangkan oleh Multilab LLC dan merupakan software berbasis pengeditan non-linear. Program ini memungkinkan kamu untuk menerapkan effect, koreksi warna, motion tracking, object masking dan tentunya ada fitur untuk membuat visual audio spectrum.

Software ini mempunyai tampilan user interface (UI) yang simpel, sehingga memudahkan penggunanya untuk melakukan editing di VSDC Video Editor. Nah, jika kamu tertarik menggunakannya, silakan langsung saja download VSDC Video Editor melalui situs resminya dan setelah itu tinggal instal seperti biasa.

[adinserter block=\”5\”]

Cara Membuat Audio Spectrum di Android

Mungkin banyak yang beranggapan kalau audio spectrum hanya bisa dibuat melalui aplikasi di PC atau laptop. Padahal di Android ada kok software untuk membuat audio spectrum, dan menurut saya pribadi justru lebih mudah membuat audio spectrum di HP Android.

Aplikasi untuk membuat audio spectrum di Android juga ada banyak, seperti Avee Player, CKHSND, Visualization Video Maker, Navbar Music Visualizer, Vivu Video dan sebagainya. Dari pada penasaran, silakan simak saja tutorial lengkap dan cara membuatnya di bawah ini.

Menggunakan Avee Player

Software Android Avee Player merupakan salah satu alat untuk membuat visual audio spectrum dengan mudah dan cepat. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis di Goole Play Store, dan untuk menggunakannya silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silakan instal aplikasi Avee Player melalui Play Store.
  2. Setelah terpasang, silakan buka aplikasinya kemudian pada halaman awal kamu akan mendapati kolom license yang harus disetujui dengan cara tap I Agree.
  3. Selanjutnya, silakan kamu pilih lagu yang ingin digunakan sebagai bahan audio spectrum.
  4. Setelah itu, silakan ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas kemudian pilih menu Visualizer.
  5. Pada bagian berikutnya, silakan tap icon kotak-kotak persegi untuk mengubah style spectrum.
  6. Sesudah itu silakan ketuk ikon pensil kemudian pilihlah style spectrum yang akan digunakan pada kolom template.
  7. Selanjutnya, kamu bisa memasukkan background audio spectrum dengan cara ketuk Image pada menu Composition 1 lalu pilih menu Custom Image.
  8. Jika sudah, ketuk opsi pick Image kemudian input foto/background dari penyimpanan HP kamu.
  9. Setelah itu kamu bisa langsung menyimpannya dengan cara tap pada ikon download.
  10. Kemudian pada menu File Name, silakan ubah nama file lalu pada menu Preset kamu bisa mengatur kualitas video spectrum yang akan disimpan.
  11. Atur juga durasinya pada menu Start dan End, setelah itu silakan ketuk tombol Export dan tunggu prosesnya sampai selesai.
  12. Done.

Menggunakan Aplikasi CHKSND

Rekomendasi aplikasi pembuat audio spectrum di Android yang menurut kami terbaik adalah CHKSND. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari satu juta orang di Play Store, jadi kamu tidak usah ragu bila ingin menggunakannya.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Aibek Mazhitov dan ukurannya tidak begitu besar. Nah, bila kamu ingin menggunakannya silakan simak cara-caranya di bawah ini:

  1. Pertama, silakan instal terlebih dahulu aplikasi CHKSND di Google Play Store.
  2. Setelah terinstal, silakan buka aplikasinya kemudian pada menu awal aplikasi akan tampil halaman editing audio spectrum.
  3. Di bawah kolom timeline terdapat opsi Load Music. Silakan klik opsi Load Music tersebut kemudian pilih music atau audio yang akan digunakan sebagai audio spectrum.
  4. Setelah itu, silakan tunggu proses loadingya selesai. Berikutnya, silakan kamu klik ikon plus (+) yang berada pada sebelah kanan bawah, kemudian pilih Add Spectrum.
  5. Selanjutnya, kamu bisa mengatur audio spectrum dengan klik menu Bars, AB, Line 64 kemudian atur style dan setting-nya sesuai keinginan.
  6. Untuk menambahkan background atau gambar, caranya adalah dengan klik icon (+) pada kanan bawah, kemudian pilih Add Image kemudian masukkan gambar yang telah disiapkan.
  7. Selain itu, kamu bisa mengatur Text, atau menambahkan warna solid pada menu tersebut.
  8. Jiks sudah selesai mengatur semuanya, silakan kamu simpan audio spectrumnya dengan cara ketuk opsi Export di kanan atas.
  9. Tunggu beberapa saat sampai audio spectrum tersimpan secara otomatis ke galeri smartphone kamu.

[adinserter block=\”5\”]

Dengan Visualization Video Maker

Pada rekomendasi ketiga ini kami menyarankan kamu untuk mencoba Visualization Video Maker untuk membuat audio spectrum, karena aplikasi ini mudah digunakan dan hasilnya sangat bagus. Serta banyak style visual untuk audio spectrum yang bisa kamu gunakan.

Aplikasi ini dikembangkan oleh developer bernama Kotorimura Studio dan mempunyai ukuran yang kecil, hanya 8,9 MB saja. Visualization Video Maker ini sudah populer karena telah diunduh lebih dari 1 juta kali di Google Play Store.

Cara menggunakan Visualization Video Maker untuk membuat audio spectrum adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kamu instal terlebih dahulu software Visualization Video Maker melalui Google Play Store.
  2. Buka aplikasinya, kemudian kamu akan mendapati pop up perizinan, silakan setujui dan izinkan saja.
  3. Setelah itu kamu akan langsung masuk ke halaman edit audio spectrum di aplikasi Visualization Video Maker. Silakan ketuk pada kolom Tap to add Audio di bawah menu Audio.
  4. Selanjutnya, silakan pilih musik atau audio yang akan digunakan sebagai bahan spectrum.
  5. Jika sudah, silakan masuk ke menu Spectrum kemudian atur style spectrum, posisi spectrum, bars, thickness, warna, size, dan sebagainya.
  6. Setelah selesai mengatur semuanya, silakan klik tanda centang kemudian pada halaman awal, klik menu Tab to add Image untuk menambahka background.
  7. Sesudah itu, kamu bisa melihat hasilnya pada timeline editing. Kamu bisa juga memutar audio spectrum dengan klik ikon play.
  8. Jika sudah, silakan ketuk opsi Create Video File kemudian atur size, bitrate, dan lokasi penyimpanan.
  9. Untuk menyimpannya bisa langsung klik centang di kanan atas halaman.
  10. Selesai.

Melalui Navbar Music Visualizer

Aplikasi-aplikasi yang dikembangkan oleh Sparkine Labs sudah terkenal bagus-bagus, salah satunya adalah aplikasi Muviz – Navbar Music Visualizer ini. Aplikasi ini menyediakan banyak sekali style untuk audio spectrum yang tentunya keren, karena memang didesain oleh studio ternama.

Aplikasi ini memiliki rating 4,2 dengan ulasan lebih dari 15 ribu. Ukuran Navbar Music Visualizer ini hanya 4,5 MB, jadi tidak akan memakan banyak RAM di HP kamu dan tidak akan memberatkan kinerja smartphone.

Tertarik menggunakannya? Yuk simak caranya di bawah ini:

  1. Pertama silakan instal terlebih dahulu aplikasi Muviz – Navbar Music Visualizer melalui Google Play Store.
  2. Setelah terpasang, silakan buka aplikasi Muviz, kemudian kamu akan dibawa ke halaman perizinan. Silakan kamu izinkan semua aksesnya, mulai Rekam Suara, Gambar di atas aplikasi lain, dan akses notifikasi.
  3. Jika sudah, kamu akan bisa masuk ke halaman editing pada aplikasi Muviz. Pada bagian ini silakan kamu pilih penempatan vizualizer, dan efek visual yang akan digunakan.
  4. Selanjutnya, silakan ketuk opsi Sesuaikan kemudian buatlah kreasi visualmu sesuai style yang kamu sukai. Misal mulai dari merubah bentuk, warna, lebar dan sebagainya.
  5. Setelah selesai mengatur, silakan ketuk tombol Terapkan kemudian ketuk Kustomisasi Visualizer, lalu atur Frame Rate, Tingkat Respon Audio, dan Ketinggian sesuai kebutuhan.
  6. Terakhir, kamu bisa test audio spectrum yang sudah dibuat dan menyimpannya.

Pada Google Play Store sebenarnya banyak aplikasi serupa untuk membuat visual audio spectrum yang bisa kamu gunakan. Diantaranya adalah Vivu Video, Audio Glow, Spectrolizer, Spectrum Music Visualizer, dan sebagainya. Nah, rekomendasi aplikasi lain yang menurut saya bagus adalah yang sudah saya tuliskan di atas.

Cara Membuat Audio Spectrum Online

Buat kamu yang ingin membuat visual audio spectrum tanpa perlu menginstal aplikasi di PC ataupun HP maka kamu bisa melakukannya melalui situs online penyedia layanan pembuatan audio spectrum yang bisa diakses melalui browser. Contoh situsnya yang populer adalah Videobolt Music Visualizer dan Render Forest.

Metode online saya rasa menjadi metode terbaik, karena kamu tidak perlu repot-repot menginstal aplikasi tertentu, dan bisa mengaksesnya langsung secara online. Metode ini juga sangat worth it untuk creator musik di YouTube, sosial media atau platform lainnya.

Untuk penjelasan membuat audio spectrum secara online melalui Videobolt Music Visualizer dan Render Forest akan kami bahas detail pada ulasan berikut.

[adinserter block=\”5\”]

Melalui Website Videobolt Music Visualizer

Website Videobolt sebenarnya sudah cukup populer untuk membuat spectrum. Disamping itu situs ini mudah digunakan dan juga disana banyak galeri template untuk audio spectrum yang sangat keren-keren. Jadi kamu bisa langsung memilih template-nya untuk dipakai sebagai spectrum dan memasukkan musik/audio.

Menarik bukan? Untuk caranya bisa langsung mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, silakan kamu buka browser di PC atau HP kamu terlebih dahulu.
  2. Jika sudah, silakan akses situs online Videobolt Music Visualizer.
  3. Setelah terbuka, silakan kamu klik Get started pada halaman utama situsnya.
  4. Pada halaman berikutnya yang terbuka, kamu akan menemukan template audio spectrum yang sangat keren-keren.
  5. Silakan tentukan template mana yang akan kamu gunakan, dan jika sudah silakan klik tombol Edit.
  6. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk Sign Up terlebih dahulu sebelum memulai. Jadi, silakan buat akun terlebih dahulu jika belum punya, dan Sign In jika sudah punya.
  7. Jika susah, maka kamu akan dibawa masuk ke halaman baru. Nah, disana kami bisa langsung melakukan pengeditan template yang digunakan untuk membuat audio spectrum.
  8. Kamu bisa mengatur logo, author name, song name, label, album cover image, backgroun image, musik yang akan digunakan, tema, font, warna effect dan masih banyak lagi.
  9. Silakan kamu eksplore sendiri apa yang akan diedit pada template yang telah dipilih.
  10. Jika sudah selesai mengatur semuanya, silakan klik tombol Produce & Download di kanan atas halaman untuk memproses audio spectrum dan mengunduhnya.
  11. Selesai.

Lewat Situs Renderforest.com

Situs online Renderforest menyediakan layanan untuk membuat konten visual audio spectrum. Melalui situs ini kamu bisa memilih salah satu dari banyak template yang tersedia untuk digunakan dan disesuaikan.

Nah, buat yang pengen simpel metode online satu ini sangat cocok, karena cara membuat audio spectrum di Renderforest hanya dengan mengunggah file ke template, kemudian kamu bisa langsung melakukan penyesuaian pada template.

Untuk langkah-langkah lebih detailnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kamu buka browser melalui PC atau HP kamu terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, silakan buka situs online Renderforest.com.
  3. Pada halaman situs yang terbuka, kamu bisa langsung melihat pilihan template yang bisa digunakan. Kamu bisa juga Filters pada menu sebelah kiri.
  4. Setelah menemukan template yang sesuai, silakan klik template tersebut kemudian pada halaman berikutnya, silakan kamu pilih Create Now.
  5. Selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman editing template, silakan kamu sesuaikan style, music, gambar, text dan sebagainya disana.
  6. Apabila kamu diminta login, silakan login dulu menggunakan Email.
  7. Jika sudah selesai mengatur, silakan klik tab Preview untuk melihat hasilnya.
  8. Terakhir, kamu bisa langsung download hasil editannya.
  9. Done.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi pembahasan lengkap mengenai cara membuat audio spectrum di PC, HP Android dan secara online melalui situs khusus. Kamu bisa memilih cara yang akan digunakan sesuai keinginan kamu, ya.

Mungkin sekian dulu artikel yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Pintu Kaca Tempered Glass, Yuk Cek!

Ingin pakai pintu kaca untuk membuat rumah tampak mewah? Pintu kaca memang dapat membuat kesan mewa

Berita Pinhome
Berita Pinhome 4 Manfaat Penting Business Process Outsourcing (BPO) bagi Perusahaan

Untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya dalam waktu panjang, sejumlah pemilik bisnis

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Interior Kantor Estetik Namun Tetap Nyaman & Produktif

Interior kantor yang estetik akan menambah semangat kerja karyawannya. Selain itu dapat menarik per

Ruang Tamu
Ruang Tamu Trik Akali Ruang Tamu Apartemen Kecil Agar Lebih Lapang

Lahan untuk tempat tinggal semakin terbatas. Jika luas rumah tidak terlalu besar maka harus pintar

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Kenali Ragam Tata Ruang Kantor & Plus Minusnya

Tata ruang kantor harus memperhatikan ergonomis dan kenyamanan karyawan. Saat bekerja karyawan meng

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia