Cara Membuat Aquascape di Aquarium dengan Cara yang Mudah

Dipublikasikan oleh Cahyadi Nugraha ∙ September 9, 2022 ∙ 5 menit membaca

Cara Membuat Aquascape – Aquascape merupakan hiasan tanaman yang ada di dalam aquarium yang sangat disenangi oleh kalangan masyarakat. Oleh karena itu banyak yang mencari cara membuat aquascape untuk dijadikan hiasan di rumah. Membuat aquascape diperlukan ketelitian serta kreativitas dalam membuat dekorasi sehingga tercipta sebuah aquascape yang indah.

Aquascape merupakan sebuah solusi bagi yang tidak mempunyai banyak lahan dan tetap ingin bercocok tanam. Dengan cara ini Anda bisa membuat sebuah ekosistem yang ada di dalam air sesuai dengan keinginan. Aquascape sendiri merupakan cara bercocok tanam yang berasal dari Jepang sejak tahun 90-an.

Saat ini cara bercocok tanam aquascape banyak digemari di banyak negara termasuk di Indonesia. Sebuah konsep sederhana yaitu menciptakan sebuah ekosistem baru di dalam sebuah aquarium, sehingga bisa dijadikan sebuah hiasan untuk mempercantik ruangan rumah Anda. Berikut adalah langkah-langkah membuat aquascape.

Langkah-langkah membuat Aquaspace

Untuk membuat aquascape ada beberapa bahan yang harus Anda siapkan seperti aquarium, pasir serta beberapa tanaman yang akan ditanam di dalam aquarium. Lakukan step-step berikut secara berurutan sehingga akan memperbesar persentase keberhasilan dalam membuat aquascape.

1. Menyiapan Dasar Aquarium

Pasir Untuk Lapisan dasar Aquascape

Pada step awal ini siapkan pasir yang akan digunakan aquascape ke dalam aquarium. Untuk latihan awal Anda bisa menggunakan pasir silica yang memiliki ukuran 4-5 mm. Kemudian pada bagian tengahnya masukan carbon active, bahan ini berfungsi untuk menyerap zat berbahaya yang terkandung pada air yang muncul pada saat awal pembuatan aquascape di aquarium.

Carbon active memiliki sifat yang akan merelease kembali kandungan air ketika aquascape berusia sekitar 1-3 bulan, tapi tidak perlu kuatir karena pada usia tersebut tanaman yang ada di aquascape sudah mulai stabil sehingga tidak membahayakan. Buat sekitar aquarium tertutp pasir secara merata sehingga penyebaranya merata.

2. Menyiapkan Pupuk Dasar untuk Aquascape

Cara Membuat Aquascape

Selanjutnya setelah memasang pasir tahap selanjutnya adalah memberikan pupuk dasar yang berfungsi untuk memberikan nutrisi pada tanaman yang ditanam untuk aquascape aquarium.

Pemberian pupuk ini hanya untuk jenis tanaman air yang memiliki akar, sedangkan bila tanaman air yang menyerap nutrisi memakai daun seperti Anubias, dan Microsorum Anda bisa melewati langkah ini. Gunakanlah pupuk yang telah terbukti kualitas dengan jumlah yang telah direkomendasikan.

3. Membuat Top Layer dan Harascape

Membuat Desain Aquascape

Setelah melakukan pemupukan dasar pada aquascape selanjutnya menimbun kembali dengan pasir. Untuk penimbunan kali ini bisa menggunakan pasir silica seperti yang digunakan untuk membuat pasir dasar. Setelah selesai menaburkan pasir untuk menutupi pupuk, buatlah dekorasi posisi hardscape dengan menggunakan kayu serta batu.

Dalam meletakan hardscape ini sebaiknya Anda mendesain secara baik, agar ketika tanaman sudah tumbuh sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Agar aquascape Anda memiliki efek depth usahakan pasir di bagian belakang aquarium lebih tinggi daripada pasir pada bagian depan.

4. Mengisi Air Pada Aquarium

Mengisi Air di Aquarium Aquascape

Setelah selesai membuat dekorasi aquascape selanjutnya adalah mengisi air. Ya, tentu setiap aquarium harus ada airnya dong? Pada tahap mengisi air ini merupakan tahap yang mudah akan tetapi bila dilakukan dengan cara yang salah akan berakibat fatal.

Kadang pada pemula menuangkan air dengan cara langsung menuang air secara langsung sehingga akan merusak pasir yang dijadikan dasar aquascape aquarium. Hal merupakan kesalahan yang sangat fatal karena akan membuat pasir berantakan selain itu juga pupuk akan langsung terlarut dalam air.

Cara yang benar adalah dengan menggunakan koran atau kertas lain agar air tidak langsung mengenai pasir. Bentangkan koran seluruh penjuru aquarium baru menuangkan air di atasnya secara teratur.

5. Menanam Tanaman Hias pada Aquascape

Menanam Tanaman Aquascape di Aquarium

Langkah terakhir dalam membuat aquascape adalah menanam tanaman pilihan pada tempat yang telah ditentukan. Tahap ini sebenarnya bisa dilakukan sebelum aquarium diisi air atau setelah diisi air. Isi aquarium sampai seperempat aquarium setelah itu baru tanam.

Pada tahap ini Anda juga harus melakukan penataan peralatan seperti outlet filter, peletakan pencahayaan, letak diffuser Co2 serta peralatan lainnya. Bila tanaman sudah ditanam semuanya baru isi air sampai penuh. Lalu buang airnya sampai 70% lalu tambahkan kembali airnya.

Hal ini dilakukan untuk membuang kandungan amonia serta nutrisi pupuk yang larut pada air. Pada saat awal ini jangan langsung menambahkan biota aquarium seperti udang dan ikan, karena air masih mengandung banyak zat amonia yang bisa membunuh hewan-hewan tersebut.

Tunggulah sampai aquarium berumur 2 minggu atau sampai kandungan amonia dalam air bersih. Agar tampilan aquarium Anda makin sempurna, Anda bisa memelihara beberapa ikan hias dari air tawar yang sedang populer saat ini.

Melakukan Perawatan Aquascape Pra Dekorasi

Contoh Aquascape yang Telah Berusia 2 Bulan

Setelah proses dekorasi dilakukan apa yang harus dilakukan? Kadang banyak sekali pertanyaan seperti ini yang ditanyakan oleh pemula. Setelah selesai membuat dekorasi jangan membiarkan aquascape begitu saja, lakukanlah perawatan seperti menguras aquarium sehari sekali sebanyak 30% pada minggu pertama, hal ini dilakukan untuk mempercepat cycle bakteri dan juga membuang racun yang dihasilkan oleh aquarium baru.

Pada minggu kedua lakukan pengurasan setiap 3 hari sekali. Setelah itu seminggu sekali semuanya sebanyak 30% dan juga 50%. Selain itu tambahkan pupuk cair setelah aquascape berumur 3 bulan. Perhatikan keseimbangan nutrisi dan cahaya serta Co2. Bila ketiga hal ini berjalan dengan seimbang, Anda tinggal menantikan aquascape tumbuh dengan indahnya.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 15 Aplikasi Karaoke Terbaik Untuk Hobi Menyanyi

Karaoke merupakan salah satu hiburan menyenangkan yang menghilangkan penat setelah bekerja atau akt

Lifestyle
Lifestyle 18 Aplikasi Baca Manga Terbaik Untukmu

Ingin baca manga untuk mengisi waktu luangmu? Atau memang kamu hobi membaca manga? Selain berbentuk

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Font Android Menarik

Melihat tampilan HP Android yang begitu-begitu saja setiap harinya cukup membosankan bagi setiap or

Finansial
Finansial BI Checking Kol 2 Artinya? Simak Yuk!

Sebelum mengajukan kredit atau pinjaman baru pada suatu lembaga keuangan atau pembiayaan, kamu perl

Berita Pinhome
Berita Pinhome Tips Bisnis Properti dan Cara Dapat Bonus dari Transaksi Jual Rumah untuk Agen Properti

Jakarta, 31 Januari 2023 - Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prope

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia