BlogLifestyleGadget5 Cara Membersihkan Speaker iPhone Dengan Mudah!
0
0

5 Cara Membersihkan Speaker iPhone Dengan Mudah!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 10, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
cara membersihkan speaker iphonetop-right-banner

Suara di HP iPhone kurang terdengar? Kamu bisa melakukan beberapa cara membersihkan spekaer iPhone dengan mudah Pins! Terdapat beberapa metode yang biasanya dilakukan untuk membersihkan speaker di berbagai tipe HP ataupun iPhone. Kamu bisa memanfaatkan beberapa benda kecil atau halus di rumah untuk membersihkannya.

Speaker iPhone memang menjadi salah satu bagian yang cukup sensitif dan perlu diperhatikan apabila terkena air ataupun kotor. Saat bagian ini terkendala, tentunya suara yang keluar dari HP menjadi lebih kecil. Berikut beberapa cara bersihkan speaker iPhone selengkapnya!

Baca juga: 

Cara Membersihkan Speaker iPhone

Membersihkan speaker di HP iPhone bisa dilakukan menggunakan beberapa cara dan peralatan simpel. Berikut beberapa diantaranya!

Menggunakan Kuas Halus

Source : Channel e Indonesia

Langkah pertama yang bisa Pins lakukan sebagai cara membersihkan speaker iPhone adalah menggunakan kuas halus. Pins bahkan tidak membutuhkan aplikasi pembersih speaker iPhone untuk membersihkannya. Kuas halus ini ternyata mampu untuk menarik beberapa kotoran kecil atau debu agar keluar dari speaker. Pins bisa membersihkan bagian port speaker secara perlahan dengan menggosokan kuas tersebut.

Bagian speaker memang tidak akan langsung bersih, Pins perlu memolesnya secara detail dan hati-hati agar bagian kotoran dan debu keluar dengan mudah. Sebagai tips, sebaiknya Pins memilih jenis kuas yang memang benar-benar memiliki atau menggunakan bulu yang halus agar tidak merusak permukaan. Usahakan untuk tidak menggunakan sikat cuci atau bahan keras lainnya agar perangkat tidak tergores dan rusak.

Menggunakan Selotip

Source : Business Insider

Siapa sangka selotip ternyata mampu dijadikan sebagai alat untuk membersihkan HP. Tidak hanya untuk iPhone saja, selotip juga bisa digunakan untuk membersihkan smartphone Android dari berbagai debu atau kotoran lainnya. Suara iPhone kecil bisa disebabkan oleh beberapa hal, speaker iPhone yang terkena air ataupun ada kotoran dan debu yang menghalangi. Jika suara tersebut kecil karena air, kamu bisa menggunakan aplikasi Water Eject dari iPhone.

Berbeda halnya jika HP iPhone yang suaranya kecil terjadi karena speaker tertutup oleh debu. Cara bersihkan speaker iPhone bisa dilakukan menggunakan selotip untuk mengeluarkan debu dan kotoran yang menempel. Langkahnya adalah, Pins bisa menggulung bagian lengket dari selotip kemudian menyelipkannya pada celah di speaker. Secara perlahan debu yang menumpuk tersebut akan menempel di selotip dan lebih mudah untuk dikeluarkan. Cara ini juga aman untuk dilakukan lho Pins!

Menggunakan Gas Daster

Source : Carbon Expo

Cara aman untuk membersihkan speaker iPhone yang selanjutnya adalah menggunakan Gas Daster atau gas kompresor yang berukuran kecil. Langkah ini dijamin aman Pins karena penggunaanya yang tidak akan merusak bagian ponsel. Tanpa menggunakan software di iPhone, Pins cukup menyemprotkan gas tersebut pada bagian speaker untuk mengeluarkan debunya.

Usahakan untuk menyimpan atau meletakan iPhone pada permukaan yang datar untuk melakukan cara ini. Setelah diletakan dengan benar, semprotkan saja gas tersebut melalui alatnya ke bagian speaker. Secara perlahan debu akan keluar dan tidak akan terjebak di dalam lagi.

Menggunakan Sikat Gigi Halus

Source : Apple Tool Box

Pins pastinya sudah tahu kan terdapat berbagai jenis sikat gigi yang biasa digunakan sehari-hari. Mulai dari sikat gigi dengan jenis sikat yang kasar, medium, dan halus. Ternyata Pins juga bisa memanfaatkan sikat gigi dengan kuas yang halus untuk membersihkan bagian speaker. Usahakan untuk membeli dan menggunakan sikat gigi dengan jenis soft ya Pins agar tidak merusak bagian permukaan. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menggosokan bagian sikat agar nantinya dapat membersihkan bagian speaker tersebut. Dijamin debu akan dengan mudah keluar dan kotoran hilang.

Baca juga: 4 Cara Memindahkan Import Kontak dari Gmail ke iPhone

Meniup Bagian Speaker

Source : iOS Gadget Hacks

Cara ini memang terdengar sedikit kuno dan aneh tetapi dapat berhasil untuk dilakukan. Untuk meniup bagian speaker, usahakan untuk tidak menempelkan bagian mulut terlalu dekat ya Pins. Hal tersebut dilakukan agar udara yang ditiupkan tidak menimbulkan uap dan tertimbunnya air di dalam speaker. Pins bisa memberi sedikit jarak untuk meniup dan mengeluarkan kotoran.

Mengapa Speaker iPhone Perlu Dibersihkan?

Source : Simastahku

Saat ini masih banyak pengguna iPhone yang mungkin tidak sadar bahwa setelah penggunaan yang cukup lama, kualitas speaker iPhone sering kali berkurang. Hal ini terjadi pada hampir semua tipe smartphone iPhone yang digunakan, karena bisa jadi kamu lupa untuk membersihkannya. Manfaat dari membersihkan bagian ini adalah agar kualitas suara yang dihasilkan akan selalu berkualitas seperti saat awal Pins membelinya.

Membersihkan speaker iPhone juga ternyata bermanfaat untuk menjaga keawetan ponsel agar tidak cepat rusak. Pins mungkin kedepannya berencana untuk menjual kembali iPhone yang digunakan saat ini. Dengan menjaga kualitas suaranya, dijamin harga HP tersebut tidak akan turun terlalu jauh.

Itulah beberapa cara membersihkan speaker iPhone yang bisa Pins lakukan dengan mudah menggunakan alat-alat yang biasa digunakan setiap hari. Namun, untuk membersihkan bagian tersebut, usahakan untuk menggunakan alat yang bertekstur halus ya Pins!

Featured image source: Tagar.id


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Ruko Nadzira Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download