Pinhome

Tips Properti

Cara Membersihkan Kolam Renang Sendiri dengan Mudah

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 12 July 2021 ∙ 5 menit membaca

Pinhome – Memiliki kolam renang adalah hal yang diinginkan oleh banyak orang. Selain harga yang tidak murah dalam membuatnya, merawat kolam renang juga berarti membuat Pins harus rajin-rajin membersihkannya. 

Karena kolam renang harus dibersihkan secara rutin agar tidak menimbulkan lumut dan kotor. Perawatan kolam renang inilah yang membuat banyak orang kesulitan. Selain ukurannya yang cukup besar, terdapat banyak langkah yang harus dilakukan dalam membersihkan kolam renang. 

Apa lagi jika Pins membersihkannya sendiri, tentu akan memakan waktu dan energi. Bagi Pins yang baru memiliki kolam renang dan belum tahu cara membersihkannya, yuk simak penjelasan mengenai cara membersihkan kolam renang pada ulasan di bawah ini.

Pentingnya Membersihkan Kolam Renang

(Pinterest)

Membersihkan kolam renang memang hal yang tidak sederhana untuk dilakukan. Terkadang membersihkan kolam renang akan memakan banyak waktu dan energi. Terlebih jika ukuran kolam renang cukup besar. Tentu akan membutuhkan energi yang besar dan waktu yang cukup lama. 

Meski begitu, membersihkan kolam renang adalah kegiatan rutin yang harus dilakukan lho! Kolam renang yang bersih tentu akan membuat kolam renang menjadi lebih sehat. Kolam renang yang bersih juga tidak akan ditumbuhi lumut. 

Jika lumut tumbuh, tentu ini sangat berbahaya bagi Pins dan keluarga ketika sedang berenang, karena lumut dapat membuat lantai kolam renang dan tangga menjadi sangat licin. Selain itu kolam renang yang bersih juga akan sedikit mikroba yang hidup di dalamnya, sehingga cukup aman jika Pins dan keluarga berenang di dalamnya.

Menyikat Kolam Renang

Hal yang sering menjadi masalah pada kolam renang adalah tumbuhnya lumut pada lantai kolam renang. Oleh karena itu, Pins perlu menyikat kolam renang secara berkala. Pins bisa menguras air kolam renang, kemudian menyikat lantai dasar kolam renang, dinding dan pegangan tangga pada kolam renang agar bersih dari lumut dan kotoran. 

Perawatan kolam renang yang satu ini sangat penting agar tidak pegangan tangga kolam renang tidak licin. Jadi keluarga tetap aman ketika sedang berenang. Gunakan sikat bersih dan sabun untuk memudahkan Pins dalam membersihkan kolam.

Vacuum Kolam Renang

(Kontraktor Kolam Renang)

Langkah selanjutnya yang perlu Pins lakukan setelah menyikat kolam renang adalah melakukan vacuum pada kolam renang. Cara menjaga kolam renang yang satu ini perlu dilakukan untuk membuat lantai kolam renang semakin bersih setelah disikat. 

Pins bisa menggunakan vacuum kolam manual dengan kekuatan hisap seperti vacuum cleaner untuk debu agar penyaring kolam renang tidak rusak. Karena dengan menggunakan vacuum dengan daya hisap yang kuat, biasanya bebatuan pada saringan kolam juga akan ikut terhisap sehingga membuat penyaring kolam rusak. 

Usahakan untuk benar-benar memperhatikan kolam renang dalam tahapan cara membersihkan kolam renang yang satu ini.

Periksa Filter Air Secara Berkala

Hal penting lainnya yang perlu Pins lakukan dalam melakukan perawatan kolam renang adalah memeriksa filter air secara berkala. Cara merawat kolam renang yang satu ini sangat penting karena biasanya timbul kotoran dan lumut yang bisa merusak filter air kolam renang lho! Pada tahap ini Pins benar-benar harus teliti dalam memeriksa filter air agar tidak ada kotoran yang terlewatkan.

Memberikan Klorin Pada Kolam Renang

(Pinterest)

Jika Pins sudah melakukan tahapan-tahapan di atas, tentu Pins akan mengisikan kolam renang dengan air kembali. Saat kolam renang sudah terisi kembali dengan air, Pins bisa menggunakan klorin untuk membuat kolam renang tetap bersih. Klorin adalah desinfektan yang sangat efektif jika digunakan pada air. 

Klorin biasanya dikenal juga sebagai kaporit. Bahan kimia yang satu ini bisa membantu menjernihkan air pada kolam dan membunuh mikroba pada air. Namun sangat penting untuk memberikan takaran klorin yang sesuai agar bahan kimia ini tidak menyebabkan bahaya karena jika tidak sesuai dapat menyebabkan iritasi pada mata. 

Pins bisa memberikan klorin ke kolam renang pada sore hari agar kadar klorin dalam air tidak menurun akibat sinar matahari. Umumnya kolam renang diberikan klorin seminggu sekali untuk menjaga air tetap jernih.

Baca Juga: Inilah 10 Desain Kolam Renang Mewah Paling Banyak Diminati

Memberikan Cyanuric Acid

Jika Pins ingin pH dalam air seimbang, tidak cukup hanya menggunakan klorin pada kolam renang. Pins bisa menambahkan cyanuric acid yang bisa membuat pH air menjadi netral. 

Biasanya cyanuric acid ini telah terkandung di dalam tablet klorin, hanya saja tidak semua produk klorin menambahkan cyanuric acid. Pins bisa menggunakan cyanuric acid secara terpisah. pH air yang direkomendasikan adalah 7,2-7,8.

Memberikan Algaecide

(Tokopedia)

Cara merawat kolam renang lain yang bisa Pins lakukan adalah dengan memberikan algaecide. Bahan kimia ini adalah surfaktan yang berfungsi untuk mencegah tumbuhnya lumut di lantai dan dinding kolam renang. Pins bisa menambahkan algaecide sehari setelah memberikan klorin pada air kolam renang.

Itulah beberapa informasi tentang pentingnya perawatan kolam renang dan cara membersihkan kolam renang sendiri di rumah. Semoga dengan ulasan di atas dapat membuat Pins lebih paham tentang bagaimana cara membersihkan kolam renang yang baik. Jangan lupa untuk selalu teliti dalam membersihkan kolam renang agar tidak ada bagian yang terlewat. Semoga bermanfaat!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Aileen

Editor: Achlisia 

Tags :

Bagikan Artikel