Pinhome

  • Blog
  • Kesehatan
  • Cara Membersihkan Bak Mandi Dengan Baik dan Efisien

Kesehatan

Cara Membersihkan Bak Mandi Dengan Baik dan Efisien

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Lantai kamar mandi, wastafel, toilet, dan bak mandi merupakan bagian-bagian yang wajib dibersihkan secara rutin setiap harinya. Salah satu bagian kamar mandi tersebut yakni bak mandi, menjadi bagian terpenting yang perlu diperhatikan kebersihannya. Alasannya, bak mandi adalah tempat atau wadah untuk menampung air dalam jumlah banyak. Jika Anda memakai air ledeng atau air PAM yang bersih maka cukup mudah bagi Anda untuk membersihkan bak mandi. Berbeda halnya apabila Anda berada di daerah dengan air PAM yang tidak bersih sehingga harus mempergunakan banyak kapur, membuat Anda sulit untuk membersihkannya karena bak mandi mengalami pengapuran.

Ada beberapa hal yang menyebabkan bak mandi menjadi mudah kotor selain yang telah disebutkan di atas. Beberapa hal tersebut diantaranya yaitu endapan air, sisa-sisa sabun, jamur, dan lumut. Bak mandi yang jarang sekali dibersihkan kelak akan menimbulkan berbagai macam penyakit.

Berikut cara-cara membersihkan bak mandi dengan baik dan efisien.

Menguras Bak Mandi

Bak mandi yang terbuat dari plastik atau didesain secara khusus akan mempermudah Anda dalam membersihkan sekaligus mengurasnya. Cara membersihkannya yaitu cukup dengan membuka saluran yang berada di bagian bawah bak, kemudian biarkan air keluar sampai habis atau menyisakan sedikit air di dalam bak mandi tersebut. Bak mandi bisa dibersihkan dengan memakai deterjen, cairan pembersih, atau cuka putih.

Membersihkan Bak Mandi Menggunakan Cairan Pembersih

Cara membersihkan bak mandi dengan cairan pembersih tidak sulit untuk dilakukan. Pertama, siapkan cairan pembersih dan spons. Selanjutnya semprotkan cairan pembersih ke seluruh bagian bak mandi. Gosok menggunakan spons hingga bersih. Kemudian bilas dengan air. Terakhir, keringkan bak mandi dengan memakai handuk atau lap yang berdaya serap tinggi.

Memanfaatkan Baking Soda

Baking soda ternyata juga bisa digunakan untuk membersihkan bak mandi, terutama bak mandi yang terbuat dari keramik. Caranya yakni campurkan baking soda dengan sedikit air, lalu oleskan pada keseluruhan bagian bak mandi dengan menggunakan spons atau kain. Setelah itu sikat bak mandi untuk menghilangkan kotoran dan jamur yang menempel. Bilas hingga bersih, kemudian keringkan dengan handuk atau lap.

Membersihkan Bak Mandi Dengan Cairan Pencuci Piring

Caranya yaitu tuang cairan pencuci piring pada bagian bak mandi yang akan dibersihkan. Gosok hingga bersih menggunakan spons kasar. Bilas dengan air, lalu lap dengan handuk atau kain supaya cepat kering.

Demikianlah cara-cara yang bisa diterapkan untuk membersihkan bak mandi dengan baik dan efisien. Kesehatan merupakan hal yang paling penting, oleh sebab itu ada baiknya Anda membersihkan bak mandi setiap hari bahkan sebelum bak mandi terlihat benar-benar kotor. Semoga informasi yang telah dibahas tersebut dapat bermanfaat.

Tags :

Bagikan Artikel