Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Cara Membedakan Trucukan Jantan dan Betina dengan Mudah

Hobi

Cara Membedakan Trucukan Jantan dan Betina dengan Mudah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai Cara Membedakan Trucukan Jantan dan  Betina dengan mudah. Pycnonotus goiavier merupakan nama ilmiah dari burung trucukan. Burung pengicau yang berkerabat dengan kutilang tersebut, juga termasuk ke golongan burung cucak-cucakan misalnya saja cucak gunung, cucak kerinci, cucak rawa, dan sebagainya.

Nama asli dari burung trucukan ini adalah merbah cercukcuk. Tapi pada sejumlah daerah pengicau yang memiliki panjang tubuh sekitar 20 cm ini memiliki nama ataupun sebutan yang berbeda-beda. Di sunda mislanya, banyak orang yang menjulukinya dengan julukan jogjog. Sedangkan orang jawa, menjulukinya dengan istilah trucukan yang sampai saat ini telah menjadi sebutan yang umum dan sering digunakan di kalangan kicau mania seluruh tanah air.

Klik di Sini untuk Mengunjungi Property Academy

Cara Membedakan Trucukan Jantan dan Betina dengan Mudah

Sebelum membahas mengenai Cara Membedakan Trucukan Jantan dan  Betina, maka akn lebih baik jika anda mengetahui ciri dan keunikan dari burung ini. Trucukan merupakan salah satu jenis burung yang cerdas.  Bisa dikatakan semikian sebab unggas berjambul hitam ini ternyata sangat mudah jinak terhadap manusia, terutama dia lebih jinak terhadap pemiliknya yang terus memeliharanya. Burung pengicau yang memiliki suara khas ropel ini sangat gemar  untuk berkelana di daerah ramai penduduk. Misalnya saja dipemukiman warga, pepohonan halaman rumah, perkebunan serta di taman-taman kota.

Mungkin hal itulah yang menyebabkanmereka mudah sekali  jinakdan juga luluh terhadap manusia. Sebab mereka sudah sangat terbiasa dengan kehadiran dari manusia. Disaping mudah jinak, pengicau ropel ini juga mempunyai kemampuan untuk menirukan suara dari burung jenis lain yang memiliki suara senada dengannya, misalnya kutilang, cendet, cucak ijo, dan sebagainya.

Untuk kemampuan dalam kicaunya, banyak yang berpendapat bahwa trucukan jantan dan juga betina sama-sama dapat melantunkan suara ropel. Secara umum Cara Membedakan Trucukan Jantan dan  Betina adalah dari kicauannya. Burung trucukan yang dapat berkicau dengan lantang dan juga keras adalah trucukan jantan. Sedangkan yang betina hanya dapat mengeluarkan suara kicauan yang lebih  lembut atau lirih

Cara Membedakan Trucukan Jantan dan  Betina

Apabila and masih bingung dengan bagaimana Cara Membedakan Trucukan Jantan dan  Betina, anda dapat menyimak ciri – cirinya berikut ini:

Ciri-ciri Trucukan Jantan

  1. Suaranyaterdengar lebih keras dan
  2. Meskipundalam keadaan yang mabung tetap akan  rajin dalam
  3. Kicau khas ropel durasinya kan lebih panjang danjuga
  4. Banyak yang mengatakan jikaukuran tubuh  trucukan jantan lebih besar.
  5. Bulu dadanya terlihat lebih gelap.
  6. Lingkar matanyaberwarna hitam pekat dengan bulu yang relatif lebat.
  7. Memiliki leheryang lebih kekar dibandingkan betina.

Ciri-ciri Trucukan Betina

  1. Suaranyacenderung lirih dan
  2. Ketika dalam keadaan mabung, biasanya akan sangat jarang berkicau bahkan sampai tidak mau berbunyi.
  3. Durasi ropelnyacenderung pendek dan juga monoton / kurang bervariasi.
  4. Tubuhnyaberukuran lebih kecil dibandigkan yang jantan
  5. Dadanya berbulu terang.
  6. Lingkar mata hitam dengan buluyang cenderung tipis dan juga
  7. Lehernyatidak se kekar trucukan

Selain dengan Cara Membedakan Trucukan Jantan dan  Betina diatas, beberapa dari kicau mania juga banyak yang membedakannya dengan ciri-ciri terhadap jambul pada kepala burung. Jika saat berkicau jambulnya sering mengembang, terlihat lebih tegas atau gagah, itu merupakan trucukan jantan. Sedangkan untuk trucukan betina, jambul yang dimilikinya akan jarang mengembang, dan saat jambulnya bisa mengembang, itupun cuma bisa terlihat ujungnya saja serta cenderung berukuran lebih pendek.

Tags :

Bagikan Artikel