Cara Membedakan Kelamin Tledekan Jantan dan Betina

Diperbarui oleh Voni Wijayanti ∙ March 7, 2022 ∙ 6 menit membaca

Cara Membedakan Kelamin Tledekan Jantan dan Betina – Burung tledekan alias sulingan merupakan salah satu jenis burung kicau berukuran kecil yang tergolong antaran kelamin jantan dan betina mimiliki ciri-cir yang berbeda. Meski begitu, bagi mereka yang masih belum memahami perbedaan tledekan jantan dan betina sangat perlu untuk diketahui.

Cara yang akan kami ulas dibawah ini untuk semua jenis tledekan, mulai dari tledekan gunung, tledekan bakau, tledekan laut dan selendang biru sampai tledekan kembang. Pengetahuan ini juga penting untuk Anda yang ingin membeli tledekan bakalan agar nantinya bisa membedakan mana jantan dan betina. Tentu saja tergantung dari tujuan Anda memilih jenis kelamin tersebut. Pada umumnya secara fisat dan fisik, tledekan jantan dan betina sangatlah berbeda. Karena itulah Anda harus tahu betul ciri-cirinya.

Baca Juga:

Keunggulan Tledekan Jantan di Banding Betina?

Tledekan jantan cenderung lebih bagus untuk dipilih jika tujuan Anda merawat adalah sekedar sebagai penyambut tamu atau lomba karena jantan memiliki suara yang lebih gacor dan kuat. Untuk kebutuhan ternak tentu saja jenis kelamin tak terlalu masalah. Untuk betina sendiri cenderung memiliki suara yang lebih lemah daripada jantan meski basic nya sama yaitu mirip suara suling.

Keunggulan lain jantan dari pada burung betina adalah memiliki kekuatan fisik yang lebih baik. Selain itu, riwayat kesehatan bagus juga sering ada pada jenis kelamin jantan. Perawatan sulingan jantan juga terbilang lebih mudah dan sederhana daripada betina yang memerlukan perhatikan khusus apalagi sedang dalam masa bertelur.

Cara Membedakan Burung Tledekan Jantan dan Betina

cara membedakan kelamin tledekan jantan dan betina
(Kicaukicau.com)

Semua jenis kelamin baik betina dan jantan secara visual mirip jika dipandang dari jauh. Maka dari itu, cobalah untuk memerhatikan keduanya dari dekat agar dapat membedakan tledekan jantan dan betina. Berikut ini adalah beberapa rangkuman ciri-ciri sulingan jantan dan betina menurut beberapa golongan:

Ciri Fisik Tledekan Jantan dan Betina

Perhatikan ciri fisik dan karakter dari si tledekan tersebut. Biasanya yang lebih aktif adalah si jantan, tentu saja semuanya tergantung pada kesehatan birahi, fisik, dan mental. Dalam keadaan tertentu, betina bisa lebih agresif dari pada si jantan. Berikut ini adalah beberapa tips dalam membedakan tledekan jantan dan betina dengan baik dan mudah:

Baca Juga:

1. Ciri-ciri Tubuh Tledekan Jantan dan Betina

Postur tubuh secara menyeluruh akan terlihat sangat berbeda antara jantan dan betina. Tledekan jantan cenderung memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada betina. Selain itu, jantan juga terlihat lebih ramping, tinggi, dan gagah. Untuk betina sendiri hampir kebalikan dari si jantan. Tledekan betina tubuhnya lebih kecil, pendek, dan terlihat sedikit bulat. Sangat berbeda jika disandingkan. Tentu saja pemilihan keduanya harus sama-sama dalam umur yang sama.

2. Ciri-ciri Kepala Tledekan Jantan dan Betina

Ukuran kepala pada jantan sedikit kecil daripada si betina. Hal ini menjadi perbedaan dengan burung jenis lainnya. Akan terlihat jelas jika yang Anda ingin bedakan adalah tledekan gunung karena ciri tersebut benar-benar bisa dilihat dengan mudah. Kesamaan yang hanya ada di kedua jenis ini hanya pada cepernya yang telah menjadi ciri khas dari tledekan.

3. Bulu Bagian Kepala sampai Ekor Tledekan Jantan dan Betina

Ini yang menjadi patokan utama dalam pemilihan jantan dan betina. Dalam membedakan tledekan jantan dan betina, biasanya para calon pembeli atau penghobby melihat bulu bagian atas kepala yang menjalar ke bawah ekor. Untuk jantan sendiri bulu tersebut berwarna biru.

Jadi jika Anda melihat tledekan yang memiliki bulu biru di atas kepala, punggung, dan ekor, sudah dipastikan burung tersebut adalah jantan. Sangat berbeda dengan si betina di mana bulunya berwarna coklat gelap, sangat berbeda dengan jantan. Tips lain jika Anda ingin membeli bakalan, pilihlah tledekan yang memiliki warna bulu tegas baik itu betina atau jantan karena biasanya menandakan tledekan sehat dan bulunya juga kuat.

Baca Juga”

4. Perbedaan Paruh Tledekan Jantan dan Betina

Perhatikan pada bagian paruh, biasanya si jantan akan memiliki paruh yang terlihat kuat, panjang, dan lancip tajam. Sedangkan untuk betina terlihat lebih pendek daripada si jantan meskipun ukuran kepalanya besar. Untuk warnya paruhnya sendiri taka da perbedaan, tetap menunjukkan warna gelap sedikit kebiruan.

5. Warna Bulu Dagu Tledekan Jantan dan Betina

Perhatikan pada bagian warna bulu di bagian bawah dagu. Untuk jantan cenderung terlihat berwarna orange namun sedikit pekat. Sedangkan untuk betina, sama berwarna orange namun lebih cerah daripada si jantan dan tak pekat.

Baca Juga:

6. Warna Bulu Perut Tledekan Jantan dan Betina

Pada jantan terlihat tidak puyeh dan berwarna putih bersih tanpa adanya motif atau bercak warna lain. Sedangkan untuk bulu perut betina akan terlihat puyeh daripada burung sulingan jantan.

7. Tes DNA

Cara membedakan kelamin sulingan jantan dan betina dapat menggunakan DNA yang dapat diambil dari darah atau bulu. Keakuratan tes DNA tledekan diklaim mencapai 99 persen. DNA merupakan singkatan dari Deoxyribo Nucleic Acid yang tentunya berbeda antara jenis burung sulingan jantan dan betina.

Perbedaan Kelamin Tledekan Jantan dan Betina dari Tingkah Laku

(Hargaburung.id)

1. Perbedaan Suara Tledekan Jantan dan Betina

Untuk suara tentu saja yang akan mendominasi adalah sulingan jantan karena memiliki suara yang lebih kencang, berdurasi panjang, dan indah seperti suara seruling. Sedangkan untuk si betina akan terdengar tidak sekencang suara tledekan jantan, meski memiliki kerapatan kicauan yang sedikit sama dengan si jantan.

Baca Juga:

2. Kelincahan Tledekan Jantan dan Betina

Kelincahan bisa dilihat berdasarkan keadaan birahi baik jantan dan betina. Namun pada dasarnya, burung jantan akan terlihat sedikit lebih agresif daripada tledekan betina. Jika didekati, jantan akan terbang ke sana ke sini dengan cepat. Untuk betina sendiri memilih untuk tak banyak bergerak entah mengapa.

Itu dia bagaimana cara membedakan tledekan jantan dan betina yang baik dan benar. Saran jika Anda ingin membedakannya, lebih baik menggunakan burung tledekan yang memiliki usia yang sama sehingga lebih jelas perbedaannya. Dari segi keunggulan konon para penghobi tledekan lomba mengatakan jenis kelamin jantan lah yang memiliki keunggulan dibangikan dengan jenis sulingan betina. Kita bertemu lagi di tips dan cara perawatan tledekan lainnya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat adan menanbah wawasan anda tentang bagaimana cara membedakan kelamin tledekan jantan dan betina.

Baca Juga:

Featured Image Source: Hewanee.com

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Model Teras Rumah Pedesaan yang Sederhana

Siapa yang tidak rindu dengan suasana hunian khas pedesaan? Jauh dari hiruk pikuk kota, suasananya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Inspirasi Taman Air Terjun Dinding Minimalis untuk Outdoor dan Indoor

Taman air terjun dinding minimalis bukan hanya mempercantik dekorasi rumah, tetapi juga memberikan

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Pencari Kost

Pins sedang kebingungan mencari tempat kost terbaik? Mau survey keliling tapi tidak punya waktu? At

Lifestyle
Lifestyle 14 Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik

Rekomendasi aplikasi catatan keuangan terbaik ini cocok untuk Pins yang ingin mengelola keuangannya

Lifestyle
Lifestyle Doa Menempati Rumah Baru Sesuai Sunnah dan Amalannya

Memiliki rumah sendiri adalah hal yang diidam-idamkan oleh semua orang. Di saat seperti ini, rasa b

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia