Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Cucak Ijo

Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Cucak Ijo

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Cucak Ijo- Saat ini burung cucok ijo menjadi magnet tersendiri bagi para penggemarnya terutama bagi kaum laki-laki. Sesuai dengan namanya burung cucak ijo, burung ini ditutupi oleh bulu-bulu berwara hijau cerah. Sehingga tidak heran kini banyak yang berbondong-bondong mencari dan mengkoleksi burung ini. Namun bagi orang yang pertama kali melihat burung cucak ijo akan kesulitan dalam membedakan jenis kelaminnya. Dikarenakan burung cucak ijo yang masih muda memiliki fisik yang sama antara jantan dengan betina.

Baca Juga:

Karakteristik dan Habitat Burung Cucak Ijo

Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Cucak Ijo

Burung cucak ijo habitatnya memang di hutan liar terutama di kawasan-kawasan yang hutannya masih rimbun. Di Indonesia sendiri burung cucak ijo tersebar luas yaitu mulai dari Kalimantan, Jawa Timur, Banyuwangi,Jember, Sumatera, danBali. Cucak ijo bagus dalam mengikuti ajang kejuaraan. Terutama untuk cucak ijo yang berkelamin jantan yang lebih unggul dari segi suara kicauannya dibandingkan betina.

Cara membedakan burung cucak ijo apakah ini jantan atau betina itu lumayan gampang. Terutama bagi orang-orang yang memang sudah lama mengoleksi burung cucak ijo ini. Ternyata jenis kelamin juga bisa mempengaruhi karakter suara atau kicauan si burung. Burung cucak ijo jantan memiliki kicauan yang bagus dan merdu jika dibandingkan dengan betina. Berikut beberapa tips atau cara mebedakan jenis kelamin burung cucak ijo.

Baca Juga: Cara Membedakan Cililin Jantan dan Betina

Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Cucak Ijo

Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Cucak Ijo

  1. hal pertama yang harus Anda ketahui dalam membedakan antara burung cucak ijo jantan dan betina adalah Jika burung cucak ijo masih berusia kurang lebih 4 bulan lihatlah pada bagian alis yang melingkar pada kedua mata. Jika alisnya berwarna kuning berarti itu jantan, tapi jika alis matanya berwarna putih berarti itu betina.
  2. Jika Anda masih bingung, bisa juga dibedakan dengan cara melihat dari warna paruh bagian bawah. Kalo burung cucak ijo yang jantan  paruh bagian bawahnya itu berwarna coklat tua sedangkan untuk burung cucak ijo betina berwarna putih.
  3. Burung cucak ijo jantan memiliki tulang supit yang keras dan terbilang keras, sedangkan untuk burung cucak ijo betina agak sedikit lentur.
  4. Burung cucak ijo yang masih berusia anatara 4 – 6 bulan memiliki corak leher berwana kuning, namun beranjak dewasa warna kuning tersebut berubah menjadi putih agak sedikit kehijauan. Sedangkan untuk burung cucak ijo jantan pada usia 4-6 berwarna kuning juga tetapi setelah dewasa berubah menjadi warna hitam.

Itulah beberapa cara membedakan jenis kelamin burung cucak ijo. Namun Anda harus berhati-hati jika akan membelinya, karena banyak para pedagang curang atau nakal yang mengganti burung cucak ijo betina dengan jatan. Yaitu dengan cara mengecat pada bagian leher cucak betina yang mulanya berwarna putih dicat menjadi warna hitam. Jadi sebaiknya, sebelum membeli Anda harus pintar-pintar atau jeli dalam memilih dan memilahnya. Semoga informasi ini memberikan manfaat terutama bagi para pecinta burung.


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel