Cara Membedakan Burung Beo Jantan dan Betina

Diperbarui oleh Mega Puspita Ratna ∙ November 30, 2021 ∙ 5 menit membaca

Cara Membedakan Burung Beo Jantan dan Betina – Burung beo merupakan salah satu jenis burung kicau dari keluarga Sturnidae dan Genus Gracula. Burung dengan nama latin Gracula atau hill myna dalam bahasa inggrisnya. Termasuk jenis burung yang dapat dijumpai di beberapa daerah Indonesia.

Pinhome – Termasuk burung yang cukup prestisius untuk dipelihara, karena burung ini sangat terkenal pintar dan pandai menirukan suara orang. Bahkan ia mampu menirukan suara persis manusia jika dilatih dengan baik. 

Baca Juga: 

Cara Membedakan Burung Beo Jantan dan Betina

Membedakan kelamin burung beo jantan dan betina bisa dilakukan dengan mudah. Gunakan beberapa cara dan perbedaannya berikut ini:;

Cara Berdiri 

(Tribunnews.com)


Beo betina umumnya berdiri dengan tubuh tegak dan kepala yang menengadah. Sementara itu, beo jantan cenderung lebih kerap menunduk atau membungkukkan tubuhnya. Perbedaan cara berdiri tersebut terjadi karena bobot tubuh beo jantan yang memang lebih berat daripada beo betina.

Baca juga : Jenis Burung Beo Lengkap dengan Gambar

Postur Tubuh Beo Jantan dan Betina

Dengan umur yang sama, beo jantan umumnya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari beo betina. Saat disandingkan, Anda dapat melihat perbedaan keduanya. Beo jantan tampak lebih lebar dan berat, sementara beo betina terlihat lebih ramping dan ringan.

Bentuk Kepala Beo Jantan dan Betina

cara membedakan burung beo jantan dan betina
(Cermati.com)

Sebagaimana postur tubuhnya, beo betina umumnya memiliki bentuk kepala yang agak kecil. Bagian belakang kepalanya berbentuk sudut yang landai. Sementara itu, bentuk kepala beo jantan biasanya lebih besar. Di bagian belakang kepala, Anda bisa melihat lengkungan sudut yang mendekati bentuk siku-siku.

Selain ukuran kepala, ukuran mata kedua beo tersebut juga berbeda. Beo jantan memiliki ukuran mata yang lebih lebar daripada mata beo betina.

Baca Juga: 

Bentuk Paruh 

Jika dilihat dengan saksama, bentuk paruh antara beo jantan dan betina itu berbeda. Beo jantan memiliki paruh yang cukup besar, kuat, dan pendek. Sementara itu, paruh beo betina biasanya lebih ramping dan panjang.

Agar lebih mudah, Anda bisa membandingkan kedua ukuran paruh beo tersebut dari sisi depan dan samping. Dari sisi depan, paruh beo jantan tampak lebih lebar. Sementara dari sisi samping, paruh beo betina tampak lebih panjang.

Jengger Beo Jantan dan Betina (untuk ras tertentu)

(Zonautara.com)

Jengger adalah salah satu ciri khas yang dimiliki oleh burung Beo. Ciri fisik inilah yang membuat burung Beo makin terlihat cantik dan menarik. Jengger pada burung Beo terletak dibagian pipi hingga belakang kepala. Bentuk dan warna jengger pada Beo jantan dan betina berbeda.

Jika jengger Beo milik anda berwarna kuning cerah, maka kemungkinan Beo tersebut berjenis kelamin betina. Sedangkan jika warnanya kuning gelap, kemungkinan Beo anda Wikicau berjenis kelamin jantan. Selain perbedaan warna, perbedaan bentuk juga bisa anda amati pada bagian jengger Beo ini. 

Kloaka Beo Jantan dan Betina

Cara lain untuk memeriksa apakah beo yang Anda pelihara merupakan beo jantan atau betina adalah dengan mengecek kloaka atau lubang saluran pembuangannya. Jika beo tersebut jantan, Anda akan mendapati benjolan pada kloaka. Sementara apabila beo tersebut betina, kloaka akan terlihat halus atau rata tanpa benjolan.

Baca Juga: 

Perilaku Beo Jantan dan Betina

(Hipwee.com)

Selain lebih cerewet, beo betina kerap memiliki nafsu makan yang lebih besar dari beo jantan. Meskipun demikian, volume suara yang dihasilkan beo jantan tetap lebih keras dari beo betina. Saat dilatih berbicara, beo betina juga lebih mudah menirukan bunyi-bunyi rekaman. Jadi, durasi waktu yang dibutuhkan untuk menguasai kata-kata tertentu umumnya lebih pendek dari beo jantan.

Di malam hari, beo memerlukan waktu beristirahat. Di waktu tersebut, Anda bisa menutupi sangkarnya dengan kain (mengerodong). Saat kerodong dibuka, beo betina biasanya akan tetap tenang tanpa mengeluarkan suara. Sebaliknya, beo jantan akan langsung berbunyi.

Suara Beo Jantan Lebih Keras Dibandingkan Beo Betina

Selain perbedaan perilaku berupa porsi makan Beo betina yang lebih banyak, antara Beo jantan dan betina juga memiliki perbedaan dalam kekuatan suara. Umumnya Beo jantan memiliki suara yang lebih keras dibandingkan Beo betina.

Hal ini diperlukan Beo jantan untuk menarik perhatian Beo betina di alam liar. Hampir sama dengan burung-burung lainnya. Jadi kalau ada yang nannya “bagus Beo jantan apa betina?”, jawabannya dua-duanya bagus. Beo betina bisa menghafal suara lebih cepat dibandingkan Beo jantan.

Baca juga : Cara Jitu Membedakan Cucak Jenggot Jantan dan Betina

Kesimpulan

Dari penjabaran di atas, bahwa untuk membedakan kelamin burung beo jantan dan betina terdapat beberapa pebedaan atau ciri fisik beo jantan dan betina seperti di atas, sehingga hal di atas dapat dijakan referensi untuk membedakan beo jantan dan betina.

Baca Juga: 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Stop Loss? Pengertian dan Cara Menggunakannya

Berbicara mengenai dunia investasi dan trading, selalu terdapat istilah-istilah terkait yang mungki

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Xiaomi Terbaik Desember 2022, Wajib Punya!

Xiaomi merupakan salah satu produsen smartphone yang cukup terkenal dan sudah mendunia, terutama un

Finansial
Finansial Pahami Yuk! Contoh Pasar Monopolistik dan Pengertiannya

Pasar monopolistik adalah kebalikan dari pasar persaingan yang sempurna. Pada ilmu ekonomi, arti pa

Gadget
Gadget 8 Cara Mengatasi Lupa Sandi HP Vivo Untuk Pengguna Baru Android

Bagi para pengguna baru android pasti pernah mengalami banyak kendala yang sering dijumpai ketika s

Finansial
Finansial Mudah! Ini 7 Cara Menggunakan Tradingview

Supaya aktivitas jual beli saham yang kamu lakukan berjalan lancar, kamu dapat menggunakan berbagai

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia