Pinhome

Cara Bangun Rumah Murah Paling Efektif

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 24 November 2021 ∙ 4 menit membaca

Cara bangun rumah murah merupakan sebuah hal yang sebaiknya diketahui ketika hendak membuat rumah tinggal sehingga tidak terjadi pembengkakan biaya yang semestinya bisa di alokasikan untuk kegiatan lainya, seperti beramal atau disumbangkan untuk membangun masjid.

Upaya penghematan dalam membangun rumah dimulai dari kegiatan perencanaan pembangunan dan pemeliharaan, masing-masing tahapan bangun rumah tersebut perlu dilakukan pengendalian rencana anggaran biaya bangunan.

Sehingga didapatkan hasil akhir biaya pembangunan rumah yang murah dan hemat. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghemat biaya bangun rumah.

Baca juga:

Cara Bangun Rumah Murah

cara bangun rumah murah
(Thisoldhouse)

Membuat Desain Rumah

Membuat desain rumah terkesan terdapat biaya tambahan yang dapat dihilangkan ketika hendak membangun rumah, pendapat ini bisa jadi benar apabila rumah yang aka dibangun adalah tipe standar atau mencontoh bangunan yang sudah ada.

Namun, pada rumah yang menggunakan berbagai bentuk model arsitektur menyesuaikan keinginan yang rumit akan lebih baik jika dibuat desain rumah terlebih dahulu secara matang.

Karena otak-atik bentuk rumah yang belum sesuai selera bisa dilakukan ketika rumah masih dalam bentuk gambar yang tentu akan membuat biaya tambahan ketika terjadi pekerjaan bongkar pasang ketika desain belum sesuai selera.

Baca Juga: Tips Membangun Rumah Murah Dengan Kualitas Tinggi

Membuat RAB
cara bangun rumah murah

Dengan membuat gambar rumah yang baik juga dapat dijadikan pedoman dalam menghitung rencana anggaran biaya bangunan ( RAB ). Sehingga dapat diperkirakan total biaya membangun rumah.

Dengan adanya data ini, maka dapat dilihat apakah biaya tersebut sudah sesuai budget atau terlalu mahal. Sehingga bisa dikurangi bagian rumah tertentu untuk dapat membangun rumah murah.

Membuat Rencana Pembangunan

Setelah dilakukan pekerjaan perencanaan desain rumah dengan baik, maka dapat dilanjutkan dengan perencanaan metode kerja pembangunan rumah.

Misalnya sebuah dinding rumah akan lebih murah jika menggunakan dinding batako kualitas tertentu jika dibanding menggunakan batu bata, maka diputuskan untuk menggunakan material batu bata.

Baca juga: 9 Perbandingan Dinding Batu Bata dan Batako

Hal-hal seperti ini dapat menghemat biaya membangun rumah yang dalam ilmu teknik sipil disebut dengan Value Engineering. struktur rumah juga harus dihitung dengan benar sehingga dapat ditentukan dimensi struktur dan jenis material yang digunakan.

Sehingga bisa didapatkan struktur yang kuat namun murah sebagai upaya cara bangun rumah murah. Dalam pelaksanaan pembangunan rumah dapat dihindari hal-hal yang dapat menyebabkan pemborosan penggunaan material.

Misalnya, adukan yang tercecer atau terlalu banyak menggunakan semen diatas perencanaan, di sinilah pembatasan material, dan untuk menghindari upaya pengurangan material dari perencanaan sebelumnya.

Baca juga: 4 Tips Menghemat Material Saat Membangun Rumah Minimalis

Karena, hal ini dapat berakibat tidak kuatnya rumah atau tidak mampu bertahan lama sehingga menyebabkan biaya tambahan untuk perbaikan rumah.

Pemeliharaan Rumah

Pemeliharaan rumah juga perlu dilakukan dengan baik, sehingga dapat mencegah biaya tambahan yang mungkin timbul akibat kerusakan bangunan.

Misalnya genteng bocor, apabila tidak secepatnya diperbaiki tentu akan menyebabkan kerusakan pada rangka atap atau plafon sehingga biaya perbaikan menjadi berlipat.

Baca juga: Membuat Gambar Rangka Atap Rumah

Contoh lain cara bangun rumah murah pada masa perawatan adalah dengan melakukan pengecatan pada bidang material bangunan yang tidak tahan terhadap cuaca misalnya besi pagar rumah.

Nah, itulah beberapa cara bangun rumah murah yang perlu kamu terapkan. Dengan begitu, diharapkan kamu bisa lebih menghemat budget saat membangun rumah. Selamat membangun rumah!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Wasiat yang Sah Menurut Hukum

Bicara soal wasiat tentu menjadi satu hal yang sensitif. Tak jarang, hal ini pun kerap menjadi pers

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Somasi dan Cara Membuatnya

Apakah kamu pernah mendengar surat somasi? Surat ini kerap dikaitan dengan dunia hukum. Biasanya pe

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengaduan dan Formatnya yang Benar

Dalam transaksi, terkadang ada beberapa hal yang kurang sesuai, baik dalam pembelian barang atau pe

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Contohnya

Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) umum digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya melama

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Keterangan Belum Menikah dan Cara Membuatnya

Surat keterangan belum menikah kerap diajukan sebagai salah satu dokumen ketika mengurus suatu hal,

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia