Pinhome

Tips Properti

Cara Membaca Skala Denah Rumah

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 2 July 2018 ∙ 2 menit membaca

Cara membaca skala gambar denah rumah yaitu dengan mengukur panjang object pada gambar lalu dikalikan dengan skala yang digunakan. jika gambar sudah diberikan keterangan ukuran maka tidak perlu repot-repot menghitung skalanya. penggunaan skala pada gambar bertujuan untuk menuangkan object sebenarnya agar muat dikertas sehingga bisa dipahami, ada skala yang sifatnya memperkecil seperti gambar desain rumah, ada juga skala yang sifatnya memperbesar seperti gambar detail mur baut pada mesin kendaraan.

Menggambar bangunan secara manual dikertas gambar dengan pensil atau bolpoin memerlukan perhitungan skala dengan bantuan kalkulator, namun itu tidak diperlukan jika menggambar memakai software seperti autocad, draft sight, dan sejenisnya. pembuatan skala dilakukan saat melakukan cetak print out. Berikut contoh pembacaan skala gambar.

Cara Membaca Skala Gambar Denah Rumah

(Denahom)
  1. Melihat keterangan teks ukuran yang tertera pada gambar denah rumah, dari situ kita bisa tahu berapa ukuranya sesuai dengan satuan yang dipakai apakah itu mili meter, centi meter, meter, ataukah satuan lainya.
  2. Jika ukuranya tidak tertera pada gambar maka kita bisa mengukur berapa panjang objek yang mau dicari ukuranya pada gambar menggunakan alat ukur penggaris. lalu melihat keterangan berapa skala yang dipakai. kemudian menghitung ukuran sebenarnya berdasarkan skala yang tertera pada gambar.

Contoh Menghitung Panjang Sebenarnya Berdasarkan Skala di Gambar

Contoh 1. Object diperkecil pada gambar

  1. Panjang garis dinding pada gambar denah rumah 7cm.
  2. skala gambar 1:100, artinya setiap 1cm dikertas gambar sama dengan 100cm pada ukuran obyek sebenarnya.
  3. ukuran sebenarnya 7cm : 1cm x 100cm = 700cm = 7m.
  4. Jadi panjang dinding rumah sebenarnya 7m.

Contoh 2. Object diperbesar pada gambar

  1. Panjang diamater baut pada gambar 10cm.
  2. Skala gambar 10:1, artinya yaitu setiap ukuran 10cm pada gambar sama dengan 1cm pada object sesungguhnya.
  3. ukuran sesungguhnya 10cm : 10cm x 1cm = 1cm.
  4. Jadi diamater baut sesunggugnya = 1cm.

Untuk gambar denah rumah rata-rata sudah diberikan ukuran ruanganya oleh drafter maupun arsitek, namun bisa jadi ada ukuran yang belum tertuang sehingga memerlukan perhitungan skala secara manual.


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel