Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Cara Memaster Burung Cucak Ijo

Hobi

Cara Memaster Burung Cucak Ijo

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Cara memaster burung cucak Ijo merupakan proses untuk membuat burung cucak ijo bisa menirukan suaru burung lain sehingga karakter suara khas burung tersebut dapat keluar dengan baik. Burung cucak ijo sendiri kita kenal sebagai burung yang pintar menirukan suara-suara di sekelilingnya. Hal yang paling utama dalam proses pemasteran ini agar suara materan terekam secara baik dalam memori burung adalah jarak dari suara masteran dan intensitas atau frekuensi suara yang diperdengarkan kepada burung cucak ijo.

Pada umumnya, cara memaster burung cucak ijo yang dilakukan para kicaumania adalah dengan memberikan suara burung masteran secara langsung atau dengan memperdengarkan suara burung masteran yang sudah direkam dengan audio mp3. Cara memaster burung cucak ijo dengan menggunakan suara asli burung pemaster akan cenderung lebih cepat dapat ditiru karena suaranya lebih jelas serta mempunyai irama hentakan yang mudah diserap langsung oleh burung yang dimaster. Namun jika anda tidak memiliki burung masterannya maka cara memaster burung cucak ijo bisa menggunakan rekaman mp3. Hanya saja anda harus pandai-pandai dalam memilih file audio mp3 yang memiliki suara dengan kualitas yang baik serta harus diedit agar memiliki jeda sehingga audionya tidak terus-terusan berbunyi yang dapat mengakibatkan burung cucak ijo anda stres.

Cara memaster burung cucak ijo dengan menggunakan burung master asli dapat dilakukan dengan cara meletakkan burung master didekat burung yang dimaster jaraknya  2 meter atau lebih (jangan sampai kurang dari 2 meter) dan burung cucak ijo anda harus dalam keadaan di krodong. Sedangkan burung masteran untuk dijadikan isian burung cucak ijo adalah burung kenari,  greja, cucak jenggot, lovebird, cililin dan ciblek kebun.

Adapun cara memaster burung cucak ijo dengan audio mp3 dapat anda lakukan dengan cara memilih waktu yang tepat untuk pemasteran, jarak audio mp3 masteran tidak terlalu dekat dan suara masteran dari audio mp3 jangan terlalu keras. Sebaiknya anda gunakan maksimal tiga audio masteran saja misalnya burung greja yang disambung burung cucak jenggot kemudian cililin dan setiap satu file audio mp3 harus ada jeda. Pada saat memaster, burung cucak ijo anda dalam keadaan dikrodong.

Berikut ini poin-poin penting tentang cara memaster burung cucak ijo agar cepat gacor:

  1. Pilihlah tempat pemasteran yang tenang dan tidak akan ada gangguan yang dapat mempengaruhi proses pemasteran seperti suara bising knalpot motor atau mobil.
  2. Jarak yang paling ideal pemasteran yaitu 2-4 meter. Dengan jarak demikian  biasanya suara akan terdengar lebih jelas sehingga akan memudahkan burung mengingat suara masteran.
  3. Nah kalau anda menggunakan burung asli, maka waktu yang cocok untuk memaster adalah pada setiap saat dan lakukan pada waktu yang sama. Sedangkan jika memakai perangkat audio mp3 mulailah memaster burung cucak ijo anda dari jam 12 siang sampai besok pagi.
  4. Hendaknya anda memilih karakter suara yang cocok untuk burung cucak ijo anda karena hal tersebut merupakan salah satu kunci sukses pemasteran.
  5. Waktu yang tepat Untuk memaster burung cucak ijo adalah saat burung mengalami mabung nyulam dengan ditandai jatuhnya 1 sampai 2 ekor bulu sayap/ekor.
  6. Walaupun burung cucak ijo termasuk burung yang pandai dan cepat menirukan suara disekelilingya akan tetapi juga akan mudah melupakannya maka dari itu intensitas dalam memperdengarkan burung masteran harus menjadi perhatian.
  7. Pastikan bahwa burung cucak ijo yang dimaster adalah cucak ijo yang berjenis kelamin jantan.

Demikian informasi yang saya sampaikan tentang cara memaster burung cucak ijo agar cepat gacor. Tentu saja cara tersebut tidak menjadi mutlak karena setiap kicaumania kadang memiliki pengalaman yang berbeda-beda dalam memaster burung cucak ijo ini.

Tags :

Bagikan Artikel