Pinhome

Cara Memaster Burung Cucak Ijo Agar Cepat Gacor

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 10 October 2021 ∙ 4 menit membaca

Cara memaster Cucak Ijo merupakan proses untuk membuat burung Cucak Ijo bisa menirukan suara burung lain, sehingga karakter suara khas burung tersebut dapat keluar dengan baik. Burung Cucak Ijo sendiri dikenal sebagai burung yang pintar menirukan suara-suara di sekelilingnya.

Hal yang paling utama dalam proses pemasteran ini agar suara materan terekam secara baik dalam memori burung adalah jarak dari suara masteran dan intensitas atau frekuensi suara yang diperdengarkan pada burung Cucak Ijo. Berikut ini informasi lengkap tentang cara memaster Cucak Ijo yang baik dan benar.

Baca juga: Ciri-Ciri Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina

Cara Memaster Cucak Ijo

Cara Memaster Cucak Ijo

Pada umumnya, cara memaster Cucak Ijo yang dilakukan para kicau mania adalah dengan memberikan suara burung masteran secara langsung atau dengan memperdengarkan suara burung masteran yang sudah direkam dengan audio mp3.

Cara memaster Cucak Ijo dengan menggunakan suara asli burung pemaster akan cenderung lebih cepat ditiru karena suaranya lebih jelas, serta mempunyai irama hentakan yang mudah diserap langsung oleh burung yang dimaster.

Namun, jika kamu tidak memiliki burung masterannya maka masteran bisa menggunakan rekaman mp3. Hanya saja kamu harus pandai-pandai dalam memilih file audio mp3 yang memiliki suara dengan kualitas yang baik serta harus diedit agar memiliki jeda sehingga audionya tidak terus-terusan berbunyi dan dapat mengakibatkan burung stres.

Baca juga: Perawatan Burung Cucak Ijo Untuk Lomba Agar Menjadi Juara

Masteran Burung Asli

Cara memaster Cucak Ijo dengan menggunakan burung asli dapat dilakukan dengan cara meletakkan burung master didekatnya dengan jarak 2 meter atau lebih (jangan sampai kurang dari 2 meter) dan burung yang dimaster harus dalam keadaan di krodong. Sedangkan burung masteran untuk dijadikan isian Cucak Ijo adalah burung Kenari,  burung Greja, Cucak Jenggot, burung Lovebird, Cililin dan Ciblek Kebun.

Masteran Mp3

Adapun cara memaster Cucak Ijo dengan audio mp3 dapat dilakukan dengan cara memilih waktu yang tepat untuk pemasteran, jarak audio mp3 masteran tidak terlalu dekat dan suara masteran dari audio mp3 jangan terlalu keras. Sebaiknya, gunakan maksimal tiga audio masteran saja misalnya burung Greja yang disambung burung Cucak Jenggot, kemudian Cililin dan setiap satu file audio mp3 harus ada jeda. Pada saat memaster, burung Cucak Ijo harus dalam keadaan dikrodong.

Poin Penting Memaster Cucak Ijo 

Cara Memaster Cucak Ijo

  1. Pilihlah tempat pemasteran yang tenang dan tidak akan ada gangguan yang mempengaruhi proses pemasteran seperti suara bising knalpot motor atau mobil.
  2. Jarak yang paling ideal pemasteran yaitu 2-4 meter. Dengan jarak demikian biasanya suara akan terdengar lebih jelas sehingga akan memudahkan burung mengingat suara masteran.
  3. Jika menggunakan burung asli, waktu yang cocok untuk memaster adalah pada setiap saat dan lakukan pada waktu yang sama. Sedangkan jika memakai perangkat audio mp3 mulailah memaster burung dari jam 12 siang sampai besok pagi.
  4. Hendaknya memilih karakter suara yang cocok untuk burung, karena hal tersebut merupakan salah satu kunci sukses pemasteran.
  5. Waktu yang tepat Untuk memaster Cucak Ijo adalah saat burung mengalami mabung nyulam dengan ditandai jatuhnya 1 sampai 2 ekor bulu sayap/ekor.
  6. Walaupun Cucak Ijo termasuk burung yang pandai dan cepat menirukan suara disekelilingya akan tetapi juga akan mudah melupakannya. Maka dari itu, intensitas dalam memperdengarkan burung masteran harus menjadi perhatian.
  7. Pastikan bahwa Cucak Ijo yang dimaster adalah Cucak Ijo jantan.

Demikian informasi yang tentang cara memaster Cucak Ijo agar cepat gacor. Tentu saja cara tersebut tidak sepenuhnya mutlak, karena setiap kicau mania memiliki pengalaman yang berbeda-beda dalam memaster burung Cucak Ijo. 

Baca juga: Makanan Burung Cucak Ijo Agar Cepat Gacor


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Perjanjian Kerjasama dan Cara Benar Membuatnya

Sebuah perusahan tentu tak bisa berdiri sembari. Untuk memperluas cangkupan bisnis diperlukan kerja

Edukasi
Edukasi 3 Contoh Surat Rekomendasi dan Cara Membuatnya yang Benar

Surat rekomendasi kerap dibutuhkan dalam berbagai keperluan, seperti melamar pekerjaan serta mencar

Edukasi
Edukasi 6 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit, Semua Posisi!

Pinhome - Sebagai lulusan tenaga ahli medis, kamu juga perlu membuat surat lamaran kerja ke rumah s

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank, Lengkap! 

Pinhome - Ingin bekerja sebagai pegawai bank yang ada di Indonesia? Bank di Indonesia biasanya memb

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan dan Contohnya

Walau zaman sudah modern, tapi masih ada perusahan tertentu yang memilih untuk menggunakan surat la

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia