Pinhome

Tips Properti

Cara memasang jendela sudut dinding rumah tinggal

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Cara memasang jendela sudut dinding rumah itu berbeda dengan yang posisinya berada di tengah, namun yang berbeda hanya perletakan serta perkuatan kolomnya saja. karena posisi sudut itu biasanya jatahnya kolom struktur tapi disini digantikan oleh jendela, jadi perlu dipikirkan posisi pengganti untuk meletakan kolom ditempat yang pas agar bangunan tetap bisa birdiri dengan kuat serta kokoh.

Model jendela sudut banyak dipakai untuk mempercantik rumah minimalis sehingga bangunan terlihat lebih indah, dari segi fungsi juga cukup bagus untuk melihat view dari sudut ruangan, apalagi kalau disisi luarnya diletakan taman beserta air terjun mini, seakan lengkap sudah keindahan lingkungan disekitar rumah.

Contoh gambar jendela sudut dinding rumah

jendela sudut dinding rumah
(Jendela sudut dinding rumah)

Pada gambar detail jendela tersebut bisa kita lihat ada 3 buah, dimana yang paling bawah berupa denah, sedangkan 2 diatasnya merupakan tampak jendela dari kedua sisi sudut rumah. pada denah terdapat 2 kotak yang diarsir abu-abu merupakan kolom praktis, jadi yang seharusnya letak kolom praktisnya berada persis di sudut dinding dirubah ke posisi kedua ujung jendela. akan sangat beresiko jika keberadaan kolomnya dihilangkan sehingga beban atap harus ditanggung oleh dinding tanpa kolom yang beresiko retak atau bahkan runtuh.

Cara memasang jendela sudut dinding rumah

Cara yang pertama yaitu dengan memasang dan memperkuat terlebih dahulu kolom struktur lalu dipasang dinding sebagai penyekat ruangan, jendela dipasang belakangan saja dengan diletakan diposisi yang pas pada sudut dinding rumah.

Cara yang kedua yaitu dengan memasang jendela secara bersamaan dengan pengecoran kolom prakris, yaitu jendela dipasang bersamaan dengan bekisting kolom, jadi saat dilakukan pengecoran akan membuat posisi ikatan kusen jendela ke dinding menjadi lebih kuat.

Begitulah gambaran mengenai jendela sudut rumah beserta penjelasan mengenai cara memasangnya, oh ya.. materialnya bisa disesuaikan dengan perletakan dindingnya, jika posisi dindingnya terlindung oleh atap maka boleh memakai kusen kayu, sedangkan jendela yang langsung berhubungan dengan hujan serta terik matahari sebaiknya memakai material yang tahan terhadap cuaca seperti alumunium, galvalum atau bahan bangunan sejenisnya.

Tags :

Bagikan Artikel