Perlu Tahu! 19 Cara Jitu Memanjangkan Rambut Secara Alami

Dipublikasikan oleh Julia Anggraini ∙ 17 July 2021 ∙ 9 menit membaca

Rambut adalah makhota yang harus dijaga kesehatan dan kekuatannya. Kondisi rambut juga mencerminkan kepribadian dari pemiliknya. Maka dari itu, merawat rambut itu sangat penting dan sepertinya harus dilakukan oleh setiap orang.

Terdapat berbagai cara merawat rambut untuk pria, misalnya dengan memakai shampoo, conditioner, masker rambut, tonic, dan sebagainya. Beberapa perawatan tersebut sangat baik dan dianjurkan untuk kesehatan rambut.

Dalam memanjangkan rambut, tentunya diperlukan produk yang tepat agar rambut dapat ternutrisi sehingga menghasilkan rambut yang indah dan berkilau. Salah satunya adalah bahan alami.

Apa saja ya cara memanjangkan rambut secara alami? Simak di artikel satu ini ya.

Baca juga: 6 Rekomendasi Vitamin Rambut, Atasi Semua Masalah Rambutmu!

Pakai Racikan Minyak Zaitun dan Kemiri

(Shutterstock)

Cara memanjangkan rambut dengan cepat secara tradisional ini adalah dengan menggunakan racikan minyak zaitun dan kemiri. Minyak zaitun mengandung protein, antioksidan, dan antimikroba yang dapat bermanfaat untuk menutrisi rambut.

Cara memakainya yaitu pertama siapkan campuran minyak zaitun dan kemiri, kemudian tuang sedikit ke tangan dan oles-oleskan ke rambut serta kulit kepala. Lakukan hingga merata dan semua bagian kulit kepala ter olesi dengan minyak zaitun. Biarkan hingga kering kemudian kamu bisa keramas seperti biasa.

Manfaatkan Santan

(Shutterstock)

Santan merupakan bahan yang mampu memanjangkan rambut dengan cepat. Santan dapat melembabkan rambut dan kulit kepala serta mengurangi ketombe.

Cara menggunakan santan sebagai ramuan pemanjang rambut yaitu pertama siapkan kelapa yang sudah diparut, setelah itu beri air dan peras hingga menjadi santan. Ambil beberapa sendok santan dan oleskan ke rambut kepala hingga merata.

Jangan lupa juga untuk meratakan santan ke kulit kepala hingga merata. Setelah itu biarkan hingga kering kemudian Anda bisa membersihkannya dengan cara keramas.

Masker Rambut dengan Putih Telur

(Shutterstock)

Bagian telur yang dipakai untuk memanjangkan rambut adalah bagian putih telur. Putih telur memiliki kandungan protein yang baik untuk merawat rambut rontok, membantu meregenerasi sel kulit yang mati, dan menjaga keratin tetap utuh.

Pisahkan telur dan ambil putih telurnya saja. Jika sudah, kocok hingga rata dan ratakan pada kulit kepala. Biarkan selama setengah jam dan bersihkan rambut Anda dengan cara keramas seperti biasanya. Agar bau amisnya hilang, maka kamu bisa memakai pewangi rambut.

Gunakan Lidah Buaya

(Shutterstock)

Lidah buaya dari dahulu memang sangat dipercaya mampu membuat rambut lebat dan panjang. Sebab lidah buaya mengandung berbagai senyawa yang akan merangsang pertumbuhan rambut, sehingga rambut akan cepat panjang.

Pertama-tama siapkan lidah buaya kemudian cucilah sampai bersih. Setelah itu potong menjadi beberapa bagian dan ambil lendirnya saja. Jika lendir dari lidah buaya sudah terkumpul cukup banyak, maka saatnya untuk mengoleskan lendir tersebut ke seluruh rambut dan kulit kepala.

Biarkan selama setengah hingga satu jam agar nutrisi dari dalam lidah buaya meresap ke kulit rambut. Setelah itu bersihkan rambut Anda dengan cara keramas seperti biasanya. Lakukan cara ini setiap hari agar rambut cepat panjang dan lebat.

Cuka Apel

(Shutterstock)

Apakah kamu tahu, cuka apel juga bermanfaat untuk menjaga dan menumbuhkan rambut, lho!

Cuka apel mengandung Alpha-Hydroxy Acids atau (AHA) yang dapat berguna untuk menghaluskan rambut kering dan kaku dengan memberi pelapis pada rambut agar tetap terhidrasi. Cuka apel juga dapat menghilangkan ketombe, merangsang pertumbuhan rambut, serta mengatasi rambut yang berminyak.

Baca juga: Rekomendasi Produk Untuk Rambut Kering dan Mengembang

Perbanyak Konsumsi Protein

(Shutterstock)

Dalam merangsang pertumbuhan rambut, kamu memerlukan protein dan asam amino. Selain itu, kedua hal ini dapat memperkuat folikel rambut agar tidak mudah rontok.

Pins harus mendapatkan asupan protein yang cukup. Kamu dapat mengonsumsi kacang-kacangan, daging, sayuran, serta susu. Namun, jagan berlebihan ya! Secukupnya saja.

Kurangi Pemakaian Hair Dryer

(Unsplash.com)

Memakai hair dryer untuk mengeringkan rambut memang menjadi cara yang cepat dan praktis. Namun tahukah kamu bahwa udara panas dari hair dryer akan membuat rambut menjadi kering, patah, lalu mudah rontok.

Pins dapat mengeringkan rambut di bawa sinar matahari atau menggunakan kipas angin. Cara ini lebih dianjurkan dibandingkan memakai hair dryer. Gunakan hairdryer pada keadaan yang mendesak saja.

Diet Sehat

(Unsplash.com)

Ternyata asupan yang masuk ke dalam tubuh itu sangat penting lho Pins. Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh memang disarankan memenuhi 4 sehat 5 sempurna. Gizi yang baik akan mempengaruhi kinerja di dalam tubuh. Mulailah untuk mengkonsumsi makanan bergizi dan memperbanyak beberapa zat penting untuk pertumbuhan rambut. Seperti, zat besi, omega 3 dan zinc. 

Makanan yang banyak mengandung zinc dapat Pins dapatkan dari daging sapi, seafood, kacang-kacangan, kentang, telur, susu dan masih banyak lagi. Sesuaikan dengan kebutuhan ya Pins dan konsumsi dengan takaran yang cukup tidak berlebih.

Rajin Potong Rambut Bercabang

cara memanjangkan rambut
(pixabay.com)

Memotong rambut ternyata bisa merangsang pertumbuhan rambut baru sehingga bisa menjadi tebal.

Sebagian besar dari Pins pasti memotong rambut bila sudah bercabang ataupun bila memang terasa sudah cukup panjang.

Padahal hal tersebut kurang efektif. Jika kamu rajin meluangkan waktu untuk memotong rambut, maka semakin cepat pula pertumbuhan rambut setelahnya. Selain cepat memanjangkan rambut, cara ini pun akan membuat rambut lebih sehat.

Baca juga: 17 Rekomendasi Serum Rambut

Mandi Air Hangat

(Pixabay.com)

Mandi air hangat juga bisa jadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan rambut, lho!

Mandi air hangat dapat membuka kutikula rambut, mengangkat sel kulit mati, kotoran, minyak, serta ketombe. Selain itu, kepala dan rambut kamu juga akan terasa semakin lembap dan produk rambut yang kamu pakai dapat lebih mudah terserap khasiat dan nutrisinya.

Jangan Keramas Setiap Hari

Agar rambut cepat panjang, maka sebaiknya jangan keramas setiap hari. Sebab keramas setiap hari bisa menghilangkan minyak rambut yang alami dihasilkan oleh kulit. Apabila minyak alami pada rambut ini hilang maka rambut akan menjadi kering dan pertumbuhannya tidak maksimal. Sebaiknya keramas setidaknya dua hingga tiga kali seminggu.

Sesudah kamu keramas, sebaiknya siramlah menggunakan air dingin. Hal ini karena air dingin akan membantu melembutkan kutikula rambut serta mencegah kekeringan pada rambut.

Usahakan untuk tidak menyiram rambut menggunakan air panas karena bisa menyebabkan kerusakan pada rambut.

Hindari Begadang

(Shutterstock)

Apakah kamu tahu, begadang dapat berdampak buruk pada kesehatan. Salah satu efeknya adalah rambut lebih cepat rontok. Tidak hanya rontok ringan, jika kamu terlalu sering begadang, kamu dapat berpotensi mengalami kebotakan, lho!

Hal ini terjadi karena sel-sel tidak dapat bergenerasi dengan baik. Selain itu, begadang juga dapat berakibat buruk pada semua aspek dalam tubuh.

Istirahatlah yang cukup. Karena istirahat merupakan salah satu cara memanjangkan rambut yang mudah dan gratis.

Pakailah Conditioner Sesudah Keramas

(Shutterstock)

Memakai conditioner saat keramas akan membantu menyuburkan rambut. Conditioner akan menggantikan lipid serta protein yang seiring hilang dari batang rambut. Conditioner juga akan menutup kutikula supaya tidak terjadi kerusakan pada rambut.

Pakailah conditioner seminggu sekali dan cara memakainya yaitu balurkan hingga ujung rambut. Sebaiknya jangan digunakan pada kulit kepala karena bisa menyebabkan rambut menjadi rontok.

Kurangi Berenang

(Shutterstock)

Kolam renang mengandung kaporit dan klorin yang dapat mengikis minyak alami pada kepala sehingga nantinya rambut kamu akan cepat kering.

Rambut yang kering akan menjadi rapuh serta melemahkan kekuatannya sehingga mudah bercabang. Kulit kepala juga akan lebih rentan gatal, kering, dan mudah pecah-pecah.

Baca juga: Ikuti Model Potongan Rambut Pendek Anak yang Membuat Mereka Tampak Lucu

Memakai Teh Hijau

(Shutterstock)

Enak diminum, bermanfaat pula untuk rambut. Teh hijau telah dibuktikan secara klinis memiliki kandungan antioksidan EGCG yang dapat menghambat hormon kerontokan rambut.

Pengaplikasiannya pun mudah. Pins cukup mengusapkan teh hijau yang sudah tidak terpakai pada kulit kepala dan didiamkan kurang lebih 45 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin.

Hindari Menyisir Rambut Dalam Keadaan Basah

Menyisir rambut saat kondisi rambut masih basah akan membuat rambut rontok dan cepat rusak. Hal ini karena rambut yang masih basah itu lemah dan mudah rusak. Maka dari itu, sebaiknya sisir rambut Anda ketika sudah kering, sehingga kerusakan dan kerontokan pada rambut bisa dikurangi.

Untuk mencegah rambut dari kerontokan, kamu bisa menyisir rambut dua kali sehari. Sebaiknya gunakan sabun yang bergigi jarang dan halus, hal ini bertujuan untuk mencegah kerontokan pada rambut.

Selain itu, saat menyisir rambut bisa memakai jari dan lakukan secara perlahan. Jangan tarik-tarik rambut kamu saat menyisir karena akan menyebabkan kerusakan pada kulit kepala serta akar rambut.

Memijat Kulit Kepala dengan Rutin

cara memanjangkan rambut
(portalmadura.com)

Luangkan sedikit waktu milik Pins untuk melakukan refleksi pemijatan kepala baik oleh terapis maupun sendiri. Dengan cara sendiri pun Pins dapat maksimal. Caranya adalah dengan melakukan pemijatan saat keramas sendiri.

Pemijatan secara berkala pada kepala dipercaya akan mempercepat penumbuhan rambut dengan cepat sekaligus membuat kulit kepala lebih bersih. Mengapa hal seperti itu bisa terjadi? Hal tersebut terjadi dikarenakan dengan pemijatan yang baik akan melancarkan sirkulasi darah di bawah kulit.

Memakai Minyak Esensial

cara memanjangkan rambut
(Pexels.com)

Nah, selain menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, Pins pun juga bisa menambahkan minyak esensial alami di kulit kepala hingga ujung rambut secara berkala. Salah satu cara memanjangkan rambut secara cepat ini dapat Pins lakukan menggunakan minyak alami seperti minyak zaitun, minyak kelapa ataupun minyak biji labu.

Salah satu penelitian yang dikutip dari Hindawi menyatakan bahwa minyak biji labu juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut khususnya pria dari sampel yang telah melakukan uji coba. Jadi apa Pins mulai tertarik menggunakan minyak biji labu?

Jangan Menutup Rambut Basah Dengan Handuk

Menutup rambut basah dengan handuk atau menutupnya akan membuat rambut kusut dan rusak. Kebiasaan ini mungkin sering sekali dilakukan kebanyakan orang, mereka menganggap aktivitas ini akan mempercepat rambut yang basah menjadi kering.

Maka dari itu, setelah membaca ini sebaiknya hindari membungkus rambut dengan handuk. Cara ini bertujuan supaya rambut kamu tidak rusak dan tetap terawat.

Jadi bagaimana Pins? Cukup mudah bukan untuk membuat rambut Pins lebih cepat panjang. Dengan rangkaian cara memanjangkan rambut di atas, Pins dapat melakukannya tanpa biaya yang berlebih. Cukup dengan niat yang kuat dan konsistensi diri. Apa pins sudah siap untuk menyambut rambut panjang dan sehat milik Pins?

Baca juga: Ini Dia Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Bryan Dharmanta

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Inspirasi Keramik Dinding Kamar Mandi Biru yang Menenangkan

Keramik dinding kamar mandi biru sering dianggap pilihan terbaik karena mendukung rasa tenang dan a

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Model Keramik Motif Paving Terbaru

Paving sudah tidak asing lagi sebagai bagian dari lantai atau area jalan yang biasa dipasang di dep

Lifestyle
Lifestyle 10 Cara Restart Laptop yang Cepat di Windows & Mac OS

Saat laptop tiba-tiba macet dan not responding ketika dioperasikan, banyak yang memilih cara restar

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Inspirasi Keramik Backsplash Dapur yang Cantik

Keramik backsplash adalah salah satu solusi dapur tetap bersih dan estetik dipandang. Hal tersebut

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Pintu Kaca Tempered Glass, Yuk Cek!

Ingin pakai pintu kaca untuk membuat rumah tampak mewah? Pintu kaca memang dapat membuat kesan mewa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia