Pinhome

Cara Memandikan Cucak Ijo yang Baik dan Benar

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 13 October 2021 ∙ 3 menit membaca

Cucak Ijo sebagai salah satu burung kicau, kini sering dicari para penggemar burung. Tentu saja hal ini karena burung Cucak Ijo memiliki kelebihan yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Salah satunya adalah tampilan fisik yang indah dengan berbalut bulu yang dominan hijau, suara gacor yang khas dan termasuk burung yang mudah dijinakan, sekalipun hasil tangkapan dari hutan.

Sehingga Cucak Ijo mudah dilatih baik sebagai burung masteran, perlombaan, atau sebagai teman santai di rumah. Hal tersebut cukup beralasan karena dihabitat aslinya (di alam liar) burung ini cukup ngotot meladeni suara kicau yang dikeluarkan burung lain.

Tentu saja kelebihan tersebut dapat dieksploitasi dengan baik jika Cucak Ijo dipelihara dengan benar. Baik dari pemberian makanan burung Cucak Ijo, cara memaster Cucak Ijo, cara memandikan burung Cucak Ijo, serta penjemurannya harus dilakukan secara tepat.

Bagi para kicau mania yang sudah berpengalaman, cara memandikan Cucak Ijo bukanlah suatu pekerjaan yang berat. Namun tentu saja bagi para pemula harus belajar banyak bagaimana cara memandikannya.

Nah, di sini kami akan memberikan cara memandikan Cucak Ijo yang tepat agar burung cepat jinak. Simak sampai habis ya, Pins!

Cara Memandikan Cucak Ijo

cara memandikan cucak ijo

Cara memandikan Cucak Ijo dapat dilakukan setiap pagi kemudian dijemur dengan lama penjemuran sekitar 30 menit sampai dengan 1 jam. Memandikan bermanfaat untuk merangsang burung menjadi lebih rajin berbunyi.

Sedangkan penjemuran dengan waktu yang cukup dapat membuat burung memiliki nafas lebih panjang, sehingga burung akan bisa berkicau dengan durasi lebih panjang. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Keluarkan burung cucak ijo sejak dari subuh agar menghirup udara segar dipagi hari, biasanya disebut sebagai pengembunan.
  2. Nah ketika matahari sudah muncul mandikan burung cucak ijo anda, bisa menggunakan sprai atau dengan keramba mandi disesuaikan dengan kebiasaan.
  3. Pada saat burung Cucak Ijo mandi di keramba, sebaiknya bersihkan kotoran-kotorannya yang menempel pada sangkar. Hal ini berguna untuk menghindari bakteri atau kutu yang bisa berkembang biak sehingga akan mengganggu.
  4. Setelah mandi pagi hari di keramba, jemur burung maksimal sampai jam 10 saja. Setelah itu angin-anginkan burung di teras rumah.
  5. Berikan buah pisang untuk makanan hariannya, jika Cucak Ijo belum diberikan voer. Caranya olesi dulu pisang dengan madu secukupnya. Selain pisang, buah pepaya dan apel juga dapat diberikan satu atau dua minggu sekali sebagai selingan.
  6. Pakan serangga seperti jangkrik dapat diberikan rutin setiap pagi dan sore hari dengan ditambah ulat kandang sejumput. Hal tersebut berguna untuk membiasakannya dengan pakan serangga yang berprotein tinggi.
  7. Jika akan melakukan proses pemasteran maka burung harus dikerodong. Pemasteran dapat dilakukan ditempat yang tenang dan tidak akan muncul suara-suara bising yang akan mengganggu.
  8. Lakukan perawatan tersebut secara konsisten agar Cucak Ijo cepat jinak dan gacor.

Demikianlah beberapa hal yang harus kamu perhatikan tentang cara memandikan Cucak Ijo sebagai bagian penting dari perawatan. Melalui perawatan yang telaten dan rutin, burung Cucak Ijo = akan menunjukkan kelebihannya yang mumpuni.

Artikel terkait:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel