Pinhome

Cara Melindungi Rumah Dari Debu Membandel

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Debu yang mengotori rumah, paling banyak berasal dari luar, seperti misalnya debu jalanan. Jumlahnya cukup fantastik, yakni lebih dari 90 persen. Tidak mengherankan sebenarnya, sebab penghuni rumah memasuki rumah mereka setelah seharian melakukan berbagai aktivitas di luar rumah. Akan tetapi perlu diketahui bahwa debu ternyata tak hanya berasal dari luar. Kertas, kain, dan pakaian-pakaian berbahan dasar kulit juga bisa memunculkan banyak debu.

Debu sangat mudah menempel pada tempat-tempat seperti dinding, langit-langit, perabotan rumah tangga, karpet, dan sofa. Bahkan debu pun bisa berterbangan di udara dan ikut menempel di kipas angin. Di samping itu, bagian dalam lemari juga menjadi tempat menempelnya debu sehingga membuat kotor pakaian-pakaian dan barang lain yang terdapat di dalamnya. Untuk melindungi rumah dari debu sekaligus membersihkan tempat-tempat yang sering didapati debu kotoran membandel, ada beberapa cara yang bisa diterapkan. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Menggunakan Kain Kasa Atau Jaringan Untuk Ventilasi yang Terbuka

Memasang kain kasa atau jaring-jaring kecil pada ventilasi bisa mencegah masuknya nyamuk ke dalam rumah. Tak hanya itu, debu yang masuk juga akan berkurang sebab debu telah tersaring atau terfilter.

Menggunakan Gorden Berbentuk Jaring-Jaring

Jendela dan ventilasi memiliki peranan penting dalam menjaga sirkulasi udara dan cahaya di dalam rumah. Karena itulah untuk meminimalisir jumlah debu yang masuk tanpa harus menutup jendela dan ventilasi, pemakaian gorden dengan bentuk jaring-jaring sangat perlu diterapkan.

Meletakkan Keset di Depan Pintu Rumah

Salah satu hal yang membuat kotor rumah yaitu partikel debu atau kotoran tanah yang terbawa kaki si pemilik rumah dari luar. Maka dari itu sangat penting untuk meletakkan keset di depan pintu rumah.

Melindungi Bagian Dalam Lemari

Banyak sekali debu yang sulit terlihat oleh mata pada barang-barang di dalam lemari seperti pakaian, handuk, dan selimut. Untuk mengurangi debu di dalam lemari, gunakan beberapa lemari yang terpisah dengan banyak pintu.

Membersihkan Rumah Dari Debu Dengan Vacuum Cleaner

Agar debu yang sudah dibersihkan tidak kembali lagi, gunakanlah vacuum cleaner.

Mengepel dan Mengelap

Mengepel lantai setelah menyapu merupakan cara efektif untuk membersihkan debu atau sisa kotoran yang tidak ikut tersapu. Supaya debu tidak mudah menempel, lap lantai yang telah dipel menggunakan kain kering.

Menjemur Karpet dan Kasur Sebulan Sekali

Untuk menghilangkan bakteri dan kuman, jemur karpet serta kasur setidaknya satu kali dalam sebulan. Setelah dijemur, pukul-pukul menggunakan pemukul dari rotan supaya debu ikut hilang.

Demikian beberapa cara yang bisa diterapkan untuk melindungi dan membersihkan rumah dari debu yang membandel. Jika rutin membersihkannya maka rumah bisa terbebas dari debu. Semoga bermanfaat.

Tags :

Bagikan Artikel