Cara Melatih Mental Kolibri untuk Lomba

Diperbarui oleh Nirmalasari ∙ November 30, 2021 ∙ 4 menit membaca

Cara Melatih Mental Kolibri untuk Lomba – Burung kolibri atau yang juga disebut dengan burung madu merupakan salah satu jenis burung kecil yang saat ini mulai naik daun. Dikalangan kicaumania sendiri, burung-madu bakau itu lebih dikenal dengan nama burung kolibri (konin). Dikarenakan warna bulu-bulunya yang hitam mengkilap seperti seragam pasukan saat beraksi. Jenis burung mungil ini cukup populer dikalangan kicaumania, dan banyak dipelihara para pecinta burung untuk dilombakan.

Cara Melatih Mental Kolibri untuk Lomba

Mental Kolibri

Tetapi, seperti jenis burung kicauan yang lainnya, tidak semua mental kolibri itu bagus dan bisa dilombakan. Terutama jika belum siap mentalnya. Karena itulah, Anda perlu merawatnya dengan secara konsisten, dibarengi pula dengan pelatihan tertentu supaya burung benar-benar siap untuk bertempur di lapangan. Artikel kali ini yang akan menjelaskan tips-tips melatih mental burung kolibri agar siap dilombakan.

Baca juga : Jenis Burung Kolibri Lengkap Dengan Gambar

Burung kolibri yang masih belum siap mental untuk dilombakan biasanya akan lebih banyak diam. Atau juga terkadang disertai dengan gaya ngobra yang khas. Karena itulah, sebelum melombakan burung konin dalam sebuah latihan bersama atau lomba, ada baiknya anda atau kita menyiapkan mentalnya terlebih dahulu.

Cara Melatih mental Kolibri supaya siap dilombakan bisa dilakukan dengan menerapkan beberapa tips-tips berikut ini:

  • Salah satu ciri-ciri burung bermental bagus yaitu lahap mengkonsumsi pakan, yang terutama kroto. Pemberian kroto bagi burung kolibri memiliki manfaat yang sangat besar. Selain menjaga kondisinya, kroto ini juga mampu mendongkrak stamina serta mentalnya.
  • Selain kroto, pakan-pakan tambahan lainnya yang bisa diberikan kepada burung konin adalah nektar (air gula/madu), laba-laba kecil, dan juga ulat hongkong warna putih.
  • Banyak konin mania yang memelihara lebih dari seekor burung konin. Jika ingin mengkondisikan salah satunya supaya siap dilombakan, sebaiknya burung tersebut dipisahkan dari burung-burung sejenis, kurang lebih selama satu minggu. Selama masa karantina, burung kolibri diperdengarkan audio mp3 guna memancing emosinya (jangan terlalu sering diputar).
  • Untuk burung konin yang sama sekali belum pernah dilombakan, atau juga masih minim pengalaman. Maka mentalnya bisa dilatih dengan cara mengajaknya jalan-jalan ke arena lomba, lalu digantang di area tersebut. Hal tersebut untuk melatih burung konin beradaptasi dengan suasana dan juga keramaian dari suara kolibri lain yang sedang bertarung.
  • Untuk mendongkrak mental tarung konin juga bisa dilakukan dengan cara pengecasan/ditempel dengan burung betina, satu hari sebelum dilombakan.
  • Biasakan anda melakukan pengerodongan sangkar, yang terutama pada siang hingga sore hari. Dengan demikian, burung konin bisa beristirahat dan tidak terlalu banyak mengeluarkan energi yang tidak diperlukan. Sore harinya, kerodong bisa anda buka dan burung dibiarkan berkicau secara bebas.
  • Pemberian kerodong juga dilakukan pada malam hingga pagi harinya.
  • Pagi harinya, biasakan mengembunkan burung konin di luar rumah.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sejumlah koninmania pun juga kerap memberikan suplemen BirdPower yang bisa membantu meningkatkan daya tahan serta mental. BirdPower bahkan sudah teruji oleh banyak para kicaumania, karena terbukti bisa meningkatkan performa burung ketika dilombakan.

Note:

Seluruh jenis burung-madu (termasuk konin) termasuk dalam daftar jenis burung yang dilindungi di Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 / Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa. Bagi yang memeliharanya, disarankan untuk ikut membudidayakannya di rumah masing-masing. Semoga kita bisa menjalani hobi burung kicauan secara bermartabat.

Kesimpulan

Dalam melatih mental burung madu betuh perawatan secara konsisten, dibarengi pula dengan pelatihan tertentu supaya burung benar-benar siap untuk bertempur di lapangan. Hal tersebut berlaku untuk melatih mental kolibri ninja, kolibri sepah raja, kolibri wulung, kolibri kelapa, kolibri black sunbird, melatih mental kolibri, melatih mental kolibri jawa, kolibri matari, kolibri merah, melatih mental kolibri merak, melatih mental kolibri sangihe dan melatih mental kolibri sriganti. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan tentang Cara Melatih Mental Kolibri untuk Lomba.

Baca Juga:

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Apa Fungsi Aplikasi Idebku? Berikut Cara Menggunakannya

Belum lama, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi merilis aplikasi untuk mengecek status BI checking s

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Model Teras Rumah Pedesaan yang Sederhana

Siapa yang tidak rindu dengan suasana hunian khas pedesaan? Jauh dari hiruk pikuk kota, suasananya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Inspirasi Taman Air Terjun Dinding Minimalis untuk Outdoor dan Indoor

Taman air terjun dinding minimalis bukan hanya mempercantik dekorasi rumah, tetapi juga memberikan

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Pencari Kost

Pins sedang kebingungan mencari tempat kost terbaik? Mau survey keliling tapi tidak punya waktu? At

Lifestyle
Lifestyle 14 Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik

Rekomendasi aplikasi catatan keuangan terbaik ini cocok untuk Pins yang ingin mengelola keuangannya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia