Rahasia Melatih Jalak Kebo - Pinhome

Pinhome

Cara Melatih Jalak Kebo Bisa Bicara Dengan Cepat

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 28 February 2021 ∙ 9 menit membaca

Pinhome – Jalak Kebo merupakan salah satu jenis burung kicau dari keluarga sturnidae genus acridotheres yang dapat dijumpai di Indonesia. Burung yang juga dikenal dengan sebutan kerak kerbau ini masih satu keluarga dengan jalak beberapa jenis burung jalak lainnya seperti Jalak Bali, Jalak Putih dan beberapa jenis jalak lainnya.

Kemampuan burung ini dapat menirukan berbagai macam suara termasuk suara manusia atau yang dikenal Jalak Kebo bisa bicara. Kendati demikian, tidak semua burung Jalak Kebo dapat belajar bicara sendiri. Burung Jalak ini juga memerlukan latihan agar dia bisa bicara secara lancar.

Latihan burung Jalak Kebo tidak terlalu sulit dan tidak merepotkan agar Jalak Kebo bisa bicara. Yang penting, Pins menyempatkan waktu bicara secara intens dengan burung tersebut. Dengan begitu, Jalak Kebo akan semakin dan mulai menanggapi pembicaraan Pins, meskipun kemampuan Jalak Kebo bisa bicara hanya sepatah dua patah kata saja.

Cara Melatih Jalak Kebo Bisa Bicara Dengan Cepat

Bagi Pins yang ingin melatih Jalak Kebo agar cepat bicara layaknya manusia yang sedang ngobrol, Pins dapat menjalankan beberapa latihan berikut.

Waktu Latihan Jalak Kebo

Agar Jalak Kebo bisa bicara seperti manusia, burung Jalak Kebo harus dilatih pada waktu yang tepat. Kapan latihan yang bagus untuk Jalak Kebo? Latihannya dapat dimulai sejak pagi hari sampai siang hari sebelum pukul 11.00. Kemudian, latihan Jalak Kebo dilanjutkan lagi di sore hari antara rentang jam 15.00-17.00.

Jadi, intinya Pins dapat melatih burung Jadi Kebo di pagi dan sore hari saat udara tidak terlalu panas. Kalau cuaca atau udara sedang panas, maka burung tersebut menjadi kesulitan untuk belajar dan akhirnya tidak fokus.

Baca Juga : Burung Trucukan yang Sudah Jadi

Jadwal Latihan Jalak Kebo

Agar Jalak Kebo bisa bicara, Latihan harus dilakukan secara rutin. Kalau bisa pagi hari selama 60 menit. Latihan bisa berupa mendengarkan suara masteran atau diajak bicara secara langsung. Saat proses latihan, kandang Jalak Kebo sebaiknya dikerodong saja. Jangan diberi waktu istirahat sambil memberikan pakan berupa jangkrik atau buah kesukaan Jalak Kebo.

Jika Pins, tidak memiliki waktu untuk latihan, Pins setiap pagi dapat memutar suara percakapan atau suara masteran selama 30 menit.

Rutin melakukan latihan setiap pagi khususnya pada Jalak Kebo muda akan membuatnya cepat menghafal suara dalam waktu seminggu. Namun, cepat tidaknya proses latihan Jalak Kebo bisa bicara tergantung pada kecerdasan burung juga.

Baca Juga : Ciri-ciri Trucukan yang Bisa Nggaruda

Melatih Jalak Kebo
(Burungnya.com)

Latihan Jalak Kebo pakai Suara MP3

Untuk latihan pakai MP3 biasanya dikhususkan untuk melatih suara kicau burung di lomba. Jadi, Pins harus meratakan suara audio MP3 berisi kicauan Jalak Kebo lain atau suara masteran.

Kalau Pins ingin membuat Jalak Kebo bisa ngomong, maka suara yang diputar harus tentang percakapan manusia yang sopan. Jangan mengajari Jalak Kebo bicara kotor agar tidak menyesal di kemudian hari.

Sebab, sekali mengajari Jalak Kebo bisa bicara kotor, maka percakapan tersebut akan diingat sepanjang masa dan diulang-ulang setiap hari oleh burung tersebut.

Jalak Kebo Dilatih dengan Jalak Kebo Lain

Tidak hanya dengan suara saja, burung Jalak Kebo dapat dilatih dengan Jalak Kebo lain. Latihan ini berupa mengadu suara kicauan. Oleh karena itu, keduanya harus dipertemukan secara langsung tapi dengan sangkar yang berbeda.

Siapkan dua sangkar kemudian dekatkan. Salah satu sangkar dapat diberi pembatas atau dikerodong setengah. Sesekali kerodong dibuka agar salah satu burung tertantang untuk ikut berkicau.

Latihan seperti ini dapat memperkuat mental dan membuat burung Jalak Kebo nyaman karena mempunyai teman lain di dekatnya.

Baca Juga : Burung Anis Larat

Mengajak Bicara Jalak Kebo

Cara melatih Jalak Kebo bisa ngomong paling ampuh adalah dengan mengajaknya bicara secara langsung. Pins dapat mengajaknya bicara dengan kalimat yang sama dan berulang-ulang.

Latihan Jalak Kebo bisa bicara ini harus dilakukan sesering mungkin agar materi segera masuk ke otak burung. Jika kesulitan mengingat kalimat yang panjang, Pins dapat mengajarkan satu kata yang mudah, seperti halo, pagi, siang, sore, malam, hai, dan lain-lain.

Apabila sudah menguasai satu kata, maka latihan ditambah menjadi dua kata, seperti selamat pagi, selamat siang, apa kabar, sudah pulang, hati-hati, dan sebagainya.

Baca Juga : Burung Anis Cilin

Kata-kata Harus Sopan

Seperti yang sudah kami katakan tadi, latihan agara Jalak Kebo bisa bicara lebih baik latih dengan dengan kata sopan. Oleh sebab itu, sejak masih anakan, burung tersebut harus mendengarkan pembicaraan yang baik, halus, dan tidak kasar.

Jika Pins berada di lingkungan dengan orang-orang tidak baik, maka burung Jalak Kebo bisa terpengaruh dan menirukan suara-suara kotor. Kalau kondisinya seperti ini berarti Pins harus meletakkan Jalak Kebo di dalam rumah agar tidak menirukan suara dari luar.

Lebih baik ajari burung Jalak Kebo mengaji dengan mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran. Dengan begitu, setiap burung Jalak Kebo bicara, maka pahala akan mengalir terus menerus.

Jalak Kebo Diletakkan di Keramaian

Supaya Jalak Kebo cepat bisa ngomong, Pins dapat meletakkan burung tersebut di tempat yang ramai. Pilih salah satu tempat di rumah Pins yang cukup ramai. Misalnya di depan rumah atau samping rumah dekat jalan.

Orang-orang yang melintas biasanya bicara keras, maka burung Jalak Kebo bisa bicara dengan mendengarkan dan menirukan suaranya. Jika ada penjual roti yang lewat, maka burung akan menirukan penjual roti tersebut.

Namun, masalahnya hal ini bisa berdampak buruk kalau burung Pins diajari bicara dengan kata-kata yang tidak baik. Tentunya rumah Pins akan dihiasi dengan suara-suara kotor atau makian yang didengar dari orang-orang sekitar.

Solusinya, dekatkan Jalak Kebo dengan siaran televisi atau radio yang isinya baik-baik. Jangan siaran gosip agar burung Jalak Kebo tidak ikut menggosip.

Baca Juga : Harga Burung Cucak Ijo

Luangkan Waktu Bersama Jalak Kebo

Apapun jenis latihan Jalak Kebo bisa bicara, yang terpenting Pins sebisa mungkin harus meluangkan waktu bersama Jalak Kebo. Mengapa demikian?

Baca juga : Cara Memilih Jalak Kebo Bakalan Berkualitas Ombyokan

Percuma kalau cuma mendengarkan suara audio tanpa didampingi dengan manusia secara langsung. Jalak Kebo jadi terlihat seperti robot karena suaranya monoton dari audio yang diputar terus menerus.

Oleh karena itu, ajak Jalak Kebo komunikasi tentang keseharian Pins. Saat berada bersamanya, Pins harus aktif berkomunikasi sehingga terpancing untuk agar Jalak Kebo bisa bicara layaknya manusia.

Berikan Pakan Jalak Kebo Berkualitas

Agar lebih bersemangat dalam latihan Jalak Kebo bisa bicara, burung Jalak Kebo diberi pakan berkualitas. Minimal pakan tersebut harus disukainya supaya Jalak Kebo mudah dalam belajar bicara bahasa manusia.

Kalau Jalak Kebo suka makan jangkrik, berikan porsi jangkrik lebih banyak pada saat latihan. Selain itu, tambahkan makanan bergizi agar memori otak Jalak Kebo lebih cemerlang.

Hadiah untuk Jalak Kebo

Sama seperti manusia, Jalak Kebo juga suka dengan hadiah. Burung ini dapat diberi hadiah berupa makanan atau minuman yang enak. Jika Pins mempunyai kecukupan rezeki, maka belikan sangkar yang bagus atau perlengkapan lainnya.

Hadiah tersebut secara psikologis dapat membantu seekor burung Jalak Kebo menjadi lebih dekat dengan pemiliknya. Yang terpenting jangan diberikan hadiah mewah karena burung Jalak Kebo tidak bisa membedakan benda mewah atau murah.

Melatih Jalak Kebo
(Kicau Mania)

Mandi dan Jemur Jalak Kebo secara Rutin

Perawatan Jalak Kebo yang tidak boleh terlewatkan adalah mandi dan jemur. Mungkin ini terlihat perawatan yang sepele tapi ini sangat membantu untuk menjaga kesehatan burung Jalak Kebo.

Burung memang perlu dimandikan dan dijemur agar tubuhnya tetap segar dan terhindar dari berbagai penyakit. Pins dapat memandikan burung dengan cara disemprot atau mandi sendiri di keramba.

Jadikan Jalak Kebo sebagai Teman

Untuk melatih Jalak Kebo bisa bicara dengan cepat, maka caranya dengan menjadikan Jalak Kebo sebagai teman. Dengan begitu, Pins harus sering mendampingi Jalak Kebo di rumah atau di luar rumah.

Perlakukan Jalak Kebo seperti teman sendiri. Pins dapat mengajaknya curhat, mengobrol hal-hal pribadi, atau membicarakan tentang kehidupan Pins. Intinya sering-seringlah mengajak Jalak Kebo bicara, tapi harus yang baik-baik.

Melatih Jalak Kebo
(Grumsa)

Bersentuhan dengan Jalak Kebo

Butuh hubungan yang sangat dekat, agar Jalak Kebo merasa nyaman dengan Pins atau manusia lainnya. Nah, salah satu caranya dengan bersentuhan atau melakukan tindakan fisik dengan burung Jalak Kebo.

Pins bisa mengelus-ngelus burung Jalak Kebo dengan lembut, sering memegangnya, dan mengajaknya bermain. Saat memandikan Jalak Kebo, Pins juga dapat mengelus-ngelusnya dengan tangan.

Memberi Pakan Menggunakan Tangan

Salah satu cara agar Jalak Kebo lebih dekat dengan manusia dan bicara seperti manusia maka Pins sebaiknya memberikan pakan secara langsung menggunakan tangan.

Baca juga : Makanan Jalak Agar Cepat Gacor dan Rajin Bunyi

Misalnya, Pins ingin memberi pakan jangkrik ke Jalak Kebo, maka berikan secara langsung menggunakan tangan. Namun, sebelumnya ajak main-main dulu, jangan langsung diberikan.

Agar Jalak Kebo tidak tersedak, kaki jangkrik sebaiknya dihilangkan terlebih dahulu. Sebab, kakinya memiliki duri tajam yang dapat melukai tenggorokan burung.

Melatih Jalak Kebo
(Hewanesia)

Sangkar Dibersihkan secara Rutin

Buat Jalak Kebo nyaman dengan cara membersihkan sangkar setiap hari. Bersihkan kotoran burung dengan air bersih. Semua wadah cepuk dan minum dibersihkan dan diganti pakan minumnya setiap hari.

Apabila kandang Jalak Kebo sudah jamuran, sebaiknya diamplas dan dicat ulang agar terlihat seperti sangkar baru. Namun, setelah dicat, tunggu dulu sampai baunya menghilang agar Jalak Kebo tidak keracunan bahan kimia cat.

Melatih Jalak Kebo Sejak Anakan

Agar latihan berjalan mudah, Pins harus melatih Jalak Kebo sejak masih anakan. Semakin muda Jalak Kebo maka latihan bicara akan berjalan lancar. Kalau sudah dewasa, Jalak Kebo cukup sulit mengingat suara.

Jalak Kebo yang dilatih sejak piyik akan menjadikannya jinak dan menuruti perintah Pins. Sudah banyak Jalak Kebo jinak karena dilatih sejak kecil. Jadi, belilah anakan Jalak Kebo kemudian latihlah bicara agar burung tersebut dapat menirukan suara manusia dan hidup tanpa kandang.

Lebih mudah lagi, apabila Pins melatih Jalak Kebo sejak masih anakan karena ingatannya masih fresh. Pins dapat menentukan sendiri mau mengajari Jalak Kebo bicara apa saja. Kalau sudah dewasa, kemungkinan Jalak Kebo bisa bicara cukup sulit diajari karena sudah terbiasa dengan perawatan sebelumnya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Pins tentang cara melatih Jalak Kebo bisa bicara dengan cepat

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Grand City Balikpapan di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

eKamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel