Pinhome

Uncategorized

Cara Melatih Cucak Ijo agar Gacor

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Bagi penggemar burung cucak ijo, cara melatih cucak ijo agar gacor ini sangat penting.  Selain sebagai hiburan bagi penikmat suara burung juga dapat menjadikan nilai jual tinggi. Dengan melatih dan merawat burung pemakan buah dengan tepat maka akan dihasilkan kicauan yang indah dan sering alias gacor.

Cara melatih cucak jo agar gacor sebenarnya sangat sederhana, begitu juga dengan perawatannya. Tak jarang para penggemar burung juga memberikan voor yang dapat membuat suara burung serak dan bulu yang kusam. Namun jangan khawatir jika sudah terlanjur demikian. Di bawah ini ada beberapa cara untuk membuat burung cucak ijo sering berkicau.

Cara Melatih Cucak Ijo agar Gacor

Di bawah ini merupakan beberapa cara agar burung cucak ijo rajin berkicau.

Jenis kelamin burung

Agar bunyi burung indah dan lincah pertama-tama kita harus memilih jenis kelamin burung. Pastikanlah untuk memilih burung cucak ijo yang berjenis kelamin jantan. Sebab suara burung cucak ijo lebih bervariasi dan juga lebih indah.

Proses penjinakan

Jika burung cucak ijo merupakan hasil tangkapan dari hutan atau baru saja dibeli, maka hal ini perlu penjinakan. Hal ini dilakukan agar burung tidak merasa takut dengan pemiliknya serta berani berkicau dengan indah walaupun disekitarnya terdapat orang banyak atau dalam keramaian.

Pengembunan

Cara selanjutnya yaitu pengembunan. Yang dimaksud dengan pengembunan yaitu burung dikeluarkan mulai dari subuh agar dapat menghirup udara segar ketika pagi hari. Jika sinar matahari sudah mulai muncul dan terasa hangat kita dapat menyemprotkan air dapat menggunakan sprai maupun menggunakan keramba mandi.

Pemberian pakan

Pemberian pakan untuk burung cuck ijo dapat menggunakan buah-buahan. Buah tersebut dapat berupa pisang, pepaya, apel. Kita juga dapat memberikan ekstra fooding misalnya saja seperti jangkrik maupun kroto. Pastikan setiap hari memberikan pakan pada burung atau jangan sampai telat memberikan pakan.

Kebersihan sangkar

Kebersihan kandang burung cucak ijo juga perlu diperhatikan. Sangat penting bagi kita pecinta burung untuk menjaga kebersihan kandangnya. Perhatikan kebersihan sangkar serta sanitasi sangkar agar burung senantiasa sehat.

Lakukan pembersihan kandang secara teratur dua hari sekali agar tidak terlalu kotor. Pembersihan kotoran burung dapat dilakukan dengan cara penyemprotan air atau dapat juga dilakukan dengan menggunakan larutan pembersih.

Memperhatikan sangkar burung

Sangkar burung cucak ijo juga perlu diperhatikan. Burung cucak ijo merupakan jenis burung yang gesit. Caramembuat sangkar burung ini sangat sederhana. Cukup dengan siapkan sangkar dengan ukuran yang besar dan bagian dalamnya berilah palang paling tidak 2 buah untuk bertengger.

Menyiapkan masteran

Cara selanjutnya yaitu dengan menyiapkan masteran. Masteran untuk burung cucak ijo sebaiknya dilakukan dengan waktu yang tetap dan tidak berubah-ubah. Misalnya mulai dari jam 9 pagi hingga 12 siang dan di malam hari ketika jam 7 malam hingga jam 10 malam. Sebaiknya pemasteran selalu dilakukan dalam keadaan dikrodong.

Pentingnya Tahu Cara Melatih Cucak Ijo agar Gacor

Cara mengetahui cara untuk melatih agar burung cucak ijo sering berbunyi dan terdengr indah memang sangat penting. Banyak manfaat yang diperoleh dengan menggunakan cara di atas. Terutama jika memelihara burung bertujuan untuk mengikuti perlombaan atau merupakan suatu hobi.

Membuat burung di dalam sangkar merasa nyaman juga penting untuk dilakukan. Demikian beberapa info tentang cara melatih cucak ijo agar gacor semoga dapat bermanfaat.


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel