Cara Kirim Barang Ke J&T dengan Resi Otomatis dan Reguler

Diperbarui oleh Mahardhika Gilang ∙ August 19, 2022 ∙ 4 menit membaca

Bagaimana cara kirim barang di J&T dengan resi otomatis? Bagaimana cara mengirim paket ke J&T? Layanan ekspedisi J&T menjadi pilihan banyak penjual dalam mengirimkan barang dagangannya. J&T juga menjadi pilihan banyak pembeli bagi yang mau beli barang tapi bayarnya COD. Nah, sebagai pembeli, jika mendapatkan pesanan dari Shopee dengan jasa pengiriman J&T,  cara memprosesnya berbeda dengan mengirim paket secara reguler ke J&T.

Pesanan di Shopee dengan pengiriman via J&T menggunakan resi otomatis. Resi otomatis tersebut akan keluar setelah penjual mengklik Atur Pengiriman, kemudian memilih apakah akan datang langsung ke konter J&T atau menggunakan layanan jemput paket dari J&T. Jika mau datang langsung untuk mengirim paket ke kantor J&T, Anda bisa pilih Antar ke Counter. Tapi jika penjual ingin agar kurir J&T menjemput barang yang mau dikirim penjual, maka pilih gunakan jasa pick-up (jemput).

Namun, meski penjual memilih request jemput paket, penjual masih tetap bisa mengirimkan paket ke J&T terdekat. Begitupun sebaliknya, meski memilih antar ke counter, kurir J&T tetap bersedia menjemput paket.

Cara Mengirim Barang ke J&T dengan Resi Otomatis
Untuk mengirim barang yang menggunakan resi otomatis, Anda tinggal mencantumkan nomor resi di paket. Anda bisa mencantumkan detail pengiriman seperti nama, alamat, no HP penerima paket dan sebagainya, tapi paket tetap bisa diproses meski yang dicantumkan cuma nomor resinya saja.

Jika yang dipilih adalah jemput paket, tunggu kurir menjemput paket Anda. Lebih baik jika Anda punya kurir langganan untuk menjemput paket.

Pengiriman paket di J&T dengan resi otomatis tidak dikenai ongkos kirim, karena ongkir dipotong di marketplace, sehingga penjual tak perlu repot-repot menombok ongkir.

Jika paket gagal dikirimkan, paket akan diretur, penjual tidak dikenai ongkos kirim.

Pemesanan barang di Shopee dengan menggunakan layanan ekspedisi J&T bisa menggunakan sistem COD, bayar setlah barang sampai. Dana COD yang dibayarkan ke kurir kemudian diteruskan ke J&T. Jika COD sudah dikonfirmasi, penjual baru bisa mendapatkan saldo sebesar harga barang dikurangi biaya penanganan sebesar 2% dari harga barang (dan biaya lainnya jika ada).

Adapun untuk pengemasan bisa dengan menggunakan kardus atau plastik tegantung tipe barang. Kalau barang yang dikirim berupa baju, bisa dikemas menggunakan plastik. Untuk produk yang rentan rusak, supaya lebih aman, bisa dibungkus dengan plastik bubble wrap dulu baru dibungkus kardus.

Cara Mengirim Barang di J&T untuk Paket Reguler
Untuk mengirim paket menggunakan J&T secara reguler, cantumkan data-data pengiriman seperti nama, alamat lengkap, dan nomor HP penerima paket. Nama dan nomor HP pengirim juga dicantumkan. Cantumkan juga keterangan barang, tidak harus menyebutkannya secara jelas, mencantumkn jenis barang sudah cukup. Misal, kalau casing HP, tidak harus dicantumkan keterangan casing HP, tapi cukup dengan aksesoris HP, atau aksesoris saja.

Karena merupakan paket reguler, pengirim perlu membayar ongkir. Namun, kalau pengirim mau penerima paket yang bayar ongkir juga bisa. J&T menyediakan layanan ongkir bayar di tempat, sehingga pengirim tak perlu membayar ongkir ke petugas J&T, tapi penerima paket yang nantinya membayar ongkir.

J&T juga menyediakan layanan jemput paket untuk kiriman reguler. Jika Anda ingin reqeust jemput paket untuk kirim paket ke J&T, Anda bisa menghubungi J&T terdekat untuk meminta nomor telepon kurir di daerah Anda.

Estimasi Pengiriman
J&T tidak punya beragam pilihan pengiriman seperti JNE. J&T cuma ada satu layanan, sehingga satu ongkir satu tujuan. Adapun untuk estimasi pengirimannya bisa 3 hari, 2 hari, bahkan bisa 1 hari sampai kalau tujuan pengirimannya masih satu daerah. Untuk kiriman dalam provinsi, komitmen J&T adalah tidak lebih 2 hari pengirimannya.

Namun, pengiriman J&T juga bisa lebih dari 3 hari, apalagi kalau paket mengalami kendala. Keterlambatan pengiriman juga bisa jadi karena J&T overload, paket yang harus dikirimkan terlalu banyak.

Apakah J&T menerima paket cairan?
J&T menerima pengiriman paket barang cair lewat jalur darat. Namun, tak semua barang cair diperbolehkan. Kalau yang tidak berbahaya seperti madu, sabun cair, dan air masih diperbolehkan. Namun untuk pengiriman paket ke luar pulau, misalnya hand sanitizer, tidak diperbolehkan.

Untuk mengirim paket cair, barang harus dibungkus sebaik mungkin supaya tidak pecah dalam perjalana. Supaya lebih aman, Anda bisa membungkusnya dengan bubble wrap terlebih dahulu, kemudian baru dibungkus dengan kardus.

Lalu bagaimana cara melacak posisi paket J&T?
Untuk mengetahui posisi barang yang dikirimkan J&T, Anda bisa menggunakan nomor resi paket tersebut untuk mengeceknya. Cek resi J&T bisa dilakukan melalui web layanan cek resi, web resmi J&T, maupun lewat aplikasi J&T.

Demikian pembahasan mengenai cara kirim barang ke J&T, baik paket dengan resi otomatis, maupun paket reguler.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Kenali Pengertian dan Fungsi Sinyal Trading Bagi Pemula

Saat melakukan trading, kamu harus tahu bagaimana kondisi sinyal trading yang sedang berlangsung sa

Finansial
Finansial Mengenal Bid Price dan Ask Price dalam Trading

Investasi saham yang berkontribusi pada pasar sekunder kini tidak lagi menjadi penghubung antara in

Finansial
Finansial Apa itu Cryptopunk? Cara Beli dan Daftar Harga Termahalnya

Non-fungible Token atau NFT  merupakan salah satu aset kripto yang sampai pada puncak kejayaan pad

Lifestyle
Lifestyle 35 Ucapan Hari Kartini Inspiratif Penuh Makna

Habis gelap terbitlah terang, ungkapan yang dicetuskan oleh Ibu Kartini. Seorang pahlawan bagi pere

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia