Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Begini Tata Cara Khatam Quran yang Baik dan Benar

Lifestyle

Begini Tata Cara Khatam Quran yang Baik dan Benar

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 26 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Salah satu amalan yang memiliki pahala yang besar adalah membaca Al-quran. Umumnya, saat Ramadan tiba seorang muslim mengingatkan diri untuk membaca Al-quran. Tak jarang, beberapa di antaranya bahkan bisa mengkhatamkan Al-quran dalam waktu satu bulan. 

Pinhome – Perlu diketahui bahwa terdapat tata cara khatam Al-quran yang dianjurkan dalam sunah dan hadis. Jika kamu sedang mengerjakannya, berikut tata cara khatam Al-quran yang baik dan benar. Terdapat pula bacaan khatam Al-quran yang perlu diketahui. 

Baca Juga: Keutamaan Dalam Membaca Surat Ad-Dhuha Dan Juga Artinya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Hadits tentang Khatam Al-quran

(Unsplash)

Perintah untuk membaca Al-quran termuat dalam beberapa surah dan hadis. Salah satunya terdapat dalam surah Al-Muzzammil ayat 1-4, berikut bacaannya:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلْمُزَّمِّلُ (1)قُمِ ٱلَّيْلَ إِلَّا قَلِيلًا (2) نِّصْفَهُۥٓ أَوِ ٱنقُصْ مِنْهُ قَلِيلًا (3)إِنَّا سَنُلْقِى عَلَيْكَ قَوْلًا ثَقِيلً (4

Artinya: “Hai orang yang berselimut (Muhammad), bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya), (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit. atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al-quran itu dengan perlahan-lahan.”

Sementara, anjuran dan keutamaan mengkhatamkan Al-quran termuat dalam beberapa hadis. Berikut beberapa di antaranya:

اِذَا خُتِمَ الْقُرْأٓنُ نَزَلَتِ الرَّحْمَةُ  

Artinya: “Apabila dikhatamkan Al-Qur’an, maka turunlah rahmat Allah.” – HR. at-Thabrani.

Dalam hadis riwayat ad-Darimi, Rasulullah SAW bersabda: 

 مَنْ قَرَأَ الْقُرْأٓنَ ثُمَّ دَعَا، أَمَّنَ عَلَى دُعَائِهِ اَرْبَعَةُ اَلَافِ مَلِكٍ

Artinya: “Apabila seorang hamba telah mengkhatamkan Al-Qur’an, maka akan hadir 60.000 malaikat yang membacakan istighfar untuknya saat khatam Al-Qur’an tersebut.” 

Tata Cara Khatam Al-quran yang Baik dan Benar 

(Unsplash)

Baca Juga: Arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, Manfaat Dan Waktu Pengucapan Yang Tepat

Sebetulnya tata cara saat khatam Al-quran tidaklah rumit. Namun masih banyak yang belum mengetahuinya. Seperti dikutip dari Islam Pos, tata cara baca Al-quran dimulai dari pembacaan tawasul kepada Rasulullah SAW, keluarga, dan para sahabatnya. Lalu, dilanjutkan dengan pembacaan 22 surah paling akhir di Al-quran secara berurutan, mulai dari ad-Dhuha hingga an-Nas. 

Setiap pergantian pembacaan surah, sebaiknya ucapkan kalimat berikut:

لاَاِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَ اَللهُ اَكْبَرُ وَ لِلّٰهِ الْحَمْدُ 

Arab latin: La Ilaha Illallah wallahu akbar

Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar dan segala puji bagi-Nya”. 

Setelah selesai, maka pembacaan surah kembali ke surah pertama atau Al-Fatihah. Kemudian surah Al-Baqarah ayat 1-5 dan seterusnya mengikuti susunan bacaan tahlil secara umum. Sebagai akhiran, khataman Al-quran ditutup dengan membaca doa khatamul qur’an. 

Berikut bacaan khataman Al-quran yang umum dibaca: 

اللّهُمَ ارْحَمْنَا بِالْقُرْآن ، واجْعَلْهُ لَنَا إمَامًا وَ هُدًى وَ نُوْرًا و رَحْمَةً . و ذَكِّرْنَا مِنْهُ مَا نُسِيْنَا ، وَعَلِّمْنَا مِنْهُ مَا جَهِلْنَا ، وَارْزُقْنَا تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَ الْنَهَار ، واجْعَلهُ لَنَا حُجَّةٌ يَا ربَّ الْعَالَمِيْن 

Arab latin: Allahummarhamna bil qur’an, waj alhu lana imaamaw wahudaw wanuuraw warahmah. Wa dzakkirna minhu maa nusiina, wa allimna minhu maa jahilna. Warzuqna tilawatahu aanaa’al laili wan nahaar. Waj’alhu lanaa hujjatany yaa rabbal alamin. 

Artinya: “Ya Allah, rahmatilah kami dengan sebab Al-Quran. Jadikanlah (Al-quran) sebagai pembimbing, petunjuk, cahaya, dan rahmat bagi kami. Ingatkanlah kami apa yang kami terlupa darinya, ajarilah kami apa yang kami tidak tahu darinya, dan karuniakanlah kepada kami untuk bisa mentilawahinya di penghujung-penghujung malam dan siang, dan jadikanlah ia hujjah kami ya Rabbal ‘alamin.”

Bacaan doa khatam Al-quran juga dapat ditambahkan doa berikut untuk memohon syafaat. Berikut bacaan latin dan artinya: 

Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur’an, wa hassin a’maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa’til qur aan.

Artinya: “Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Al-Qur’an, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Al-Qur’an, baguskanlah amalan kami karena berdzikir lewat Al-Qur’an, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Al-Qur’an, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa’at Al-Qur’an.”

Sobat Hijrah dapat melanjutkan bacaan doa tersebut dengan membaca doa untuk memohon perlindungan dari kemusyrikan. Berikut bacaan doanya: 

اللَّهُمَّ اهْدِنَا بِهِدَايَةِ الْقُرْأَنِ وَنَجِّنَا مِنَ النَّارِ بِكَرَمَة الْقُرْأَنِ وَارْفَعْ دَرَجَاتِنَا بِبَرَكَةِ الْقُرْأَنِ وَادْخِلْنَا الْجَنَّةَ بِشَفَاعَةِ الْقُرْأَنِ  وَاغْفِرْ لِأَحْيَاءِنَا وَأَمْوَاتِنَا بِتِلَاوَةِ الْقُرْأَنِ وَاقْضِ حَاجَاتِنَا بِفَضِيْلَةِ الْقُرْأَنِ

Arab latin: Allaahummah dinaa bihadiyatil qur-aani wa najjinaa minannaari bikaramatil qur-aani warfa’ darajaatinaa bibarakatil qur-aani wa adkhilnal jannata bisyafaa’atil qur-aani waghfir liahyaa inaa wa amwaatinaa bitilaawatil qur-aani waqdhi haajaatinaa bifadhiilatil qur-a tu’aaani.

Artinya: “Wahai Allah! berilah kami hidayah dengan hidayah Al Qur’an, selamatkanlah kami dari api neraka dengan kemuliaan Al Qur’an, angkatlah derajat kami dengan keberkahan Al Qur’an, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafaat Al Qur’an, ampunilah orang-orang yang hidup dan mati diantara kami dengan pembacaan Al Qur’an, dan tunaikanlah segala hajat kami dengan keutamaan Al Qur’an.”

Untuk membuat amalannya lebih utama, silakan baca satu tambahan doa berikut: 

اللَّهُمَّ اجْعَلْ الْقُرْأَنَ لَنَا فِي الدُّنْيَا قَرِيْنًا وَفِي الْقَبْرِ مُوْنِيْسًا وَفِيْ الْقِيَامَةِ شَافِعًا وَعَلَى الصِّرَاطِ نُوْرًا وَفِيْ الْجَنَّةِ رَفِيْقًا وَ مِنَ النَّارِ سِتْرًا وَحِجَابًا

Arab latin: Allaahummaj ‘alil qur-aana lanaa fiddunyaa qariinan wafil qabri muunisan wafil qiyaamati syaafi’an wa’alash shiraathi nuuran wafil jannati rafiiqan wa minannaari sitran wa hijaaban.

Artinya: “Wahai Allah! jadikanlah Al Qur’an sahabat kami di dunia ini, penghibur kami di dalam kubur, pemberi syafaat pada hari kiamat, cahaya di atas shirat, teman di dalam surga dan tabir serta penghalang dari api neraka.”

Itulah penjelasan mengenai tata cara khatam Al-quran dengan baik dan benar. Semoga ulasan ini dapat membuat kita semakin dekat dengan Allah SWT. Selain itu, semoga juga uraian ini dapat membuat hati kita semua tergugah untuk mengkhatamkan Al-quran. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman dengan NUP di Pinhome untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel