Ketahui Cara Kerja Printer | Fungsi dan Merawatnya Lebih Dalam

Dipublikasikan oleh Kartika Laksita ∙ 29 October 2019 ∙ 6 menit membaca

Nah, sebelum kamu baca artikel cara kerja printer. Alangkah baiknya, untuk membaca jenis-jenis printer yang sering digunakan dalam percetakan.

Mengapa? Karena cara kerja printer ini tentunya berbeda dengan jenis printer yang lain. Seperti penjelasan kali ini, akan fokus pada cara kerja printer inkjet.

Disisi lain, ada fungsi printer yang pada umumnya digunakan untuk mencetak dokumen penting. Selain itu, ada juga printer yang khusus digunakan untuk mencetak foto.

Mau tahu kelanjutan artikel ini? Simak artikel ini sampai tuntas.

Cara Kerja Printer InkJet

Pada umumnya, printer inkjet ini bekerja dengan menyalurkan tinta dari catridge ke permukaan dokumen melalui rangkaian jarum printer. Jarum inilah yang bergerak mengikuti pola dokumen yang akan dicetak.

Berikut langkah-langkah kerja printer inkjet.

Persiapan dan Pengaturan

menghubungkan printer dan komputer ke listrik

Pastinya dalam cara mencetak dokumen, harus menghubungkan printer dan komputer atau laptop ke sumber listrik.

Seperti cara kerja printer lainnya, untuk jenis printer inkjet ini juga harus dipersiapkan dulu kertasnya. Media untuk mencetak diletakkan di paper tray dan kemudian mengatur output yang diinginkan.

Printer inkjet ini memiliki pengaturan untuk memilih ukuran posisi kertas, pemilihan warna dan juga ukuran kertas.

Transfer Data Komputer ke PCB Printer

cara kerja printer - transfer data ke printer

Sesudah pengaturan print out selesai, komputer akan mengirim ke printer data dan pengaturan tersebut.

Cara kerja printer dalam mentransfer data, menggunakan kabel USB yang nantinya akan menghubungkan printer dengan komputer.

Informasi ini dikirim dalam bentuk bilangan biner melalui port USB tersebut. Informasi tersebut akan dilanjutkan ke PCB. PCB yaitu salah satu bagian dari printer yang memuat informasi yang berasal dari komputer.

Tahap PCB Mengirim ke Stepper

PCB Mengirim ke Stepper

Cara kerja selanjutnya yaitu mengirim perintah ke stepper. Semua informasi data dari komputer yang sudah diterima oleh PCB, akan mengatur pergerakan printer. Perintah ke stepper yang akan menggerakkan kertas.

Selain itu, pada bagian stepper yang bekerja ini juga menggerakkan kepala printer. Kertas tersebut akan ditarik memasukkan data yang akan disalin ke kertas.

Ada sebuah roller yang akan menggulung atau menarik kertas yang sudah dipersiapakan. Kemudian kertas akan masuk ke dalam bagian cetak printer.

Cara Mencetak Data ke Kertas

cara kerja printer mencetak dokumen

Tidak hanya kertas yang ditarik, tapi printer juga bekerja pada bagian catridge untuk tinta. Cara kerja ini berbeda dengan dot matrix yang menggunakan tinta untuk mencetak kertas.

Pada printer ini, catridge yang sudah diisi tinta akan mengeluarkannya dengan cara disemprot. Kepala printer ini juga ikut bergerak ke kanan dan ke kiri dalam proses percetakan.

Terdapat sebuah microchip yang berfungsi untuk mengubah informasi yang berupa bilangan biner untuk menjadi huruf biasa. Hasil perubahan itu yang bisa dilihat pada kertas.

Tahap Finishing Printing

cara kerja printer - finishing printing

Cara terakhir dari kerja printer ini adalah mengembalikan kertas yang sudah ditarik ke dalam roller. Sesudah tinta yang disemprotkan, kepala printer akan menarik kembali kertas untuk dikembalikan ke posisi yang sama di paper tray.

Ada beberapa printer dalam penarikannya itu cukup kuat, sehingga kertas bisa terlempar jauh. Ini yang bisa juga terjadi pada saat mencetak dalam jumlah yang banyak.

Penarikan kertas pada roller untuk dikembalikan ke paper tray yang terlalu kuat, kadang bisa membuat berantakan kertas yang sudah ditata. Proses kertas yang kembali keluar dari paper tray, maka proses ini sudah selesai.

Fungsi Printer

Pada umumnya, fungsi dari printer ini adalah sebagai alat pencetak atau menampilkan data dari komputer kepada user secara langsung. Data yang dicetak antara lain bisa seperti dokumen, arsip, surat dan juga dokumen penting.

Pada saat ini, dokumen bisa dengan mudah dibuat menggunakan aplikasi pengolah kata atau juga bisa disebut Microsoft Word. Adapun jenis lain dari Microsoft Word yaitu Microsoft Excel, Microsoft Power Point dan masih banyak yang lain.

Sedangkan, untuk jenis yang berupa gambar atau foto bisa menggunakan aplikasi Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, CorelDraw dan lainnya.

Fungsi printer selanjutnya yaitu sebagai penambah fitur lain di printer yang bisa digunakan yang tidak hanya untuk mencetak. Tapi juga bisa untuk membaca dokumen dan mengeditnya menjadi bentuk digital atau lebih dikenal dengan scan.

Jadi bisa disimpulkan, bahwa fungsi printer yaitu:

  1. Perangkat tambahan untuk mencetak dokumen dalam kertas atau media lain.
  2. Alat untuk membaca dokumen dan merubahnya menjadi media digital.

Tips Merawat Printer

cara merawat printer

Printer yang seolah sudah menjadi kesatuan dengan komputer, tapi sering kali pengguna tidak memperhatikan perawatan dengan baik. Hal ini yang bisa menimbulkan masalah dalam printer yang sudah dipakai.

Maka dari itu, disini akan ada tips merawat printer dengan baik dan mudah, yaitu:

1. Gunakan fitur Clean Head

Ini bertujuan untuk printer head tidak tersumbat dan mampu menyerap tinta dengan baik, yang kemudian menyalurkannya ke atas kertas dengan maksimal.

Hanya cukup 1-2 hari dalam pembersihan ini, karena jika terlal sering akan bisa mengkibatkan tinta tidka bisa menampung atau mengalami kebanjiran dalam tintanya.

2. Memastikan kebersihan printer

Agar terhindar dari debu atau kotoran lain, tutuplah printer dengan kain halus atau penutup khusus printer. Terutama pada bagian peletakan kertas yang rentan dimasuki debu dan kotoran.

3. Matikan printer jika tidak digunakan

Ini juga termasuk cara agar printer tetap awer, karena saat itu adalah masa recovery. Cara mematikan juga tidak sembarangan, pastikan tombol on/off sampai lampu pada printer mati. Kemudian cabut kabel listrik dan kabel USB pada printer.

4. Merawat catridge

Perawatan ini bisa dilakukan dengan pada sleuruh warna, misalnya membuat 4 kotak dengan wana merah, kuning, hijau dan hitam. Cara ini bisa dilakukan mengecek catridge apakah masih bisa mencetak warna dengan benar atau tidak.

5. Gunakan printer secara rutin

Jika printer ini jaeang digunakan maka akan berdampak idak baik dan tinta akan bisa kering. Kondisi ini akan menjadi tidak ideal, karena akan berakibat kekurangan tinta cair untuk disalurkan ke atas kertas.

6. Jangan mencetak berlebihan

Yang dimaksud ini adalah saat mencetak harussecara bertahap. Seperti contoh printer diistirahatkan beberapa menit setiap selesai mencetak kira-kira 50 halaman, jadi tidak terlalu memaksa printer.

7. Mengganti tinta

Jika tinta habis jangan menggunakan printer, karena jika terlambat dalam mengisi printer akan membuat kondisi catridge menjadi tidak normal.

8. Refill tinta secukupnya

Usahakan tinta ini jangan sampai telalu penuh, hal ini tidak baik bagi kesehatan catridge, mengapa? Karena catridge akan sulit menekan tinta atau menompa tinta dari dalam catridge ke head saat dicetak.

Hal itu juga bisa membuat tinta di dalam catridge keluar dari lobang tempat isi tinta dan mengalir ke chop catridge, dan itu akan membuat catridge cepat rusak.

9. Jangan gunakan tinta sembarangan

Gunakan jenis tinta yang sudah direkomendasikan produsen. Karena jika jika tidak menggunakan tinta yang original, maka hasil cetakan akan tidak maksimal.

Penutup

Nah, seperti yang sudah disebutkan di awal tadi, yaitu printer foto yang cocok digunakan untuk mencetak foto. Ada juga cara mencetak foto dengan beberapa aplikasi yang pada umumnya digunakan.

Demikian pembahasan tentang cara kerja printer yang fokus pada printer inkjet. Semoga dengan artikel ini bisa membantu tugas dan menambah wawasan dalam penggunaan printer.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Ide Hiasan Kantor Untuk Mempercantik Dinding

Hiasan kantor tidak hanya membuat dinding tampak lebih hidup. Tujuan keberadaan hiasan kantor adala

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Ragam Jenis Meja Kantor & Kegunaannya

Setiap perusahaan tentu membutuhkan meja kantor untuk meningkatkan kenyamanan dalam bekerja. Ternya

Lifestyle
Lifestyle 18 Merk Laptop Terbaik untuk Kerja, Multimedia & Gaming

Bagi pekerja profesional di bidang tertentu, sudah saatnya untuk mengetahui merk laptop terbaik apa

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Pipa Besi Galvanis dan Lainnya, Terbaru 2022

Pipa besi merupakan material bangunan yang digunakan untuk konstruksi bangunan. Pipa besi tersebut

Lifestyle
Lifestyle 20 Aplikasi Kamera Laptop untuk Foto & Video Webcam yang Bagus

Kebutuhan di dunia digital yang semakin beragam membuat pemakaian aplikasi kamera laptop ikut menin

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia