Pinhome

Cara Jualan di Tokopedia

Dipublikasikan oleh Nur Afika Cahya ∙ 28 May 2021 ∙ 6 menit membaca

Cara Jualan di Tokopedia – Bagi Kamu yang ingin berjualan namun belum ada modal, tokopedia adalah solusinya.

Karena, tokopedia termasuk salah satu marketplace yang dapat memudahkan seseorang untuk berjualan secara online. dan tanpa modal alias gratis.

Produk apapun bisa dijual di tokopedia. Cara membuat toko dan berjualan di tokopedia pun sangat mudah hanya bermodal hp android Kamu sudah bisa membuka toko dengan gratis di tokopedia.

Yuk, kita pelajari bagaimana cara berjualan di tokopedia, keuntungan apa saja yang kita dapatkan dan tips-tips berjualan di tokopedia yang harus diperhatikan. Berikut penjelasannya.

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuka Toko di Tokopedia

Alasan Mengapa Harus Menghapus Akun Tokopedia

Jadi, sebelum Kamu membuka toko di tokopedia ada beberapa hal yang harus Kamu lakukan dan benar-benar Kamu perhatikan. Berikut penjelasannya:

1. Pilihlah Nama Domain yang Tepat

Nama domain adalah nama unik atau nama untuk identitas toko Kamu yang muncul saat pencarian situs. Nama domain toko yang sudah Kamu gunakan otomatis tidak bisa digunakan oleh toko lain dengan nama yang sama.

Untuk itu, memilih nama domain yang tepat, akan menjadi awal yang sangat penting untuk membangun bisnis onlineshop Kamu di tokopedia.

Oh iya, perlu Kamu ketahui juga, jika toko Kamu tidak aktif selama 1 tahun, nama domain di toko Kamu akan diubah menjadi archive-(nama domain).

Nah bagaimana supaya aktif kembali? Caranya, Kamu harus menjadi seller aktif kembali dengan cara mengunjungi saller dasboard yakni halaman yang terintegrasi  khusus seller, yang bertujuan untuk mengelola toko Kamu di tokopedia agar lebih mudah.

Setelah domain toko Kamu kembali aktif, Kamu dapat mengganti nama domain Kamu dengan cara menghubungi pihak tokopedia.

2. Nama Toko Sesuai dengan Bisnis Kamu

Pertama, Kamu harus memberi nama yang tepat untuk bisnis Kamu, hal ini sangatlah penting, karena di tokopedia nama toko tidak bisa diganti, jadi pikirkan sangat matang nama toko Kamu.

Mengapa harus sesuai dengan bisnis yang Kamu kerjakan? Untuk mempermudah para pengunjung, supaya lebih mudah mengingat nama toko dan bisnis yang di kerjakan.

Misalnya Kamu ingin berjualan popok moderen untuk anak-anak atau baju anak-anak dll. Maka toko Kamu bisa dinamakan mickey_allshop.

Di atas hanya salah satu contoh saja, masih ada banyak contoh yang dapat Kamu gunakan.

Setelah mendapat nama toko yang sesuai, cek nama tersebut di google atau sejenisnya, untuk memastikan apakah nama tersebut sudah digunakan oleh toko lain atau belum.

Hal ini, untuk meminimalisir pembeli yang bingung karena nama toko yang sama.

Baca JugaCara Dropship di Tokopedia

Apa Keuntungan Jualan di Tokopedia?

Apa Keuntungan Jualan di Tokopedia

Jika Kamu menjadi penjual di tokopedia, maka Kamu akan merasakan keuntungan berjualan di tokopedia sebagai berikut:

1. Buka Toko di Tokopedia Gratis

Jadi Kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membuka toko di tokopedia, semuanya gratis tanpa biaya apapun.

Coba bayangkan jika membuka toko offline dengan menyewa ruko dan sebagainya yang membutuhkan biaya sewa perbulan atau pertahunnya.

Saran buat Kamu penjual pemula, lebih baik buka toko online terlebih dahulu yang tanpa modal dalam membuka toko, mungkin hanya modal internet atau paket data saja.

2. Bisa Jangkau Seluruh Indonesia

Dengan berjualan di tokopedia produk Kamu bisa di jangkau di seluruh Indonesia, sehingga berpotensi calon pembeli di 98% wilayah indonesia.

Hal ini menjadi potensi besar buat kelancaran bisnis Kamu. Artinya, dengan banyaknya jangkauan, otomatis pengunjung juga ada ribuan bahkan jutaan di tokomu.

Tidak mungkin semua nya hanya mampir dan melihat-lihat saja. Pasti ada yang ingin beli baik 10 orang sampai ratusan orang.

3. Layanan Pengiriman Lengkap

Nah, yang paling menyenangkan adalah layanan pengirimannya lengkap dan dapat menjangkau sampai ke pelosok indonesia sekalipun.

Dengan begitu, dapat memudahkan Kamu untuk mengirim barang ke pembeli, sehingga Kamu tidak usah repot-repot untuk mengirimkannya sendiri.

Dengan adanya layanan pengiriman yang lengkap, pembeli dapat memilih sesuai yang mereka inginkan, karena terkadang para pembeli itu suka pilih-pilih jasa pengirim.

Kebanyakan memilih yang harganya lebih murah, namun ada juga yang memilih mana yang lebih cepat dan aman.

4. Banyak Fitur Pendukung Jualan

Jadi di tokopedia disediakan berbagai fitur-fitur pendukung jualan yang mana fitur-fitur tersebut dapat membantu mengembangkan toko Kamu. Mau tahu fitur apa saja yang ada di tokopedia? Yuk, simak dibawah ini:

  1. TopAds.
  2. Statistik toko.
  3. Gold merchant.
  4. JNE online booking.
  5. Preferred logistic partner.
  6. TopPoins.
  7. Lucky deal.
  8. Reputation sysrem.
  9. Pusat resolusi.
  10. User managemen

Fitur-fitur di atas dapat kamu manfaatkan, baik digunakan salah satunya atau Kamu gunakan selagi Kamu membutuhkan.

Nah, setelah mempelajari keuntungan yang didapatkan jika berjualan di tokopedia. Selanjutnya simak ulasan dibawah ini untuk cara mulai berjualan dengan mudah.

Gimana Sih Cara Mulai Berjualan?

Pertama yang harus Kamu lakukan sebelum membuka toko dan memulai untuk berjualan, Kamu harus mempunyai akun tokopedia terlebih dahulu.

Berikut langkah-langkah membuat akun pembeli tokopedia yang harus Kamu lakukan:

  1. Pertama download aplikasi tokopedia di google AppStore atau google PlayStore.
  2. Setelah download, klik “gabung sekarang” -> Klik “daftar”.
  3. Kemudian masukkan nomor handphone atau nomor email klik “daftar”.
  4. Maka Kamu akan mendapat kode OTP (One Time Pasword) ke nomor hp atau email yang kamu gunakan untuk daftar.
  5. Masukkan kode tersebut untuk verifikasi (mengaktifkan akun-mu). Karena kode OTP bersifat rahasia, jangan berikan ke siapapun termasuk yang mengaku sebagai pihak tokopedia.
  6. Setelah aktif, tulis nama lengkap Kamu sesuai yang ada di KTP untuk memudahkan Kamu dalam penarikan dana atau saldo ke rekening pribadi.
  7. Terakhir klik “lanjut”. Akun kamu sudah jadi!

Gimana? Cukup mudah kan untuk membuat akun tokopedia, selanjutnya Kita akan mempelajari tentang cara membuka toko di tokopedia dengan mudah dibawah ini.

Bagaimana Cara Buka Toko di Tokopedia?

Bagaimana Cara Buka Toko di Tokopedia

Nah, setelah mengikuti langkah diatas, kini Kamu semakin mudah untuk membuka toko di tokopedia. Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Pertama, buka aplikasi tkoopedia di hp atau PC Kamu.
  2. Kemudian tulis “buka toko” (di pencarian paling atas) -> Klik “buka toko gratis”.
  3. Setelah selesai, tulis nama toko Kamu -> Isi nama domain toko contoh: SharingContoent.com. Domain ini berfungsi untuk link tokopedia Kamu.

Perlu Kamu ketahui bahwa nama toko tidak bisa diubah. Jadi, pastikan Kamu sudah mempersiapkan nama toko Kamu yang sesuai keinginan.

Baca JugaCara Mengganti Nama Toko di Tokopedia

Kesimpulan

Kamu harus tahu di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin, bahkan bisnis besar sekalipun pasti berawal dari bisnis kecil yang di lakukan dengan cara yang sangat luar biasa.

Nah, dengan Kamu mengetahui cara berjualan di tokopedia dan tips-tips di dalamnya yang harus Kamu perhatikan

Kamu akan memiliki sebuah gambaran bagai mana proses bisnis yang terjadi di tokopedia yang akhirnya akan membuat bisnis tersebut menjadi besar.

Jangan lupa hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memutuskan untuk berjualan atau membuka toko di tokopedia. Semoga bermanfaat, selamat berjualan! 🙂

Tags :

Bagikan Artikel