Pinhome

Cara Jitu Membedakan Cucak Jenggot Jantan dan Betina

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 14 October 2021 ∙ 6 menit membaca

Burung Cucak Jenggot merupakan salah satu jenis burung kicau yang cukup terkenal dan populer dikenal dikalangan masyarakat pecinta burung. Burung Cucak Jenggot merupakan salah satu jenis burung kicau pemakan buah-buahan. Burung ini dulunya terbilang murah dan cuma sebagai burung masteran karena mempunyai suara besetan yang khas dengan tembakan yang cukup rapat.

Pinhome – Burung Cucak Jenggot termasuk salah satu jenis burung monomorfik, dimana burung jantan dan betina memiliki ciri fisik yang hampir sama. Maka akan sangat sulit sekali melakukan identifikasi dan membedakan jenis kelaminnya.

Banyak penggemar Cucak Jenggot lebih senang mempunyai Cucak Jenggot betina, karena lebih rajin mengeluarkan suara aslinya yaitu besetan-besetan tajam. Suara besetannya sering kali dimanfaatkan sebagai modal untuk burung tersebut dilombakan dan suara masteran. Nah maka dari itu kita harus paham betul cara membedakan Cucak Jenggot jantan dan betina.

Cara Membedakan Cucak Jenggot Jantan dan Betina

Membedakan Cucak Jenggot
(Ilmu Budaya)

Bagi Pins yang tertarik untuk mengembangbiakan Burung Cucak Jenggot, tentu Pins membutuhkan sepasang jantan dan betina untuk dijadikan sebagai induk burung yang akan di kembang biakan.

Namun, sebagai burung monomorfik atau burung yang susah dibedakan antara burung jantan dan betina, Pins membutuhkan keahlian khusus atau kejelian dalam memilih dan melihat ciri-ciri burung jantan dan betina.

Oleh karena itu rasanya penting untuk diketahui bagaimana cara membedakan Cucak Jenggot jantan dan betina. Jika Pins ingin memiliki burung Cucak Jenggot dengan suara kicauan yang merdu, indah lantang dan bervariasi. Di bawah ini cara membedakan Cucak Jenggot jantan dan betina. Mulai dari ciri fisik, suara sampai tingkah laku burung Cucak Jenggot.

Ciri-Ciri Cucak Jenggot Jantan

Membedakan Cucak Jenggot
(Agraindo.com)

Untuk burung yang sudah dewasa yang kisaran umur 8 bulanan, seringkali Cucak betina ini sudah bisa reproduksi atau bertelur. Berbeda dengan jenis burung lainnya yang biasanya dapat dikonteskan adalah yang berjenis kelamin jantan, karena burung jantan cenderung mempunyai jiwa petarung, akan tetapi untuk Cucak Jenggot ini justru malah jenis kelamin betina yang sering banyak dikonteskan.

  • Cucak Jenggot suaranya bervariasi dan tidak monoton yang menjadi salah satu pembeda dengan burung Cucak Jenggot betina.
  • Ciri fisik Cucak Jenggot jantan, di bagian dadanya terdapat bulu berwarna kuning yang dominan. hal ini adalah ciri yang paling mudah dicermati.
  • Cucak Jenggot jantan berfisik simetris atau balance. Artinya mulai dari kepala sampai pada bagian ekor terlihat ideal. Bentuk fisik yang proporsional adalah ciri khas yang dimiliki Cucak Jenggot jantan.
  • Adapun tingkah atau gestur burung Cucak Jenggot jantan saat didekatkan dengan burung lain adalah sayap tidak bergetar.
  • Durasi kicauan Cucak Jenggot jantan pendek cenderung lama betinanya.
  • Postur tubuh lebih panjang dan badannya lebih berbobot.
  • Bentuk ekor terlihat sejajar dan lurus.
  • Pola lingkar matanya cenderung agak besar, serta tatapan yang beringas dan tajam.
  • Tulang supit lebih rapat.
  • Bulu sayap dan rentang ekor lebih panjang dari betinanya.

Itulah ciri Cucak Jenggot jantang yang wajib dipahami untuk acuan Pins dalam membedakan Cucak Jenggot jantan dan betina. Jika Pins masih ragu, Pins dapat melihat ciri dari burung Cucak Jenggot betina di bawah ini.

Baca juga : Racikan Pakan Cucak Jenggot Agar Gacor Ngeplong

Ciri-Ciri Cucak Jenggot Betina

  • Cucak Jenggot betina berkicau dengan suara yang tidak bervariasi dan terkesan monoton.
  • Cucak Jenggot betina mempunyai warna putih dibagian dadanya.
  • Bentuk fisik yang dimiliki Cucak Jenggot betina tidak simetris dan terkesan bulat. Ini berarti fisik Cucak Jenggot betina dari bagian kepala sampai pada ekornya terkesan pendek dan nyempluk.
  • Pada saat didekatkan atau diadu dengan burung lain, Cucak Jenggot betina akan menggetarkan sayapnya layaknya burung Cucak Jenggot jantan
  • Cucak Jenggot betina biasanya akan mulai bertelur saat memasuki usia sekitar 8 bulan.
  • Bentuk ekor lebih cenderung melengkung dan pendek.
  • Postur tubuh terlihat lebih membungkuk ketika saat bertengger.
  • Tulang supit renggang.
  • Burung Cucak Jenggot betina sering bertelur ketika dalam posisi birahi memuncak.
  • Lingkar matanya terlihat lebih kecil atau tipis.
  • Leher lebih pendek.
  • Mempunyai suara besetan-besetan tajam

Cukup mudah bukan, untuk membedakan Cucak Jenggot jantan dan betina. Pins cukup melihat pada perbedaan suara dan fisik saja. Namun demikian melihat banyaknya spesies dan macam burung khususnya yang berada di indonesia, kita harus lebih teliti lagi dalam mengenali ciri- ciri maupun karakter burung yang kita inginkan.

Cara Membedakan Cucak Jenggot Jantan dan Betina Trotol

Sedangkan cara membedakan Cucak Jenggot jantan dan betina anakan sebenarnya cukup mudah. Karena ciri-ciri Cucak Jenggot jantan dan betina bakalan memiliki ciri fisik yang berbeda. Untuk Cucak Jenggot jantan trotolan, bisa kita lihat dari warna bulu di bagian dada Memiliki warna kuning terang dan untuk ciri Cucak Jenggot betina betina warna bulu di dada dominan keabu-abuan.

Cucak Jenggot anakan pada bagian bulu didominasi warna abu dan di bagian sayapnya lebih pudar. serta bentuk tubuhnya terlihat lebih besar.

1. Suara

Dibandingkan Cucak betina, Cucak Jantan lebih memiliki suara yang bervariatif. Cucak betina lebih cenderung memiliki suara yang monoton.

2. Warna Bulu

Bulu yang berwarna kuning menjadi ciri khas khusus dari Cucak Jenggot Jantan. Lain halnya dengan Cucak betina yang tidak memiliki bulu sebagus Cucak jantan. Maka dari itu, sudah sangat jelas jika kamu adalah seorang pemula, maka kamu bisa membedakan dari bulunya.

3. Bentuk Tubuh

Bentuk tubuh dari burung Jantan lebih simetris atau lebih proporsional dibandingkan dengan burung Cucak betina. Burung betina lebih cenderung memiliki tubuh yang bulat dan juga berisi. Sehingga Cucak betina ini sekilas tampak lebih gemuk, pendek dan bulat.

4. Reaksi

Selain itu, perbedaan Cucak Jantan dan Betina ini bisa kamu lihat dari dari segi reaksinya. Mereka memiliki perbedaan reakasi ketika didekatkan dengan burung lainnya.

Jika Cucak betina ini jika didekatkan dengan burung lainnya  mereka akan menggetarkan sayapnya. Disini sangat berbeda sekali dengan burung jantan yang tidak menggetarkan tubuhnya saat didekatkan dengan burung lainnya.

5. Ciri Fisik

Cucak jantan jika di trek dengan Cucak Jenggot lainnya, tidak ngeleper (menggetarkan sayap). Jika usianya sudah mapan atau sudah tua, apabila kelebihan extra fooding Cucak Jenggot jantan ini tidak bisa bertelur.

Badan lebih simetris baik itu di lihat dari model kepala, punggung dan juga ekornya. Warna di dada lebih banyak di dominasi dengan warna kuning.

Sedangkan ciri khas dari Cucak betina adalah suara kicauan cenderung monoton dan lebih banyak di dominasi dengan suara besetan atau ngesrek. Jika di trek dengan Cucak Jenggot lain sayapnya akan ngeleper. Jika usianya sudah mapan, Cucak Jenggot betina ini akan bertelur terutama jika digenjot dengan extra fooding.

Bentuk badannya kurang begitu simetris dan warna dada lebih banyak yang di dominasi dengan warna putih dibanding dengan warna kuning. Pada dasarnya memang tidak ada ciri fisik yang khas dan signifikan, tapi meski begitu betina tetap betina dan jantan tetap jantan jadi pasti ada perbedaannya.

Baca Juga: Suara Cucak Jenggot Betina Untuk Masteran dan Pancingan


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Balboa Estate Bintaro di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Perjanjian Kerjasama dan Cara Benar Membuatnya

Sebuah perusahan tentu tak bisa berdiri sembari. Untuk memperluas cangkupan bisnis diperlukan kerja

Edukasi
Edukasi 3 Contoh Surat Rekomendasi dan Cara Membuatnya yang Benar

Surat rekomendasi kerap dibutuhkan dalam berbagai keperluan, seperti melamar pekerjaan serta mencar

Edukasi
Edukasi 6 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit, Semua Posisi!

Pinhome - Sebagai lulusan tenaga ahli medis, kamu juga perlu membuat surat lamaran kerja ke rumah s

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank, Lengkap! 

Pinhome - Ingin bekerja sebagai pegawai bank yang ada di Indonesia? Bank di Indonesia biasanya memb

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan dan Contohnya

Walau zaman sudah modern, tapi masih ada perusahan tertentu yang memilih untuk menggunakan surat la

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia