5 Cara Install Windows 10 di MacBook Dengan Bootcamp Assistant

Dipublikasikan oleh Livina Hermawan dan Diperbarui oleh ica ∙ November 15, 2022 ∙ 7 menit membaca

Mac dan PC memang menjadi dua kubu yang berseberangan, tetapi bukan berarti Pins tidak dapat memiliki keduanya, lho. Masalahnya, kamu dan beberapa orang lain mungkin ingin menginstal Windows 10 di MacBook namun tidak tahu cara melakukannya. Jangan khawatir, karena Pinhome akan membeberkan 5 cara install Windows 10 di MacBook kesayangan kamu.

Ketika kamu memutuskan untuk menginstal Windows 10 di MacBook, maka artinya Pins bisa menjalankan semua aplikasi favorit Windows tanpa mengorbankan kecepatan dan estetika Mac.

Namun, ada satu peringatan. Jika kamu memiliki Mac M1, maka Pins tidak dapat menjalankan Windows melalui Bootcamp. Parallels baru-baru ini merilis versi baru mereka, yang mendukung virtualisasi Windows bahkan pada Mac M1.

Baca juga: Inilah Spesifikasi Minimum Untuk Menginstall Windows 10 Final

Cara Install Windows 10 Di MacBook

Cara Install Windows 10 Di MacBook
(Unsplash)

Untuk menginstal Windows 10 di MacBook, Pins bisa mengikuti 5 langkah mudah berikut. Pastikan saja setiap langkah tidak ada yang kamu lewatkan agar prosesnya berjalan lancar dan cepat.

Penuhi Persyaratan Mac Untuk Instal Windows 10

Cara Install Windows 10 Di MacBook
(Unsplash)

Hal pertama yang perlu Pins lakukan adalah melihat apakah Mac kam sudah memenuhi persyaratan untuk instal Windows 10 atau belum. Pastikan juga Mac kamu memiliki ruang disk yang tersedia dan hardware yang diperlukan untuk menginstall Windows 10. Jangan lupa untuk memperbarui MacOS sebelum memulai proses ini.

Agar lebih jelas, kamu bisa melihat beberapa persyaratannya di bawah ini ya!

Pertama, komputer kamu harus masuk dalam daftar Mac yang dapat menjalankan Windows 10 berikut:

  • MacBook:  2015 atau lebih baru
  • MacBook Air:  2012 atau lebih baru
  • MacBook Pro:  2012 atau lebih baru
  • Mac Mini:  2012 atau lebih baru
  • iMac:  2012 atau lebih baru
  • iMac Pro:  Semua model
  • Mac Pro:  2013 atau lebih baru

Catatan: Mac memerlukan CPU berbasis Intel untuk menjalankan Windows 10.

Kedua, untuk beberapa Mac prosesnya memerlukan drive USB eksternal dengan penyimpanan hingga 16GB. Berikut daftar Mac yang tidak memerlukan drive USB tetapi harus menginstal MacOS 10.11 atau yang lebih baru:

  • MacBook:  2015 atau lebih baru
  • MacBook Air:  2015 atau lebih baru
  • MacBook Pro:  2015 atau lebih baru
  • iMac:  2015 atau lebih baru
  • iMac Pro:  Semua model
  • Mac Pro:  Akhir 2013 atau lebih baru

Ketiga, Mac membutuhkan setidaknya 64GB ruang kosong, meskipun Apple merekomendasikan 128GB. Ingat, Pins menggunakan MacOS; Boot Camp Assistant membuat area khusus (partisi) pada drive utama kamu khusus untuk Windows 10 dan semua file serta instalasi yang terkait. Itu artinya MacBook Air dengan solid-state drive 128GB tidak ideal untuk diinstall Windows 10.

Apple menyediakan daftar persyaratan sistem untuk berbagai model Mac yang merinci versi Boot Camp yang diperlukan sistem untuk melakukan instalasi Windows.

Terakhir, jika Pins menggunakan iMac Pro atau Mac Pro dengan memori sistem (RAM) 128 GB atau lebih, disk harus memiliki ruang kosong setidaknya sebanyak RAM yang dimiliki Mac.

Baca juga: 5 Cara Ngeprint Di Laptop Windows dan MacBook Dengan Mudah

Beli Salinan Digital Windows

Cara Install Windows 10 Di MacBook
(Unsplash)

Buka Windows Store dan beli salinan digital yang perlu kamu download. Selalu pilih file ISO, yang mungkin tersedia untuk didownload meskipun Pins sudah membeli salinan fisiknya.

Baca juga: Cara Mudah Mengubah Background Lock Screen Pada Windows 10

Buka Boot Camp Assistant

Cara Install Windows 10 di MacBook

Sekarang Pins sudah memiliki drive instalasi untuk Windows 10, maka kini saatnya membuka MacOS Boot Camp Assistant. Bagaimana caranya?

1. Buka dengan Finder, klik Go pada bilah menu.

2. Pilih opsi Utilities pada menu drop-down.

3. Pilih Boot Camp Assistant di jendela pop-up, seperti yang ditunjukkan screenshot di atas.

Setelah aplikasi terbuka, pada layar akan muncul informasi tentang aplikasi dan menyarankan Pins untuk membuat backup data sebelum melakukan penginstalan Windows.

Baca juga: 5 Cara Uninstall Aplikasi di Macbook, Praktis dan Cepat

4. Klik Continue ke layar berikutnya.

5. Klik Choose untuk menemukan file ISO yang didownload, apakah itu terletak di dalam atau di drive USB.

6. Tentukan ukuran partisi Windows. Sekali lagi, Pins membutuhkan setidaknya 64GB, sementara Apple merekomendasikan 128GB. Seperti drive C pada mesin Windows 10, berapa banyak ruang yang Pins perlukan untuk platform dan aplikasi favorit?

Pilih dengan bijak, karena Pins tidak dapat mengubah ukuran partisi setelah menginstal Windows 10. Pertimbangkan kebutuhan penginstalan MacOS jika kamu berencana untuk terus menggunakan OS Apple.

7. Saat kamu sudah siap, klik Install. Boot Camp Assistant sekarang mulai bekerja membuat partisi Windows dan mengunduh software dukungan Windows.

Baca juga: Cara Mengatasi Error MSVCR100.dll is Missing di Windows

Format Partisi Windows

format partisis Windows
(Unsplash)

Setelah Boot Camp Assistant membuat partisi, maka ia akan meminta password administrator kamu. Mac kemudian restart dan memuat Windows ISO. Ikuti langkah-langkah di installer ISO, masukkan product key dan pilih versi Windows yang akan diinstal.

Jika Pins diminta untuk memilih lokasi instalasi, pilih partisi BOOTCAMP lalu klik Format. Apple menyarankan memilih partisi yang benar dan diformat secara otomatis.

Baca juga: 4 Cara Setting Laptop Agar Tidak Sleep di Windows dan Macbook

Instal Driver Windows dan Pilih Startup Disk

Saat selesai menginstal Windows, Mac akan memuat Windows 10 dan diikuti Boot Camp Assistant. Klik Next > Install, dan Boot Camp Assistant mulai mengunduh dan menginstal driver Windows yang diperlukan. Setelah selesai, klik Finish. Mac akan restart dan memuat kembali ke Windows.

Baca juga: 6 Cara Screen Record MacBook Dengan Cepat dan Mudah

Cara Update Windows 10

(Unsplash)

Pins bisa mengupdate Windows 10 di MacBook dengan langkah-langkah berikut:

  1. Klik tombol Start, diikuti oleh ikon roda gigi yang terletak di sisi kiri menu Start.
  2. Buka Settings > Update & Security.
  3. Bagian Windows Update dimuat secara default. Klik tombol Check for Updates.

Biarkan Windows 10 mengunduh dan menginstal. Langkah update Windows ini sangat penting walaupun memakan waktu cukup lama.

Jika Pins ingin memuat MacOS secara default dan beralih ke Windows, restart Mac. Setelah restart, segera tekan dan tahan tombol Option (atau Alt ) hingga layar Startup Manager muncul. 

Di sini, Pins dapat memilih apakah akan memuat MacOS atau Boot Camp (alias Windows 10). Klik pada partisi pilihan, lalu klik panah di bawahnya atau tekan Return.

Jika kamu lebih suka memuat Windows secara default, lakukan hal berikut di MacOS:

  1. Klik ikon roda gigi yang terletak di Dock. Ini akan membuka System Preferences.
  2. Klik dua kali ikon Startup Disk .
  3. Pilih startup disk yang menghosting Windows 10.
  4. Restart Mac.

Sekarang Mac harus boot ke login layar Windows 10.

Baca juga: Shortcut Key Macbook Lengkap Yang Harus Diketahui Oleh Pengguna Macbook

Dukungan Touch Bar Di Windows

(Unsplash)

Jika Pins memiliki MacBook Pro dengan Touch Bar, maka tidak perlu khawatir atau takut. Kamu masih bisa mendapatkan beberapa fungsi dari touchpad OLED saat menggunakan Windows 10.

Setelah kamu boot ke Windows 10, Touch Bar akan mempertahankan beberapa fungsi, tetapi tidak sepenuhnya tersedia di MacOS. Touch Bar masih mendukung kontrol dasar MacBook, seperti brightness, volume, play, dan pause.

Banyak fitur mungkin tidak berfungsi dengan benar saat menggunakan partisi Windows. Apple mendukung Windows 10, tetapi kamu akan melihat perbedaan kinerja.

Seperti iPhone (iOS) dan iPad (iPadOS), Apple mengoptimalkan MacOS untuk berjalan secara optimal pada layout hardware tertentu, sementara Windows 10 harus memenuhi konfigurasi yang hampir tak terbatas. Itu berarti trackpad kamu mungkin kurang responsif dan hardware khusus Apple seperti sensor TouchID tidak berfungsi di Windows 10.

Nah, semoga ulasan tentang 5 cara install WIndows 10 di MacBook di atas bermanfaat untuk kamu ya. Kini kamu tidak perlu bingung lagi jika ingin menggunakan sistem Windows di perangkat Mac. Namun, kembali lagi ingat bahwa kinerjanya mungkin akan berbeda dengan sistem bawaan Mac ya. Selamat mencoba!

Baca juga:

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Unsplash


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Properti
Properti 7 Daftar Perumahan di Kota Baru Parahyangan

Kota Baru Parahyangan (KBP) adalah kawasan perumahan terpadu yang berlokasi di Bandung Barat, Jawa

Properti
Properti 4 List Perumahan Baru di Purwokerto

Purwokerto merupakan sebuah kota yang terletak di kaki Gunung Slamet, Jawa tengah. Kota ini tengah

Properti
Properti 14 Daftar Perumahan Baru Menarik di Kawasan BSD

Mencari hunian yang nyaman dan strategis di wilayah BSD? Tidak perlu khawatir! Kini semakin banyak

Finansial
Finansial Cara Investasi Emas yang Menguntungkan Supaya Bisa Beli Hunian Impian

Ingin beli hunian impian dengan cara investasi? Pins bisa memanfaatkan investasi emas sebagai tabun

Properti
Properti Menurut Ahli, Perumahan Sebaiknya Tidak Dibangun di 7 Tempat Ini

Pada saat membeli rumah, lokasi menjadi faktor yang tak boleh terlewatkan sebagai pertimbangan untu

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia