Cara Mudah Install NET Framework di PC / Laptop Windows

Dipublikasikan oleh Andre Gunawan ∙ 23 June 2022 ∙ 5 menit membaca

Untuk pengguna Windows, baik itu Windows 7, 8, 8.1, 10. dan 11 tentunya sangat membutuhkan aplikasi atau program yang bernama NET Framework. NET Framework atau yang biasa disapa dengan DotNET ini merupakan basis perintah untuk menerjemahkan dan mengeksekusi program didalam game atau apps Windows.

Jadi intinya, NET Framework ini diperlukan ketika pengguna ingin menjalankan game atau aplikasi berbasis Windows. Nah, kalau NET Framework ini belum terinstal, maka dapat dipastikan game atau aplikasi tidak akan bisa berjalan, dan kalaupun bisa berjalan biasanya muncul masalah seperti The Application Was Unable To Start Correctly.

Namun sayangnya, belum semua orang tahu bagaimana cara instal NET Framework di PC atau laptop Windows mereka. Berangkat dari hal tersebutlah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tutorialnya secara mudah dan rinci, agar kamu bisa instal NET Framework.

Cara Install NET Framework

Sebelumnya, perlu kamu ketahui dahulu bahwa program NET Framework ini memiliki beberapa versi. Di antaranya ada versi 3.5, 4.0, 4.5, 4.5.2, 4.6, 4.7, 4.7.2, dan 4.8 untuk yang paling baru saat ini. Nah, untuk pembahasan kali ini adalah cara instal NET Framework versi terbaru (4.8).

Nah, kamu juga harus menginstal DotNET yang versi terbarunya loh. Kenapa demikian? Ya, karena kompabilitas aplikasi yang ada di PC atau laptop Windows kamu tentunya akan bisa berjalan dengan lebih baik melalui versi terbaru ini.

Oke, cara instal NET Framework versi terbaru akan kami bahas pada ulasan di bawah ini. Jadi silakan kamu baca sampai selesai, ya.

Install NET Framework Manual

Metode untuk menginstal NET Framework adalah dengan cara manual. Cara ini tidaklah sulit, karena kamu hanya perlu mengunduh lalu menginstalnya di PC atau laptop Windows. Nah, untuk jenis NET Framework-nya itu ada 2 macam, yakni Runtime dan Developer Pack.

Untuk jenis DotNET Runtime merupakan NET Framework yang ditujukan untuk pengguna yang ingin menjalankan aplikasi atau game di Windows. Sedangkan untuk DotNET Developer Pack merupakan paket NET Framework untuk developer atau pengembang aplikasi Windows.

Jadi kalau kamu hanya sebagai pengguna biasa, maka silakan gunakan NET Framework yang Runtime saja. Nah, cara menginstalnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kunjungi situs resmi Microsoft untuk mendownload NET Framework versi terbaru. 
  2. Silakan download yang ada tulisan Recomended itu menandakan kalau NET Framework tersebut merupakan versi yang terbaru.
  3. Versi terbaru ketika artikel ini dibuat, adalah 4.8. Jadi, silakan kamu download versi terbarunya tersebut dan pilihlah yang jenis Runtime.
  4. Setelah download selesai dan sudah tersimpan di komputer kamu, maka sekarang kamu bisa langsung membuka aplikasinya dengan cara klik dua kali atau dengan Run as Administrator.
  5. Pada jendela wizard instalation, Silakan kamu ceklis pada kolom License.
  6. Sambungkan laptop atau PC dengan koneksi internet ya, untuk melakukan instalasi NET Framework. Jika sudah, silakan klik Install di bagian kanan bawah.
  7. Tunggu sampai proses instalasi DotNET selesai.
  8. Kalau proses instalasinya sudah selesai, silakan klik Finish, kemudian klik Restart Now untuk mengakhiri.

Done, sekarang Microsoft NET Framework versi terbaru sudah terinstal di PC atau laptop Windows kamu. Mudah bukan caranya? Nah, untuk proses instalasinya memerlukan koneksi internet yang dipakai memadai. Kalau tidak, maka prosesnya akan lama sekali.

[adinserter block=\”4\”]

Gunakan Installer Windows

Pada file installer Windows sebenarnya sudah terdapat file program Microsoft NET Framework ini. Namun, sayangnya ketika proses instalasi Windows, file ini tidak di ikutsertakan, sehingga kita harus menginstallnya secara terpisah.

Perlu kamu ketahui, kalau versi NET Framework pada file installer Windows biasanya bukan versi terbaru ya. Karena biasanya versinya sesuai dengan tahun file installer Windows tersebut di buat. Jadi kami sebenarnya lebih merekomendasikan untuk menginstal DotNET dengan cara pertama.

Tapi jika kamu ingin menginstal NET Framework bawaan file installer Windows, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silakan kamu masukkan installer Windows ke laptop atau PC. Bisa melalui DVD, flashdisk, dan lain-lain.
  2. Jika sudah, silakan kamu buka kolom pencarian Windows kemudian ketikkan Command Prompt, lalu buka hasil pencariannya dengan klik Run as Administrator.
  3. Atau bisa juga dengan menekan tombol kombinasi Windows + R kemudian ketik CMD dan tekan Enter.
  4. Setelah halaman Command Prompt terbuka, silakan kamu input kode perintah DISM.exe /Online /enable-feature /featurename:NetFX3 /Source:E:sourcessxs /LimitAccess.
  5. Untuk tulisan E: itu silakan kamu sesuaikan dengan partisi flashdisk atau DVD drive yang terbaca di Windows. Jadi, bisa saja partisi F:G: H:, dan seterusnya.
  6. Jika sudah memasukkan kode perintah dengan benar, silakan tekan Enter.
  7. Terakhir, silakan kamu tunggu proses instalasinya sampai selesai.

[adinserter block=\”5\”]

Melalui Windows Update

Metode lain untuk menginstal NET Framework adalah melalui Windows Update. Nah, jika kamu selalu mengaktifkan Windows Update di PC atau laptop kamu, maka pada menu tersebut kamu bisa juga melakukan instalasi NET Framework secara otomatis, lho. Jadi tidak perlu mengunduh dan menginstallnya secara manual.

Nah, untuk cara instal NET Framework melalui Windows Update adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kamu buka kolom Search Windows.
  2. Disana, silakan ketikkan Control Panel.
  3. Setelah hasilnya muncul, silakan buka dengan klik opsi Open.
  4. Pada halaman Control Panel, silakan masuk ke menu Uninstall Program, kemudian klik Turn Windows Features On or Off.
  5. Selanjutnya, silakan ceklis pada kolom NET Framework dengan versi yang ada di Windows Update kamu. Misalnya 3.5, 4.6, 4.7, 4.8 dan sebagainya.
  6. Jika sudah, silakan klik OK.
  7. Setelah itu, secara otomatis Windows akan menginstal NET Framework tersebut. Pastikan disini kamu memiliki koneksi internet yang stabil ya, agar prosesnya cepat.

Akhir Kata

Nah, begitulah tadi pembahasan kita mengenai cara mudah Install NET Framework di PC atau laptop Windows. Cara-cara yang kami tuliskan di atas bisa juga kamu gunakan untuk melakukan update versi NET Framework ke versi terbaru.

Mungkin cukup sekian dulu artikel yang dapat kami sampaikan pada kesempatan ini, semoga bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 18 Merk Laptop Terbaik untuk Kerja, Multimedia & Gaming

Bagi pekerja profesional di bidang tertentu, sudah saatnya untuk mengetahui merk laptop terbaik apa

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Pipa Besi Galvanis dan Lainnya, Terbaru 2022

Pipa besi merupakan material bangunan yang digunakan untuk konstruksi bangunan. Pipa besi tersebut

Lifestyle
Lifestyle 20 Aplikasi Kamera Laptop untuk Foto & Video Webcam yang Bagus

Kebutuhan di dunia digital yang semakin beragam membuat pemakaian aplikasi kamera laptop ikut menin

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Rekomendasi & Tips Membuat Ukuran Meja Dapur Ideal

Ukuran meja dapur ideal akan memudahkan mobilitas dan aktivitas. Khususnya pada dapur yang memiliki

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Rekomendasi Sekat Dapur Minimalis Cantik & Murah Meriah

Sekat dapur minimalis tak harus menggunakan bahan-bahan mahal. Pemilihan desain dan materialnya mam

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia