Pinhome

Uncategorized

Cara Hilangkan Bau Petai Atau Jengkol di Alat Makan

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Banyak orang yang menyukai pete dan jengkol namun mungkin sungkan saat hendak makan petai atau jengkol . Dua makanan ini dianggap makanan yang mengundang bau tak sedap sehingga membuat penampilan menjadi tidak menarik di depan umum. Bagi orang yang menyukai pete dan jengkol akhirnya menjadi tidak percaya diri untuk makan di depan umum karena takut menyebabkan aroma tak sedap disekitarnya.

Petai dan jengkol memang menimbulkan bau tak sedap bagi orang lain. Namun, perlu diketahui bahwa aroma pete dan jengkol yang kuat dapat meningkatkan nafsu makan. Berbeda dengan jengkol, bau pete lebih menyengat dan tajam sehingga mudah tercium. Bahkan baunya mempengaruhi terbawa hingga pipis kita. Bau jengkol dan petai tidak hanya berasal dari mulut, terkadang baunya menempel kemana-mana. Banyak cara untuk menghilangkan bau petai dan jengkol. Menghilangkannya pun sangat praktis dan tidak merepotkan. Ada beberapa trik yang bisa digunakan untuk mengatasi bau tak sedap akibat pete atau jengkol, antara lain:

Mengepel Ruangan

Tak hanya di peralatan makan, terkadang bau petai dan jengkol menempel di dalam ruangan. Jika tidak ingin ada yang tertinggal di lantai sebaiknya singkirkan peralatan rumah tangga yang berbahan kain, keset, karpet serta tirai. Jika sudah terlanjur bau, segera bersihkan dengan cara mengepel. Gunakan pembersih lantai yang beraroma terapi, bisa juga menggunakan bakaran kayu manis yang dibakar di atas kompor.

jengkol di piring

Merendam Peralatan Makan

Peralatan makan dan memasak yang telah digunakan sebaiknya segera rendam dengan air hangat yang sudah dicampur sabun cuci piring. Rendam kurang lebih 5-10 menit setelah itu baru bisa dengan sabun hingga berbusa. Jika dibiarkan begitu saja, baunya akan menempel pada piring atau peralatan masak.

Memperhatikan Pori-Pori Peralatan Masak

Beberapa peralatan masak ada yang memiliki pori-pori pada lubang yang rentan menjadi tempat sisa makanan dan persembunyian bau. Biasanya peralatan masak yang terbuat dari kayu seperti waja, spatula, talenan dan cobek. Tipsnya yaitu menyikat peralatan memasak yang terbuat dari kayu setelah makan, lalu bilas dengan sabun cuci piring.

Perhatikan Barang Alumunium

Jika memiliki peralatan masak alumunium setelah selesai dipakai langsung direndam dengan baskom yang diisi dengan air dingin yang sudah dicampur soda kue. Setelah itu campur dengan sabun cuci dan ditambah air jeruk supaya aromanya segera hilang.

Merendam dengan Cuka

Cara alami yang bisa menghilangkan bau petai yaitu dengan perasan jeruk nipis. Teteskan perasan jeruk nipis kemudian cuci dengan sabun cuci piring kemudian tambahkan soda kue. Bau petai juga bisa dihilangkan dengan cuka yang dicampur air. Rendam peralatan makan kurang lebih 4-5 jam.

Tags :

Bagikan Artikel