Pinhome

Tips Properti

Cara Hilangkan Aroma Tak Sedap di Dalam Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Banyak sekali faktor yang menyebabkan adanya bau tak sedap di dalam rumah. Bau tak sedap bisa datang karena asap pembakaran sampah. Terkadang kita sering membakar sampah supaya tidak meninggalkan bau, atau terkadang asap datang dari tetangga yang membakar sampahnya. Asap pun sering masuk ke dalam rumah dan membuat ruangan berbau. Tentu hal ini sangat tidak menyenangkan dan membuat ketidaknyamanan. Apalagi asap pembakaran sampah tidak baik untuk pernafasan, terutama anak-anak karena bisa menyebabkan sesak nafas. Berikut adalah tips bagaimana menghilangkan aroma tak sedap dalam rumah:

Menggunakan Aroma Terapi

Asap pembakaran sampah terkadang membuat ruangan menjadi pengap dan sesak. Dengan menggunakan aroma terapi atau pengharum ruangan bisa meminimalisir aroma pengap dari asap tersebut. Pilihlah pengharum ruangan dengan aroma yang kuat sehingga mudah menghilangkan bau asap. Pilih aroma seperti wangi cendana, lyang-lyang, mawar, melati, lavender, jeruk dan kayu manis.

parfum wangi di rumah

Menyalakan Kipas Angin

Asap yang masuk ke dalam rumah bisa dicegah dengan menyalakan kipas angin di teras rumah. Angin yang berasal dari kipas bisa membuat asap berhamburan di udara. Namun, ketika melihat asap bakaran yang tampak lebih besar sebaiknya segera tutup pintu dan jendela supaya tidak ada asap yang masuk ke dalam rumah.

Membuka Jendela

Tunggulah asap mulai berkurang. Jika api mulai padam, buka kembali jendela rumah dalam keadaan kipas angin masih menyala. Sebaiknya di dalam ruangan juga ada kipas angin untuk berjaga-jaga jika ada asap yang masuk ke dalam ruangan.

Mencuci Peralatan Rumah Tangga Berbahan Kain

Asap pembakaran sampah memang tidak mudah untuk langsung hilang. Terkadang asap tersebut menempel pada tirai, bantal, lantai dan karpet. Untuk menghilangkan sisa bau yang masih tertempel sebaiknya cuci tirai dan sarung bantal serta bersihkan karpet menggunakan vacuum cleaner. Aroma yang menempel pada interior rumah tangga itu bisa menimbulkan dampak yang negatif bagi kesehatan terutama paru-paru.

Mencuci Peralatan Rumah Tangga

Asap tidak hanya menempel pada interior rumah yang berbahan kain. Peralatan rumah tangga seperti tempat makan juga bisa tertempel asap. Untuk menghilangkan debu dan asap segera cuci peralatan rumah tangga agar tidak ikut masuk ke dalam tubuh saat hendak makan. Jika memiliki furniture di ruangan cukup bersihkan dengan kain bersih yang sudah diberi desinfektan.

Selain asap pembakaran sampah masih banyak lagi aroma tidak sedap yang menyerang rumah. Misalnya bau asap rokok. Aroma asap rokok bisa dihilangkan dengan cuka makan. Caranya yaitu tuang cuka secukupnya ke dalam mangkuk, lalu letakkan mangkuk tersebut di sudut ruangan berbau. Diamkan satu malam, maka keesokan harinya bau dari asap rokok akan menghilang.

Tags :

Bagikan Artikel