Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Cara Efektif Untuk Menentukan Budget Desain Rumah

Finansial

Cara Efektif Untuk Menentukan Budget Desain Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Permasalahan yang seringkali terjadi bagi para pemula yang ingin membangun rumah sendiri adalah ketakutan tak mampu membiayai proyek pembangunan desain rumah hingga selesai. Bagaimana cara menutupi biaya pembangunan yang berjumlah jutaan hingga miliaran rupiah kalau kemampuan finansial anda terbatas? Sebenarnya ada banyak pilihan yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Desain rumah tidak hanya terbatas pada satu jenis saja, namun berbagai macam desain yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kantong anda. Kepandaian seseorang dengan budget terbatas dalam memilih desain rumah yang hemat bisa memberi efek positif dalam pengaturan dana. Agar memperoleh inspirasi terbaik pada desain rumah anda, pastikan untuk mengunjungi beberapa situs online yang menyediakan berbagai macam denah rumah untuk inspirasi dan kreatifitas anda.

Langkah-langkah yang perlu diambil untuk menentukan budget

Diskusikan dengan pekerja bangunan mengenai perkiraan biaya yang diperlukan untuk membangun suatu desain rumah yang anda inginkan. Biasanya mereka memiliki banyak pengalaman yang bisa dijadikan referensi biaya sebelum membuat langkah pertama dalam proyek pembangunan rumah. Dari diskusi tersebut akan diketahui berapa banyak biaya yang dibutuhkan.

Kerangka desain rumah anda harus sudah jelas dan pasti sebelum mulai melakukan pembangunan. Hal ini bisa membantu anda untuk menghemat biaya sekaligus membantu anda terhindar dari pembengkakan dana. Pastikan jumlah jendela sudah sesuai dengan keinginan dan langsung tentukan ukuran dan model jendela. Kepastian tersebut membantu anda untuk memperkirakan biaya yang akan dibutuhkan dalam proses pembangunan desain rumah.

Selain itu, satu hal yang perlu diketahui dalam desain rumah adalah bagian kamar mandi dan dapur membutuhkan dana yang paling besar diantara ruangan-ruangan lain di dalam rumah. Oleh sebab itu, ini perlu perhatian khusus dalam menentukan total biaya yang dibutuhkan dalam proyek. Ditambah lagi, bagi sebagian orang yang menyukai atap yang tinggi atau plafon yang berbentuk kubah bisa menambahkan jumlah biaya sebab dua hal tersebut memang mahal.

Dengan bantuan software desain rumah online, anda bisa mewujudkan ide mengenai rumah impian pada layar 3D dan hasilnya bisa di print out untuk ditunjukkan pada tim pekerja bangunan. Dengan cara ini, mereka bisa memahami secara langsung poin yang dimaksud dan membantu menyelesaikan perkiraan dana yang dibutuhkan untuk proyek tersebut.

Tags :

Bagikan Artikel